Serangkaian Laptop Gaming ASUS ROG Terkini Diperkenalkan di CES 2023 Serangkaian Laptop Gaming ASUS ROG Terkini Diperkenalkan di CES 2023 ~ Teknogav.com

Serangkaian Laptop Gaming ASUS ROG Terkini Diperkenalkan di CES 2023

Teknogav.com – Serangkaian laptop gaming terkini ASUS ROG resmi diperkenalkan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat.  CPU dan GPU generasi terkini dari AMD, Intel dan NVIDIA dihadirkan pada jajaran laptop tersebut. Selain itu, ASUS juga memberikan berbagai peningkatan yang signiikan pada teknologi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling.

Jajaran prosesor Intel dan AMD generasi terkini hadir mentenagai jajaran laptop gaming ROG terkini. Prosesor Intel Core generasi ke-13 menyajikan kinerja optimal dengan memadukan Performance-core dan Efficient-core. Jumlah core yang lebih banyak pun dihadirkan prosesor AMD Ryzen yang menggunakan arsitektur Zen 4. Sedangkan untuk pemrosesan grafis, NVIDIA GeForce RTX 40 Series siap mendukung berbagai teknologi grafis terkini. Beberapa teknologi grafis tersebut mencakup DLSS 3 dan AV1 encoding.

Keandalan perangkat keras tersebut dan didukung dengan berbagai fitur lain pada laptop gaming ROG siap mendukung gamer untuk bersaing. Kebutuhan kinerja, sistem pendingin, inovasi teknologi dan kualitas layar yang baik, siap disajikan jajaran laptop gaming ROG. Berikut ini adalah beberapa fitur jajaran laptop gaming ROG yang mendampingi kecanggihan jajaran perangkat keras CPU dan GPU yang mumpuni.

Layar

ROG memperkenalkan ROG Nebula Display pada tahun 2022 lalu yang memiliki syarat ketat untuk menyajikan layar terbaik bagi gamer. Persyaratan tersebut mencakup kecepatan refresh rate, layar responsif, warna yang sangat kaya dan tingkat kecerahan yang tinggi. Di tahun 2023 ini, layar dengan sertifikasi ROG Nebula akan hadir di lebih banyak laptop gaming. Layar ini dihadirkan di laptop gaming ringkas dengan layar berukuran 13 inci, sampai laptop berkinerja tinggi dengan layar 18 inci. Gamer pun akan memiliki lebih banyak opsi laptop gaming yang sudah menggunakan layar ROG Nebula.

Baca juga: ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming dengan Layar ROG Nebula HDR™

Sistem Pendingin

Kestabilan kinerja laptop tentu saja membutuhkan sistem pendingin, efisieni merupakan hal terpenting pada sistem pendingin laptop berkinerja tinggi. ASUS ROG pun meningkatkan kinerja sistem pendingin ROG Intelligent Cooling Technoloty. Solusi sistem pendingin ini memadukan kinerja pendinginan dan akustik secara menyeluruh. Sistem pendingin ini menghadirkan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology ke dalam sistem pendingin, sehingga kinerja pendingin lebih efisien dan optimal.

Full-width heatsink adalah heatsink dengan desain yang membentang penuh di bagian belakang laptop sehingga permukaan pembuagan panas lebih luas. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi  pada sistem pendingin. Full-width heatsink ini akan hadir di ROG Zephyrus M16 terkini, serta ROG Strix varian 16 inci dan 18 inci terkini.

Sesuai nama, Tri-Fan Technology menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen dalam laptop gaming ROG. Keberadaan kipas tersebut mengalirkan udara lebih baik ke dalam sistem pendinginan dalam laptop ROG, sehingga proses pendinginan selalu optimal. Hasilnya adalah kinerja pendingian yang lebih baik dan tetap hening.

Baca juga: Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG Terkini dipamerkan di CES 2022

ROG Strix Terdepan dalam Hal Kinerja

Gelar ROG Strix SCAR sebagai laptop gaming dengan kinerja terbaik tetap melakat pada laptop gaming ini di tahun 2023. Kini ROG Strix SCAR hadir dengan opsi layar 16 inci dan 18 inci yang tentu saja lebih besar. Layar tersebut hadir dengan rasio 16:10 dan sudah menggunakan ROG Nebula HDR Display dengan resolusi QHD. Teknologi panel Mini LED digunakan pada layar yang memiliki refresh rate 240 MHz ini.

ROG Strix SCAR 16/18

Lini laptop gaming ROG Strix 2023 hadir dengan sistem pendingin yang kinerjanya sudah ditingkatkan. ROG Strix SCAR terbaru dibekali ROG Intelligent Cooling Technology untuk memaksimalkan kinerja gaming. Kinerja pendinginan didukung juga dengan penerapan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal pada CPU dan GPU lagsung.

Prosesor Intel Core generasi ke-13 i9-13980HX dengan konfigurasi 8 P-core dan 16 E-core mentenagai ROG Strix SCAR terkini. Pemrosesan grafisnya didukung NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175 W. Kinerja masih bisa ditingkatkan berkat ketersediaan thermal headroom. Seri ROG Strix G16 dan G18 juga akan akan ditenagai prosesor dan kartu grafis tersebut. Sedangkan ROG Strix SCAR 17 dan ROG Strix G17 ditenagai prosesor AMD Ryzen dengan arsitektur Zen 4. Konfigurasi prosesor tersebut sampai 16 full-performance core sehingga siap menyajikan kinerja mumpuni untuk gaming dan pembuatan konten.

ROG Zephyrus Makin Ringkas dan Tangguh

Kinerja dan porabilitas merupakan fokus utama ROG Zephyrus. Kini ROG Zephyrus M16 hadir dengan desain baru dan dibekali AniMe Matrix sehingga tampil beda dengan laptop 16 inci lain. Sistem pendingin baru pada ROG Zephyrus M16 memungkinkan laptop bekerja dengan TDP 25 W lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

ROG Zephyrus M16

Kinerja Intel Core i9-13900H dan NVIDIA GeForce RTX 4090 pada Zephyrus M16 lebih optimal berkat sistem pendingin tersebut. Tentu saja MUX Switch kembali hadir pada Zephyrus M16, kali ini didampingi oleh NVIDIA Advanced Optimus untuk memaksimalkan pengalaman gaming. Layar pada Zephyrus M16 sudah menggunakan layar ROG Nebula HDR dengan teknologi panel Mini LED. Fitur-fiturnya mencakup 1024 dimming zone, kecerahan sampai 1.100 nits, dan teknologi HDR dengan rasio kontras lebih tinggi dibanding model sebelumnya. Layar tersebut memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan refreh rate 240 Hz.

ROG Zephyrus G16

Sementara itu ROG Zephyrus G16 dibekali dengan prosesor sampai Intel Core i9-13900H dan NVIDIA GeForce RTX 4070. Laptop tersebut juga sudah dibekali fitur MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Layar laptop pun sudah dibekali layar ROG Nebula berukuran 16 inci dengan resolusi QHD dan refresh rate 240 Hz. Bagi yang membutuhkan laptop gaming berukuran 14 inci, ROG Zephyrus G15 hadir dengan prosesor AMD Ryzen dengan arsitektur Zen 4. Pemrosesan grafis didukung GPU sampai NVIDIA GeForce RTX 4090 yang didukung Mux Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Selain itu tersedia juga varian dengan layar ROG Nebula Display. Tentu saja laptop gaming ini tetap dibekali dengan AniMe Matrix.

Baca juga: Uji Banding Dua Laptop Gaming Terpopuler di Tahun 2022

Laptop tangguh ROG Zephyrus Duo 16 kembali hadir dengan layar kedua yang menggunakan layar sentuh dan resolusi 4K. Kehadiran layar kedua tersebut mendukung kegiatan pengguna lebih ppoduktif. Layar utama laptop gaming ini sudah menggunakan ROG Nebula HDR dengan teknologi Mini LED berukuran 16 inci. Prosesor yang digunakan sampai AMD Ryzen Zen 4 dengan konfigurasi sampai 16 core. Pemrosesan grafis menggunakan kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 4090 yang didukung MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Fitur-titur tersebut menjadikan ROG Zephyrus Duo 16 sebagai workstation sekaligus mesin gaming tangguh yang portabel.

ROG Flow Padukan Kinerja dan Portabilitas

Serangkaian upgrade dihadirkan pada ROG Flow X13 di tahun 2023 ini. Perangkat ini ditenagai prosesor AMD Ryzen Zen 4 terkini dan chip grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 4070. Thermal compound untuk pendinginan CPU menggunakan liquid metal sehingga dapat menekan suhu pada CPU sampai 13°C. Kinerja prosesor didukung RAM LPDDR5 dengan kecepatan transfer data 50% lebih tinggi dan konsumsi daya 18% lebih rendah dibanding LPDDR4. Kemampuan tersebut meningkatkan kinerja dan daya tahan baterai.

Dimensi ROG Flow X13 lebih ringkas, 100 mm lebih kecil dibandingkan seri sebelumnya dengan ukuran keyboard yang dipertahankan. Kapasitas baterai juga ditingkatkan dari 62 Wh menjadi 75 Wh. Engsel laptop juga dirancang ulang agar menyajikan rongga udara lebih lapang saat penggunaan. Pada bagian belakang layar yang menggunakan bahan aluminium pun terdapat tekstur khusus agar mudah dipegang dan dibawa bepergian. Layar 13 inci ROG Flow X13 pun sudah menggunakan ROG Nebula Display dengan resolusi QHD dan refresh rate 165 Hz. 

ROG Flow Z13

Tablet gaming ROG Flow Z13 pun kini hadir dengan chip grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 4060 dengan TGP 65 W. Jika dibandingkan dengan model tahun lalu, kinerja grafis tablet tersebut meningkat sampai 62%. Kinerja grafis didukung juga oleh MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Sistem pendingin perangkat ini menggunakan vapor chamber dan liquid metal thermal compound.

ROG Flow X16

 

ROG Flow X16 ditenagai Intel Core i9-13900H dan NVIDIA GeForce RTX 4070. Kinerja grafis laptop ini didukung juga oleh MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Layar menggunakan ROG Nebula HDR dengan teknologi panel Mini LED, refresh rate 240 Hz dan kecerahan sampai 1.100 nits.  Corning Gorilla Glass DXC melapisi layar sehingga tangguh dan mengurangi pantulan cahaya sampai 40% yang nyaman untuk penggunaan luar ruangan.

Solusi eksternal GPU ROG XG Mobile, kini ditenagai NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP sampai 175 W. Perangkat ini siap mendampingi seluruh jajaran lini ROG Flow tahun ini. Desain ROG XG Mobile kini lebih ringkas dan ringan, serta dibekali banyak por untuk meningkatkan fungsionalitas.

Share:

Artikel Terkini