Canon EOS C70, Kamera Sinema yang Ringkas Canon EOS C70, Kamera Sinema yang Ringkas ~ Teknogav.com

Canon EOS C70, Kamera Sinema yang Ringkas


Teknogav.com – Canon EOS C70 adalah kamera sinema yang sangat cocok bagi para videografer, content creator maupun vlogger. Ini merupakan kamera sinema EOS RF Mount pertama Canon dengan berbagai fitur canggih yang dikemas dalam bodi ringkas dan ringan. Fitur-fitur tersebut mencakup Canon Log, Dual Gain Output (DGO), Filter ND, Input Audio XLR Mini, Timecode dan mode perekaman SlowMotion. Kemampuan merekam dari kamera ini mencakup frame rate tinggi sampai 4K/120 p.

Kamera Canon EOS C70 ini juga bisa digunakan untuk merekam dengan posisi vertikal. Hasil perekamannya pun bisa diunggah ke media sosial untuk dinikmati dengan format gambar di smartphone. Konten tersebut dapat diungga ke berbagai media sosial seperti Instagram dan YouTube, serta bisa juga untuk kebutuhan profesional.

perekaman secara vertikal menggunakan Canon EOS C70

Baca juga: Canon EOS M50 Mark II, Kamera Mirrorless Ringkas dengan Hasil Berkualitas

Canon juga menyediakan dudukan tripod untuk perekaman dalam posisi vertikal, sehingga mudah untuk memasang kamera dengan posisi tersebut. Inovasi pada kamera Canon EOS C70 ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para videografer, rumah produksi, vlogger dan pembuat konten.

Kualitas Hasil Rekaman Canon EOS C70

Perekaman video 4K berukalitas tinggi dapat dilakukan berkat sensor 4K Super 35 mm CMPS DGO dengan 16+ stop dynamic range. Gradasi warna yang kaya dihasilkan dengan perekaman ruang warna 4:2:2. Tuntutan gambar dengan kualitas High Dyanmic Range (HDR) pun dapat dipenuhi walau di lingkungan dengan kontras tinggi.

Canon EOS C70

Prosesor gambar yang digunakan pada kamera ini adalah DIGIC DV7. Kecepatan prosesor yang tinggi memungkinkan perekaman video dalam format 4K/120P, XF-AVC dan MP4 dengan kecepatan frame yang tinggi. 

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6

Tingginya kecepatan tersebut memungkinkan untuk menyimpan rekaman langsung ke kartu SD standar UHS-II. Kamera ini memang dibekali dua slot kartu SD sehingga mendukung berbagai mode perekaman. Mode tersebut mencakup perekaman 4K/2K. full HD, simultan, dan relai. Kemampuan perekaman pada mode SlowMotion sampai 120 fps dalam dalam S35 mm dan 180fps dalam S16 mm.

Akurasi Pelacakan Fokus Kamera Canon EOS C70

Pelacakan fokus kamera akurat berkat perpaduan teknologi Dual Pixel CMOS AF dengan fitur Intelligent Tracking dan Recognition System. Pengembangan gabungan teknologi tersebut juga dilakukan dengan Face Detection AF. Akurasi pelacakan fokus semakin akurat bahkan saat subjek atau objek bergerak menjauhi kamera.

Baca juga: EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon 

Canon EOS C70 ini juga merupakan kamera sinama EOS pertama yang dibekali dengan algoritma AF baru EOS iTR AF X. Algoritma ini meningkatkan akurasi pendeteksian dan pelacakan subjek, termasuk Head Detection.

Fitur-fitur Profesional Lain

Berbagai fitur profesional yang ada pada lini EOS Cinema sebelumnya pun turut membekali Canon EOS C70. Fitur-fitur tersebut mencakup dua Audio XLR mini, dial kontrol audio, Timecode IN/OUT, terminal HDMI, dan fungsi Direct Touch Control baru. Pengaturan perekaman dapat diubah dengan cepat melalui fungsi Direct Touch Control di panel LCD layar sentuh yang responsif. Kecepatan mengubah pengaturan perekaman ini memungkinkan untuk mempercepat proses fokus gambar dan lebih intuitif.

Mount Adapter EF-EOS R 0.71x

Kamera EOS C70 ini sudah dibekali dengan dudukan lensa RF, sehingga kompatibel dengan lensa RF dari sistem EOS R Canon. Bagi yang ingin lebih leluasa berkreasi dengan berbagai pilihan lensa seri EF, tersedia juga Mount Adapter EF-EOS R 0.71x. Mount Adapter yang  dijual terpisah ini dilengkapi Lock Plate yang mengamankan adaptor secara mekanis ketika digunakan di lapangan.

Focal length
lensa dapat dikurangi sebesar 0,71x menggunakan sistem optik Mount Adapter EF-EOS R ini. Kemampuan tersebut memungkinkan perekaman vide dengan lensa EF yang sebenarnya ditujukan untuk kamera dengan sensor full-frame dengan hasil yang sama.

Mount Adapter ini juga menyajikan satu stop diafragma (bukaan lensa "f-number") tambahan. Fitur tersebut akan menguragi noise saat memakai ISO rendah ketika merekam di lokasi yang pencahayaannya kurang. Hasil rekaman pun tetap berkualitas tinggi walau rekaman dilakukan di dalam ruangan dengan pencahayaan kurang atau malam hari.

Canon EOS C70

Perbedaan Mount Adapter EF-EOS R 0.71x dengan adaptor lain adalah kompatibilitas elektronik sepenuhnya antara lensa EF dan RF Mount kamera ini. Kompatibilitas sepenuhnya ini menjamin kelancaran seluruh bentuk metadata, sehingga kombinasi lensa EF dan bodi RF bisa digunakan tanpa hambatan. Metadata tersebut mencakup f number/diafragma, nilai pencahayaan, panjang fokus, Dual Pixel CMOS AF & koreksi iluminasi perifer).

Fungsi fokus otomatis Dual Pixel CMOS AF pada Canon EOS C70 tetap maksimal ketika menggunakan lensa EF dengan Mount Adapter.  Kinerja yang maksimal ini layaknya kamera sinema digital dengan dudukan lensa EF bawaan. Jadi bagi yang memiliki lensa EF terdahulu, tetap bisa menggunakannya di kamera sinema EOS C70 terkini ini.

Baca juga: Canon EOS 850D, Kamera DSLR Murah dengan Fitur Semi-Pro

Canon EOS C70

Harga yang dibanderol pada Canon EOS C70 ini untuk body only adalah Rp98 juta. Bagi yang ingin membeli Mount Adapter EF-EOS R 0.71x bisa merogoh kocek sebesar Rp11 juta saja. Kedua perangkat tersebut dipasarkan oleh PT. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email