MediaTek Siap Pamerkan Teknologi Komunikasi 3GPP NTN di MWC 2023 MediaTek Siap Pamerkan Teknologi Komunikasi 3GPP NTN di MWC 2023 ~ Teknogav.com

MediaTek Siap Pamerkan Teknologi Komunikasi 3GPP NTN di MWC 2023

Teknogav.com – MediaTek akan memamerkan teknologi 3GPP Non-Terrestrial Network (NTN) pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2023. Teknologi inovatif tersebut menawarkan komunikasi satelit dua arah ke smartphone. Selain itu, MediaTek juga akan meluncurkan smartphone pertama yang didukung konektivitas satelit MediaTek. Selama beberapa bulan mendatang akan ada lebih banyak perangkat yang diluncurkan. MediaTek juga akan berbagi bocoran mengenai teknologi 5G New Radio NTN (NR-NTN) generasi berikutnya untuk dipakai perangkat dengan teknologi satelit.

Teknologi satelit dua arah untuk smartphone dan perangkat lain memungkinkan untuk menyajikan konektivitas andal di berbagai lokasi. Tujuan jaringan satelit adalah untuk menyediakan koneksi saat jaringan seluler tak tersedia dan tetap dapat berkomunikasi di daerah terpencil. Smartphone dengan dukungan jaringan satelit memungkinkan untuk tetap berkomunikasi saat mendaki, mengemudi di pedesaan, di atas kapal atau situasi lain. Teknologi satelit memberi kenyamanan berkomunikasi dan juga memudahkan untuk meminta bantuan dalam situasi darurat.

Baca juga: MediaTek dan Inmarsat Berkolaborasi Uji Koneksi Data IoT Satelit 5G

Peluang pasar untuk teknologi 3GPP NTN terbesar terdapat pada smartphone, walau terjadi peningkatan juga untuk aplikasi IoT di beberapa sector. Penerapan teknologi 3GPP NTN tersebut mencakup sektor logistik, kehutanan dan pertanian. Selain itu, sektor otomotif juga akan menjadi pasar utama teknologi komunikasi satelit di tahun-tahun mendatang.

“Komunikasi satelit dua arah pada smartphone dan perangkat lain akan mengantarkan kita ke era baru konektivitas. Hal ini membuka kemungkinan baru di segmentasi pasar yang berbeda. Chipset mandiri MT6825 kami didasarkan pada standar terbuka 3GPP NTN yang dapat diintegrasikan pada segala smartphone premium. Standar ini mampu memberikan pengalaman konektivitas satelit yang lancar,” ucap JC Hsu, Corporate Vice President dan General Manager MediaTek untuk bisnis komunikasi nirkabel.

Teknologi IoT-NTN dan NR-NTN berdasarkan spesifikasi 3GPP 5G untuk Release 17 (R17. IoT-NTN merupakan teknologi ideal untuk aplikasi messenger. Ini karena chipset dirancang dalam koneksi kecepatan rendah, sedangkan NR-NTN pada kecepatan tinggi yang menunggu panggilan video atau aplikasi lain. Sekarang, jaringan satelit hanya mendukung IoT-NTN dalam skala massal, sehingga selama beberapa tahun mendatang MediaTek fokus pada portofolio komunikasi satelit. Jadi, smartphone dan perangkat lain berbasis satelit yang ditenagai MediaTek akan dirancang untuk layanan messenger satelit dua arah.

Baca juga: Terus Dukung Teknologi 5G, MediaTek Paparkan Jajaran Lini Produknya

MediaTek dan Bullitt berkolaborasi merancang perangkat komersial yang mendukung teknologi 3GPP NTN pertama di dunia. Chipset MT6825 yang terhubung ke platform Bullitt Satellite Connect digunakan pada perangkat komersial tersebut, baik smartphone maupun aksesori Bluetooth. Smartphone yang menggunakan chipset MT6825 tersebut adalah Motorola Defy 2 dan CAT S75. Sementara itu aksesori Bluetooth yang sudah menggunakan chipset tersebut adalah Motorola  Defy satellite link yang ringkas dan ringan. Aksesori ini kompatibel dengan perangkat Android dan iOS yang terhubung ke platform Bullitt Satellite Connect. Layanan Bullitt Satellite Connect memudahkan untuk mengakses satelit dua arah berbasis lokasi dan SOS darurat di seluruh dunia. 

Chipset NR-NTN generasi mendatang dari MediaTek mendukung layanan data berkecepatan tinggi seperti navigasi dan komunikasi real-time. Dalam beberapa tahun mendatang, jaringan satelit akan meningkatkan kapasitas untuk NR-NTN. Ketika hal tersebut terjadi, maka peluang konsumen, perusahaan dan industri baru yang menarik. Hal ini berkat konektivitas andal di berbagai lokasi yang bisa dimanfaatkan smartphone, perangkat IoT dan kendaraan.

Solusi IoT-NTN MediaTek merupakan chipset mandiri yang memudahkan produsen mengintegrasikan komunikasi satelit dua arah ke smartphone atau perangkat lain. Chipset ini bisa mentenagai perangkat 4G atau 5G, atau lainnya karena menggunakan standar NTN 3GPP R17 terbuka. Kemampuan ini berbeda dengan teknologi pesaing yang masih bersifat tertutup. Keandalan chipset IoT-NTN dari MediaTek bagi produsen OEM adalah sertifikasi 3GPP R17 IoT-NTN. Chipset ini dapat digunakan pada segala jaringan sesuai IoT-NTN. Operator jaringan seluler bisa berkolaborasi dengan penyedia layanan untuk menyediakan layanan roaming atau membangun jaringan satelit sendiri yang mendukung standar.

Baca juga: Konstelasi Satelit O3b mPOWER Siap Hadirkan Konektivitas Fleksibel Berskalabilitas Tinggi

Sejumlah fitur terdapat pada chipset MT6825 IoT-NTN dari MediaTek, salah satunya adalah dapat terhubung ke konstelasi Geosynchronous Equatorial Orbit (GEO). Koneksi tersebut mudah diubah menjadi jaringan sesuai 3GPP NTN yang kini tersedia luas di orbit. Pesan dari satelit dapat diterima otomatis di perangkat yang menggunakan MT6825 dengan mulus. Hal ini berbeda dengan teknologi pesaing yang mengharuskan pemeriksaan pesan secara manual. Perangkat yang didukung chipset ini pun tak membutuhkan spesifikasi sistem yang tinggi, serta hemat daya sehingga baterai lebih awet. Chipset ini dirancang dengan sangat terintegrasi sehingga dapat dirilis ke pasar dengan cepat.

MediaTek terus berinovasi dalam konektivitas satelit dan merupakan kontributor utama spesifikasi 3GPP NTN.  Kolaborasi dengan pemain industri lain senantiasa dijalin untuk menguji dan mengembangkan solusi 5G NTN. Sejumlah teknologi andalan MediaTek akan didemonstrasikan di stan 3D19, Hall 3 MWC di Barcelona, Spanyol.

Share:

Artikel Terkini