Canon EOS R6 Mark II Dukung Perekaman 6K RAW Canon EOS R6 Mark II Dukung Perekaman 6K RAW ~ Teknogav.com

Canon EOS R6 Mark II Dukung Perekaman 6K RAW

Teknogav.com – Canon, melalui PT Datascrip resmi menghadirkan kamera EOS E6 Mark II di Indonesia. Kehadiran kamera ini merupakan penerus EOS R6 yang populer dan meningkatkan kemampuan lini kamera mirorrless full-frame Canon. Kamera ini mengandalkan kecepatan dan kualitas gambar tinggi dengan kemampuan merekam video RAW 6K dan continuous shooting 40 fps. Tentu kamera ini akan menjadi idaman para fotografer dan videografer.

“Hadirnya EOS R6 Mark II mendobrak keterbatasan yang ada pada generasi sebelumnya. Kamera ini dirancang untuk kebutuhan profesional dengan teknologi terbaru yang memberikan keleluasaan berkreativitas baik foto atau videografi,” ucap Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Kemampuan perekaman video mendukung RAW 6K 60p, Canon Log3, dan slow motion High Frame Rate Full HD 180p. Kestabilan kinerjanya pun didukung manajemen panas yang lebih baik. Pemotretan foto beruntun pun didukung kecepatan 40 fps pada mode electronic shutter dengan AF/AE tracking. Saat ini kecepatan tersebut merupaakn yang tercepat dalam sistem kamera EOS.

Canon EOS E6 Mark II

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6 

Pemrosesan pada EOS R6 Mark II mengandalkan kinerja prosesor DIGIX X. Sensor yang digunakan merupakan CMOS full-frame 24,2 MP terkini, lebih tinggi dari EOS R6 yang 20,1 MP. Tingkat ketajaman sensor tersebut juga melewati resolusi visual 30,4 MP dari EOS 5D Mark IV. Rentang ISO sampai 102.400 juga mendukung pemotretan dengan pencahayaan kurang, sehiingga hasil foto minim noise.

Sumber daya kamera mengandalkan baterai LP-E6NH yang saat terisi penuh dapat menghasilkan 760 foto pada mode Power Saving. Kemampuan pengambilan gambar tersebut lebih banyak dibandingkan EOS R6 dengan 510 foto pada mode yang sama.

Fitur-fitur Pendukung Pengoperasian

Istimewanya, kamera ini dibekali fitur Focus Breathing Correction untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tak diinginkan selama transisi fokus. EOS R6 Mark II merupakan kamera full-frame mirroless Canon EOS seri R pertama yang dibekali fitur tersebut. Fitur ini memungkinkan pengendalian lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek. Kesulitan dalam memadukan HDR subjek bergerak dengan efek yang sama dengan satu bidikan pun diatasi mode HDR ‘Moving Subject Priority’.

EOS R6 Mark II didukung Zebra Display untuk memudahkan pengaturan pada gambar bergaris dengan tingkat kecerahan tertentu. Selain itu terdapat False Colour Function untuk memudahkan pencahayaan dalam kondisi sulit.

Momen yang terjadi sampai lima detik sebelum menekan tombol rekam juga dapat ditangkap dengan fitur Pre-recording for moviews. Perekaman video 2-4 detik sebelum pelepasan rana saat pemotretan pun dapat dilakukan dengan Mode Hybrid Auto. Fitur tersebut dapat membuat video pendek secara otomatis yang bisa dikompilasi sebagai konten menarik.

Baca juga: Canon EOS C70, Kamera Sinema yang Ringkas

Menu Quick Control tampil dengan antarmuka intuitif pada layar sehingga memudahkan pengoperasian, menu ini persis yang digunakan Canon EOS Cinema. Pada bagian kiri EOS R6 Mark II juga terdapat tombol switch baru yang memudahkan beralih dari mode foto ke video.

Kemampuan AutoFokus dan Kesabilan Gambar

Fleksibilitas memutuskan subjek yang akan dideteksi didukung mode ‘Auto Subject Detections’ baru. Mode ini otomatis mendeteksi lebih dari satu jenis subjek dalam bingkai yang sama. Algoritma kecerdasan buatan (AI) mendukung kemampuan AF untuk dapat mendeteksi kuda, kereta api dan pesawat. Prioritas mata kanan atau kiri saat pengambilan gambar pun dapat ditentukan oleh mode Eye Detection AF.

Kinerja deteksi AF tersebut ditingkatkan oleh teknologi Deep Learning ke pelacakan subjek. Pelacakan yang konsisten dapat dipertahankan, bahkan dengan perubahan postur, orientasi atau kecerahan sekitar. Penerapan fungsi ini dapat dilakukan pada subjek hewan, kendaraan dan subjek lain untuk foto dan video.

Gerakan subjek pun dapat otomatis dideteksi dengan mode AI Focus AF sehingga respons terhadap subjek bergerak lebih baik. Fitur ini juga dapat digunakan untuk beralih antara mode One-Shot AF dan Servo AF. Selain itu, terdapat Digital Teleconverter untuk meningkatkan panjang fokus 2x atau 4x dengan sekali tekan tombol. Fitur ini memberikan respons cepat terhadap momen pemotretan telefoto tak terduga tanpa harus mengganti lensa.

Perekaman In-Body IS dan fitur Digital Lens Optimizer (DLO) dapat mencegah penurunan kualitas gambar akibat aberasi optik dan blur. Stabilitas gambar sampai 8 stop selama pengambilan gambar video dan foto juga didukung teknologi 5-axis In-Body IS (Image Stabilizer).

Konektivitas dan Penyimpanan Gambar pada EOS R6 Mark II

Konektivitas Wi-Fi 2,4 GHz yang tersedia pada kamera ini meningkatkan keceatan transfer data secara nirkabel. Kamera juga bisa dihubungkan ke smartphone melalui port USB untuk mentransfer data dan shutter release dengan aplikasi Camera Connect. Transfer data ke server FTP juga bisa menggunakan metode kabel dan nirkabel. 

Baca juga: Canon EOS R7 & R10 Kamera Mirrorless APS-C yang Tangguh

Canon EOS E6 Mark II

Video streaming dan konferensi video juga dapat dilakukan dengan dukungan EOS R6 Mark II. Cukup memanfaatkan USB Video Class (UVC) dan USB Audio Class (UAC) yang tersedia. Konektivitas tersebut dapat mentransfer data audio berkualitas tinggi Full HD 30p ke PC berbasis Windows atau MacOS secara real-time.Tersedia dua slot kartu SD yang dilapisi material tahan debu dan air pada bodi EOS R6 Mark II ini. Keberadaan slot ini mendukung pengambilan gambar di luar ruangan dengan kondisi tertentu.

Harga dan Ketersediaan

PT Datascrip memasarkan EOS R6 Mark II ini dengan harga Rp51.499.000. Sedangkan untuk paket yang sudah mencakup lensa RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM dibanderol Rp56.999.000. Selama periode 15 Desember 2022-15 Januari 2023 tersedia harga promo, yaitu Rp44.999.000 untuk EOS R6 Mark II bodi sajai. Sedangkan untuk paket yang sudah mencakup RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM dibanderol Rp49.999.000. PT Datascrip juga memberikan layanan purna jual berupa garansi tiga tahun dan bonus baterai LP-E6NH.

Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Canon EOS R6 Mark II di Blibli
Klik untuk membeli Canon EOS E6 Mark II di Tokopedia

Klik untuk membeli Canon EOS R6 Mark II di Shopee
Share:

Artikel Terkini