Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG Terkini dipamerkan di CES 2022 Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG Terkini dipamerkan di CES 2022 ~ Teknogav.com

Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG Terkini dipamerkan di CES 2022

Teknogav.com – Serangkaian laptop gaming ASUS ROG dipamerkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2022 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Jajaran laptop gaming ASUS ROG terkini diperkenalkan pada acara virtual bertajuk For Those Who Dare: The Rise of Games. ASUS menghadirkan inovasi canggih dan ditenagai perangkat keras terkini yang dikemas dengan desain yang juga diperbarui.

“Menghadirkan performa terbaik melalui inovasi teknologi untuk para gamer merupakan manifesto lini laptop gaming ROG di tahun 2022. Laptop ROG terbaru akan ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru serta dibekali teknologi dan fitur terkini. Beberapa di antaranya adalah penggunaan MUX Switch dan sistem pendingin ROG Intelligent cooling™ terbaru. Sistem pendingin ini dilengkapi Liquid Metal Conductonaut Extreme di model flagship,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Baca juga: ROG Citadel XV Sajikan Pengalaman Virtual Produk-produk ASUS ROG Terkini

Seluruh lini laptop gaming yang diperkenalkan di ajang CES 2022 juga dapat disaksikan secara virtual pada aplikasi ROG Citadel XV. Ini adalah sarana untuk menikmati acara CES 2022 dan mengetahui rangkaian produk ROG terkini secara virtual. Aplikasi tersebut juga menyajikan konten baru berupa mini FPS game hasil kolaborasi ASUS dengan Aim Lab. Game tersebut berisi alur cerita baru, peningkatan kualitas grafis dan perluasan wilayah eksplorasi. Berikut ini adalah jajaran laptop gaming terkini yang dipamerkan pada ajang CES 2022.

ROG Zephyrus Duo 16

Sesuai namanya, ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan dua layar dengan layar utama berukuran 16 inci. Sementara itu, layar kedua laptop gaming ini merupakan ScreenPad Plus™ yang dibekali mekanisme khusus dengan engsel empat arah. Mekanisme ini akan mengangkat layar kedua saat layar utama laptop dibuka. Engsel empat arah memungkinkan ScreenPad Plus bergerak ke arah layar utama saat laptop dibuka sehingga memperkecil celah antar layar. Kedua layar pun tampak seperti menyatu sehingga tampilan terlihat lebih imersif.

ASUS ROG Zephyrus Duo 16

Fitur AAS Plus 2.0 terintegrasi dengan mekanisme ScreenPad Plus™ sehingga menghasilkan rongga udara untuk membantu pendinginan. Sistem pendinginan juga menggunakan Liquid Metal Conductonaut Extream untuk mendinginankan laptop gaming ini sehingga kinerjanya tetap stabil. Kinerja laptop ini mengandalkan prosesor AMD dan kartu grafis NVIDIA generasi terkini yang tangguh. Fitur MUX Switch pada ROG Zephyrus Duo 16 akan menyajikan kinerja penuh perpaduan prosesor dan kartu grafis tersebut. Sistem operasi terkini, Windows 11 pun sudah digunakan pada ROG Zephyrus Duo 16. 

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Pendukung Kreativitas

Layar utama ROG Zephyrus Duo 16 terdiri dari dua pilihan. Pertama adalah layar ROG Nebula HDR yang memiliki resolusi QHD (16:10) dan panel mini-LED dengan refresh rate 165 Hz. Layar ini juga menyandang sertifikasi VESA DisplayHDR dan rasio kontras 1:100.000. Kedua adalah Dual Spec yang merupakan layar hasil kolaborasi ROG dengan BOE. Layar ini memungkinkan peralihan mode layar dari resolusi 4K 120 Hz ke Full HD 240 Hz sehingga lebih fleksibel. Kemampuan ini memberikan kenyamanan untuk berkarya dan sekaligus bermain game.

ROG Zephyrus G14

Desain ROG Zephyrus G14 telah diperbarui dan kembali tampil stylish. Kinerja laptop gaming ini mengandalkan CPU AMD dan GPU Radeon terkini yang sudah dibekali MUX Switch untuk memaksimalkan pengalaman gaming. Kestabilan kinerja pun dijaga oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ yang disertai Liquid Metal. Komponen tersebut mendukung pendinginan seluruh komponen, termasuk memori RAM DDR5 dan SSD PCI e 1 TB pada laptop tersebut. Tentu saja sistem operasi yang digunakan pada ROG Zephyrus G14 ini sudah Windows 11.

ASUS ROG Zephyrus G14

Baca juga: ROG Zephyrus G14 Alan Walker SE Padukan Musik dan Gaming  

ROG Zephyrus G14 merupakan salah satu laptop pertama yang mengadopsi teknologi layar ROG Nebula. Teknologi ini menyajikan resolusi QHD dan refresh rate 120 Hz sehingga cocok untuk berbagai kegiatan. Tingkat kecerahan layar mencapai 500 nits, sedangkan color gamut 100% DCI-P3 dan waktu respons 3 milidetik. Layar juga didukung teknologi Adaptive Sync, Dolby Vision dan sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display. Berbagai fitur tersebut membuat ROG Zephyrus G14 cocok untuk menikmati hiburan dan pembuatan konten.

Laptop gaming ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Eclipse Gray dan Moonlight Wwhite. Pada cover belakang layar terdapat fitur AniMe Matrix™ berupa panel khusus yang terdiri dari ribuan mini LED. Fitur ini bisa menampilkan tulisan, status laptop sampai animasi sehingga laptop terlihat lebih personal dan berbeda dengan laptop lain.

ROG Strix SCAR dan Strix G

Pada tahun 2022 ini, ROG Strix SCAR kembali hadir bagi para penggemar esports. Kinerja menjadi fokus laptop gaming ini, sehingga ASUS membekali ROG Strix SCAR dengan prosesor Intel dan GPU NVIDIA generasi terkini. Kestabilan kinerja komponen-komponen tersebut pun dijaga oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ yang dilengkapi dengan liquid metal. Selain itu tersedia juga fitur MUX Switch, SSD PCIe 4x4 dan RAM DDR5 4800 MJz untuk memaksimalkan pengalaman bermain game.

ROG Strix SCAR dan ROG Strix G

ROG Strix SCAR menyediakan dua pilihan layar, yaitu Full HD 360 Hz dan QHD 240 Hz. Layar juga dibekali teknologi Dolby Vision HDR dan Adaptive Sync untuk menyingkirkan efek screen tearing dan stuttering. Waktu respons 3 milidetik yang cepat juga menjamin pengguna terus unggul di medan pertempuran.

Sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ yang disertai liquid metal juga hadir pada ROG Strix G. Kestabilan kinerja CPU AMD dan GPU NVIDIA generasi terkini dijaga sistem pendingin tersebut dengan mempertahankan suhu tetap dingin. Laptop gaming ini juga tersedia dalam dua pilihan layar, yaitu Full HD sampai 360 Hz dan QHD sampai 240 Hz. Waktu respons layar tersebut 3 milidetik untuk mendukung gamer dapat bersaing saat bermain. Laptop gaming ini tersedia dalam tiga varian warna yaitu Eclipse Gray dan dua warna lain bernuansa neon yang unik.

ROG Flow Z13 dan XG Mobile

Prosesor Intel dan kartu grafis NVIDIA terkini siap mentenagai ROG Flow Z13 yang merupakan gaming tablet tangguh. Kinerja prosesor tersebut didukung memori RAM LPDDR5 5200 MHz dan MUX Switch untuk memaksimalkan kinerja gaming. Desain ROG Floq Z13  futuristik yang terinspirasi dari tema luar angkasa di abad ke-20. Kendati demikian, dimensinya sangat ringkas, sesuai konsep utamanya yaitu portabilitas.

ROG Flow Z13

ROG Flow Z13 juga hadir dalam dua pilihan layar. Pilihan pertama adalah layar 4K 60 Hz dengan color gamut 85% DCI-P3. Sedangkan pilihan kedua adalah layar Full HD 120 Hz dengan color gamut 100% sRGB. Kedua layar tersebut memiliki rasio layar 16:10, mengusung fitur Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, dan Adaptive Sync. Selain itu, layar pun sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display.

Sebagai tablet, tentu saja ROG Flow Z13 dikendalikan melalui layar sentuh yang terintegrasi. Selain itu tersedia juga keyboard dan touchpad yang bisa dilepas dan penyangga bodi utama yang bisa dibuka sampai 170˚. Komponen utama ROG Flow Z13 terdapat di belakang layar sehingga sirkulasi udara lebih baik dibandingkan laptop tradisional. Arsitektur tersebut juga membuat perangkat ini dapat menampung hardware kelas gaming dalam bodi yang sangat ringkas.

Baca juga: ASUS ROG Flow X13, Laptop Gaming 13" Ultraportable Paling Tangguh  

Jika membutuhkan kinerja lebih kencang, tersedia ROG ZG Mobile untuk memberikan solusi GPU eksternal yang baik. Solusi GPU eksternal ini kompatibel dan dapat digunakan oleh ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13. Kartu grafis pada ROG XG Mobile ini menggunakan GPU NVIDIA generasi terkini. ROG XG Mobile dilengkapi beberapa port tambahan dan bisa berperan sebagai adapter daya ketika dihubungkan ke ROG Flow Z13.





Share:

Artikel Terkini