NVIDIA GeForce RTX 30 Series Percepat Aplikasi-aplikasi STEM untuk Pendidikan NVIDIA GeForce RTX 30 Series Percepat Aplikasi-aplikasi STEM untuk Pendidikan ~ Teknogav.com

NVIDIA GeForce RTX 30 Series Percepat Aplikasi-aplikasi STEM untuk Pendidikan


Teknogav.com – Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang berkembang di era Revolusi Industri 4.0. Metode ini telah menjadi tren utama dalam menumbuhkan bakat di seluruh dunia karena membekali pelajar dengan literasi sains dan teknologi. Komputasi berkinerja tinggi pun dibutuhkan untuk mendukung pelajar menerapkan hal-hal yang dipelajari saat di dunia kerja nantinya. Seiring pesatnya teknologi AI, platform pembelajaran yang kuat dibutuhkan agar pelajar dapat memenuhi standar industri.

Kebutuhan tersebut dipenuhi NVIDIA dengan menyediakan perangkat canggih sesuai kebutuhan pelajar saat ini untuk mengembangkan kapasitas mereka di masa mendatang. Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX siap mendukung laptop-laptop andalan demi memenuhi kebutuhan pelajar akan komputasi modern. Perangkat tersebut akan mendukung pelajar untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: GeForce RTX PCs dan GeForce Esports PC, Perangkat Andalan Gamer

Pada suatu acara konferensi pers, NVIDIA menghadirkan perwakilan dari perguruan tinggi yang mengupas mengenai tren pembelajaran saat ini. Mereka berbagi pengalaman mengenai cara produk NVIDIA memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi cerdas untuk mengoptimalkan platform yang dibutuhkan pendidikan modern.

Tantangan yang Dihadapi Pelajar dengan Pendekatan STEM

Narasumber Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. dan Gregorius Natanael Elwirehardja, S.Kom., M. Kom., berbagi pengalaman mengapa perlu menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX saat studi. Menurut mereka, laptop yang didukung GPU tersebut merupakan peralatan yang luar biasa bagi pelajar dengan pendekatan STEM. Sejak tahun 2011, terjadi peningkatan aplikasi-aplikasi pelajar STEM untuk kelas AI di kampus lebih dari 400%. Perpaduan kurikulum AI di kelas STEM mendapatkan hasil yang positif. Sentimen yang positif terhadap AI paling banyak ditemui di Amerika Serikat, Yunani dan Tiongkok.

Para pelajar dari bidang STEM memiliki awal karir dan gaji yang tinggi, bahkan beberapa CEO yang berkinerja baik kebanyakan berasal dari lulusan Teknik atau Engineering. Sayangnya para pelajar STEM menghadapi beberapa tantangan. Tantangan tersebut adalah siklus pembelajaran yang lebih lambat akibat komputasi yang tinggi pada beberapa subjek STEM kritikal sebagai berikut:

  • Simulasi sistem nyata seperti fisika, rangkaian listrik, proses kimia dan lain-lain
  • Pemodelan 3D
  • Analisis geospasial
  • Kecerdasan buatan
  • Ilmu data

Dan masih banyak lagi bidang keilmuan lain yang menghadapi tantangan tersebut. Berbagai tantangan ini dapat diatasi dengan kinerja komputasi yang diberikan oleh GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series.

Baca juga: WPG Pamerkan Keandalan NVIDIA GeForce RTX 30 Series di Yogyakomtek

GPU NVIDIA Dukung Pendidikan dengan Pendekatan STEM

Ada 75 juta pelajar yang menggunakan belajar menggunakan metode STEM di seluruh dunia. Sebanyak 42 juta pelajar di bidang teknik atau engineering dan ilmu fisika memerlukannya untuk desain 3D, pemodelan dan simulasi. Penggunaan untuk analitik data, pembelajaran mesin (machine learning) dan deep learning pun dibutuhkan untuk pelajar sisanya. Jumlah pelajar tersebut 15 juta untuk ilmu kehidupan, 12 juta untuk ilmu sosial dan 6 juta untuk ilmu komputer dan ilmu data.

Berikut ini adalah keandalan dari laptop-laptop yang sudah didukung GPU NVIDIA GeForce  RTX untuk pelajar dengan pendekatan STEM:

  • Akselerasi untuk puluhan aplikasi-aplikasi teknik atau engineering dan ilmu pengetahuan
  • Kini stack NVIDIA full AI Stock tersedia di Windows 11
  • Peningkatan pembelajaran jarak jauh dengan AI melalui Broadcast NVIDIA
  • Belajar, menciptakan, dan memainkannya di seluruh laptop yang sama

Pembagian penggunaan GPU di aplikasi-aplikasi STEM yang paling banyak diajarkan berdasarkan disiplin ilmu adalah sebagai berikut:

Penggunaan GPU pada aplikasi-aplikasi STEM di setiap jurusan

GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series dapat menjalankan simulasi ilmiah dengan cepat. Jika dibandingkan dengan CPU yang menjalankan 6 cycle/detik, maka GeForce RTX 3070 dapat menjalankkan 77 cycle/detik. GPU NVIDIA GeForce RTX juga dapat mempercepat studi sampai 8x lebih cepat dalam desain 3D, pemodelan dan simulasi. Berikut ini adalah perbandingan saat menggunakan CPU dan beberapa seri GPU RTX saat menggunakan beberapa aplikasi:

perbandingan kecepatan cycle CPU dan GPU Geforce RTX 30 Series

Konfigurasi laptop yang direkomendasikan untuk STEM berbeda-beda tergantung disiplin ilmu. Prosesor Intel Core i5 atau  AMD Ryzen 5 yang dipadukan dengan RTX 3050 atau RTX 3050 Ti sudah cukup memadai untuk disiplin ilmu Teknik. Sedangkan untuk Ilmu Data, Ilmu Komputer dan Ekonomi, paling tidak harus menggunakan GPU NVIDIA RTX 3060 dipadukan Intel Core i5 seri H dan AMD Ryzen 5 seri H. Prosesor seri H memiliki kinerja yang lebih tinggi untuk dapat mendukung komputasi. Jika ingin kinerja yang lebih tinggi lagi, bisa menggunakan mulai dari RTX 3070 Ti. Tentu saja dengan dipadukan prosesor Intel Core i7 seri H atau AMD Ryzen 7 seri H.

Keandalan GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series

Laptop yang didukung kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 Series cocok untuk mendukung kegiatan belajar, main game dan membuat konten. Perangkat tersebut dapat memenuhi kebutuhan menjalankan berbagai aplikasi untuk rekayasa, sains data, ekonomi, studi kreatif, seni digital dan lain-lain. GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series mampu menjalankan game AAA terkini dengan grafis ray-traced realistis dan kinerja AI yang dipercepat. Kini para vendor laptop pun dapat menghadirkan laptop yang didukung NVIDIA GeForce RTX 30 Series dengan desain tips dan ringan. Baterai yang disematkan pun hemat daya, sehingga mendukung pelajar yang penuh mobilitas untuk mengerjakan tugas sambil bepergian.

Pengalaman bermain game terkini dapat disajikan oleh laptop berkinerja tinggi yang didukung GPU GeForce RTX 30 Series. Grafis paling realistis dan imersif, kinerja AI terakselerasi, latensi sistem terendah dan live streaming yang lancar siap mendukung bermain game.

Baca juga: Lama-lamaan Nyentuh Laptop di ROG Gaming Zone, Bisa Menangkan Laptopnya!

Pelajar membutuhkan komputer yang didukung GPU NVIDIA GeForce RTX karena memiliki waktu lebih cepat untuk satu siklus pembelajaran. Waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas kelas atau proyek tesis pun lebih cepat. Penggunaan GPU mendukung kecepatan lebih baik, produktivitas dengan belajar lebih dan mengisi portofolio. GPU seri RTX merupakan GPU yang berkinerja tinggi dan mendukung percepatan begitu banyak aplikasi, serta memiliki harga yang sepadan.

Jajaran Laptop yang didukung GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series

Berikut ini adalah jajaran laptop dari Lenovo dan ASUS yang sudah dibekali dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 Series. Selama bulan September, ada promo Lenovo September HOT Sales. Lenovo juga menawarkan promo berupa hadiah langsung GoPay sampai Rp2 juta dan printer Canon selama persediaan masih ada. Sementara itu, ASUS pun menggelar promo Back to School yang menawarkan diskon sampai 23%. Klik untuk langsung membeli perangkat tersebut di Tokopedia.

Demikianlah beberapa laptop yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Share:

Artikel Terkini