Tips Memproyeksikan Layar Smartphone ke Windows Tanpa Aplikasi Tambahan Tips Memproyeksikan Layar Smartphone ke Windows Tanpa Aplikasi Tambahan ~ Teknogav.com

Tips Memproyeksikan Layar Smartphone ke Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Teknogav.com – Menampilkan layar smartphone ke layar laptop atau monitor PC Desktop bukan merupakan hal baru. Ada begitu banyak aplikasi yang menawarkan koneksi tersebut. Beberapa di antaranya adalah AirDroid, SuperBeam, ApowerMirror, Vysor, Mobizen Mirroring dan lain-lain. Windows dan Android sendiri sudah menyediakan fungsi bawaan untuk memproyeksikan layar smartphone ke layar PC tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Simak tips berikut ini untuk melakukannya.

Berbagai  aplikasi tambahan untuk memproyeksikan layar smartphone ke laptop atau PC desktop terkadang hanya memberikan trial. Selain itu, penggunaan aplikasi tambahan tersebut pun perlu diperiksa kembali juga keamanannya. Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut juga tidak praktis, karena harus melalukan penginstalan aplikasi tambahan, baik di smartphone maupun di laptop atau PC. Sementara itu untuk menggunakan fungsi Wireless Projection bawaan pada smartphone ke PC dengan sistem operasi Windows, cukup melakukan sedikit pengaturan.

Baca juga: Malware Smartphone Masih Berkeliaran di Indonesia selama Semester I 2022

Pertama-tama, masuk ke menu pengaturan di Windows. Caranya tekan Start, pilih Settings, Systems dan pilih Projecting to this PC
Awal dibuka, menu untuk menampilkan fitur Wireless Display belum tampil. Cara menampilkannya adalah dengan menekan Optional features
Kemudian tekan View features untuk melihat pilihan fitur yang ada untuk ditambahkan
Ketik Wireless Display pada kolom poncarian, beri tanda centang setelah pilihan tersebut tampil, dan tekan Next, lalu tekan Install
Tunggu beberapa saat sampai fitur Wireless Display selesai diinstal di Windows
Setelah selesai, kembali ke menu Projecting to this PC pada pilihan Settings, Systems. Kemudian tekan Launch the Wireless Display app to project to this PC

Pada sistem operasi Windows 11 versi 22H2, nama fitur ini adalah Wireless Display. Sedangkan pada Windows 10 dan Windows 11 versi 21H2, fitur ini bernama Connect. Jika ingin menggunakan fitur ini di lain waktu, tak perlu repot masuk ke menu setting lagi. Cukup ketik Connect atau Wireless Display pada menu Search di Taskbar, maka akan tampil pilihan app tersebut.

Baca juga: Tips Menggunakan Kamera Ponsel atau PDA Anda sebagai webcam

tampilan Wireless Display atau Connect

Baca juga: Praktis Cek Saldo Flazz dan E-Money dari Smartphone 

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan smartphone ke laptop atau PC Desktop. Sebelumnya pastikan smartphone dan laptop atau PC terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Pada smartphone, menu yang tersedia berbeda-beda. 

Fitur Wireless Projection pada smartphone

Pada smartphone Huawei, fitur Wireless Projection terdapat pada menu Control Panel dapat ditampilkan dengan mengusap layar dari atas ke bawah. Pada menu Control Panel ini, pilih Wireless Projection, lalu akan tampil kotak dialog untuk mengaktifkan koneksi Bluetooth. Beri izin untuk mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth dengan menekan Enable. Smartphone akan mencari media untuk memproyeksikan layar, pilih sesuai nama laptop yang akan diproyeksikan. Tunggu beberapa saat sampai terhubung, layar smartphone pun akan ditampilkan di laptop atau PC Desktop.

Jika terjadi kendala atau gagal dalam menghubungkan, biasanya terjadi karena Firewall yang menolak koneksi tersebut. Periksa Firewall yang digunakan pada menu Windows Security. Contohnya ada uji coba ini laptop menggunakan Bitdefender, maka non aktifkan terlebih dahulu fitur Firewall dari Bitdefender agar bisa memproyeksikan layar smartphone ke laptop.

cara memeriksa firewall, buka men Firewall & network protection pada Windows, kemudian pilih Manage Providers pada menu Who's protectong me?
informasi mengenai firewall yang aktif di laptop atau PC Desktop

Nontaktifkan Firewall sementara untuk melakukan proyeksi layar smartphone ke laptop atau PC Desktop

tampilan layar smartphone pada layar laptop atau PC Desktop

Nah, mudah bukan memproyeksikan layar smartphone ke laptop atau PC Desktop? Selamat mencoba! Solusi lain untuk menghubungkan smartphone ke laptop adalah dfengan menggunakan fitur Phone Link, tetapi harus menginstal aplikasi Microsoft di Android.

Share:

Artikel Terkini