Keandalan NVIDIA RTX Studio PC Dukung Kreativitas Kreator Tanpa Batas Keandalan NVIDIA RTX Studio PC Dukung Kreativitas Kreator Tanpa Batas ~ Teknogav.com

Keandalan NVIDIA RTX Studio PC Dukung Kreativitas Kreator Tanpa Batas

Teknogav.com -  NVIDIA bekerja sama dengan sejumlah system builders untuk merancang PC yang mengoptimalkan berbagai keandalan NVIDIA Studio. Demi menjamin keandalan kinerja, jajaran PC hasil kolaborasi yang diluncurkan tersebut sudah memenuhi syarat minimum dan divalidasi NVIDIA Studio. Kinerja tangguh prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series dalam mendukung keandalan NVIDIA Studio pun didemonstrasikan di DOSSGuava XR Studio. Studio produksi dan konten digital ini telah memaksimalkan kemampuan GeForce RTX Studio PC dan merupakan studio terkemuka di Asia Tenggara.

Serangkaian PC dengan validasi NVIDIA Studio dapat dijajal langsung di acara Media Talk yang digelar di DOSSGuava XR Studio. Beberapa perangkat lunak yang dapat dijajal langsung antara lain adalah NVIDIA Canvas, NVIDIA Broadcast dan NVIDIA AV1 Livestreaming. Seluruh perangkat lunak tersebut dapat digunakan secara gratis pada PC yang menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX Series. NVIDIA Canvas memungkinkn untuk membuat gambar-gambar indah dari goresan-goresan sederhana. Istimewanya di NVIDIA AV1 Livestreaming terdapat fitur Eye Contact, sehingga mata orang yang sedang livestream terlihat terus menatap kamera.

Baca juga: GeForce RTX PCs dan GeForce Esports PC, Perangkat Andalan Gamer

jajaran GeForce RTX Studio PC

Pemaparan mengenai keandalan NVIDIA pun disampaikan Adrian Lesmono, Consumer Business Lead NVIDIA dan Irwan Chandra, SB PC Manager NVIDIA Indonesia. Selain itu, didemonstrasikan juga keandalan NVIDIA Studio dalam mewujudkan imajinasi tanpa batas menjadi karya keren oleh Upie Guava. Beliau adalah seorang sutradara dan sinematografer berbakat, serta Chief Creative Officer DOSSGuava XR Studio.

Adrian Lesmono, Consumer Business Lead NVIDIA

“Saat ini pasar bagi kreator tumbuh signifikan, dengan lebih dari 110 juta profesional dan pehobi PC creators. Tak luput, proses kreasi 3D menggunakan NVIDIA hardware juga mengalami pertumbuhan sebesar 42% sejak tahun lalu. GeForce RTX Studio PCs dapat memanfaatkan akselerasi NVIDIA Studio yang tersaji melalui lebih dari 110 aplikasi kreatif paling populer,” ucap Adrian Lesmono.

NVIDIA menyediakan NVIDIA Studio Drivers dengan stabilitas tertinggi yang bisa diakses melalui perangkat yang ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX. Beberapa aplikasi kreatif yang dikembangkan NVIDIA mencakup NVIDIA Canvas, NVIDIA Omniverse, dan NVIDIA Broadcast. Sistem PC yang sudah menyandang validasi NVIDIA Studio ditandai dengan stiker bertuliskan ‘GeForce RTX Studio PC’ pada sasis PC. 

Baca juga: NVIDIA GeForce RTX 30 Series Percepat Aplikasi-aplikasi STEM untuk Pendidikan

“Kolaborasi kami dengan ASUS dan GeForce Official Store yang dikelola COC Komputer dan Techindo menghadirkan berbagai pilihan baru untuk memacu kreativitas tanpa batas bagi para kreator tanah air. Jajaran GeForce RTX 40 Series Studio PCs menghadirkan performa luar biasa, khususnya dalam mendukung proses perenderan 3D, pengeditan video, dan desain grafis agar kreator bisa merasakan sendiri bagaimana akselerasi RTX yang kaya fitur ini melalui sejumlah aplikasi kreatif terpopuler, NVIDIA Studio Drivers berkelas dunia, serta sejumlah tools eksklusif yang makin memperkuat RTX dalam mendayai kerja-kerja kreatif yang didukung oleh teknologi AI,” ucap Simon Tan, Consumer Business Director of APAC South at NVIDIA.

DOSSGuava XR Studio Adopsi Teknologi Andalan NVIDIA

Upie Guava mengatakan bahwa dalam proses produksi dan kreativitas kerap terjadi kendala, baik itu terkait akses lokasi, cuaca atau lingkungan. Pihaknya dituntut untuk mendapatkan solusi yang dapat mengatasi kendala dan kreativitas tersebut dengan cepat, efisien dan efektif. Upaya tersebut perlu dilakukan agar tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya.

“Kami memutuskan untuk segera mengadopsi teknologi yang mampu menjadi solusi atas tantangan-tantangan tersebut. Kami meninggalkan teknologi greenscreen dan beralih ke in-camera visual effects (ICVFX) dan mengadaptasi teknologi extended reality (XR) dalam rangka mewujudkan imajinasi kami. Ini memampukan kami untuk mengendalikan berbagai situasi dan mempercepat proses syuting,” ucap Upie.

Upie Guava, sutradara, sinematografer dan CCO DOSSGuava

DOSSGuava XR Studio menggunakan perangkat lunak Unreal Engine yang ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX. Ketangguhan kinerja prosesor grafis tersebut mendukung proses rendering secara real-time dengan hasil yang sangat realistik. Proses produksi yang dijalankan DOSSGuava XR Studio lebih cepat dan simpel berkat PC yang divalidasi NVIDIA Studio. Keandalan teknologi NVIDIA juga memberikan ruang kreasi lebih banyak bagi DOSSGuava XR.

“Kami juga memperoleh beragam keunggulan lain yang dihadirkan NVIDIA Omniverse. Platform ini memungkinkan kami dapat berkolaborasi dengan talenta terbaik di manapun mereka berada, meskipun mereka menggunakan beragam software yang berbeda-beda. Juga termasuk platform artificial intelligence (AI) yang dikembangkan NVIDIA. Kami bisa merekrut orang dari berbagai negara, seperti Italia, Sri Langka dan lain-lain dengan platform ini. Platform kolaborasi Omniverse 3D memampukan kami merealisasikan visi yang selaras dengan perkembangan industri kreatif yang dinamis dan penuh tuntutan berinovasi,” ucap Upie.

Keandalan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series

Keberhasilan peluncuran kategori baru PC yang dirancang sesuai kebutuhan kreator pun turut didukung oleh peran ASUS. Kris Ardianto, business development manager and country lead for ASUS Indonesia mengungkapkan komitmen ASUS dalam mendukung inovasi pekerja digital kreatif.
“ASUS berkomitmen untuk turut serta mendukung inovasi di kalangan pekerja digital kreatif. Sinergi antara produk-produk dengan kualitas andal ASUS dan dukungan teknologi NVIDIA merupakan salah satu kunci meningkatkan kreativitas dengan cepat,” ucap Kris.

Peningkatan kecepatan proses yang signifikan dihadirkan oleh GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Kemampuan tersebut mendukung proses rendering 3D, penyuntingan video, live streaming, AI tools, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya. Arsitektur NVIDIA Ada Lovelace mampu menyajikan kinerja yang luar biasa dan merupakan terobosan baru di industri. Fitur-fitur pada NVIDIA GeForce RTX 40 Series ini adalah sebagai berikut:

  • Arsitektur GPU canggih bagi pembuatan konten yang menyajikan kinerja dua kali lipat lebih tinggi dari GPU generasi sebelumnya.
  • Hardware terdedikasi generasi berikutnya yang mampu mempercepat proses pembuatan konten:
    • Sampai dua enkoder generasi ke-8 dengan dukungan untuk AV1 mendukung ekspor video hingga dua kali lebih cepat. Kompresi pun 40% lebih efisien dari H.264.
    • RT Cores dan DLSS 3 generasi ketiga mendukung proses render model ray-traced 3D secara realistik dan real time. Proses tersebut empat kali lebih cepat dibandingkan dengan GPU generasi sebelumnya.
    • Tensor Cores generasi ke-4 menghasilkan kinerja sampai dua kali lebih tinggi pada figur-fitur AI dibandingkan generasi GPU sebelumnya. Hal ini mempercepat proses edit lebih cepat dengan efek yang lebih canggih.
  • DLSS 3 dapat meningkatkan kinerja 3D secara luar biasa dengan menggunakan AI untuk menghasilkan frame tambahan berkualitas tinggi. Hal ini memungkinkan proses pada viewports yang mulus dan makin interaktif pada peranti perenderan real-time yang didukungnya.
Baca juga: Luncurkan Seri GeForce RTX 4070 Ti, GIGABYTE Usung WINDFORCE

Dukungan AI tools memungkinkan penyunting video bisa melakukan produksi di tempat dengan lebih cepat. Waktu ekspor pun bisa dipercepat sampai setengahnya berkat dual enkoder.

Ketersediaan Produk

Spesifikasi: NVIDIA GeForce RTX 4080/Intel Core i7-13700/RAM 64 GB
Klik untuk membeli di Tokopedia
Spesifikasi: NVIDIA GeForce RTX 4070 Ti/Intel Core i5-13500i/RAM 32 GB
Klik untuk membeli di Tokopedia

Spesifikasi: NVIDIA GeForce RTX 4070 Ti/Intel Core i7-12700F/RAM 16 GB
Klik untuk membeli di Tokopedia

Share:

Artikel Terkini