IDCamp x Kadin Tech Challenge Dukung UMKM, Pertanian dan Perikanan IDCamp x Kadin Tech Challenge Dukung UMKM, Pertanian dan Perikanan ~ Teknogav.com

IDCamp x Kadin Tech Challenge Dukung UMKM, Pertanian dan Perikanan

Teknogav.com –IDCamp x Kadin merupakan program hasil kolaborasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia. Program tersebut pun dilanjutkan dengan program Kadin Tech Challenge yang mengajak para talenta digital membuat solusi-solusi yang bermanfaat. Para talenta digital yang menerima beasiswa IDCamp x Kadin tingkat dasar, pemula dan menengah dapat berpartisipasi dalam Tech Challenge tersebut. Mereka diajak untuk menghasilkan berbagai solusi bermanfaat di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pertanian dan perikanan.

Tantangan Kadin Tech Challenge dibuka selama periode 10 April 2023 sampai 2023. Di program tersebut, peserta dapat mengembangkan berbagai sistem, termasuk database, sistem berbasis web, sampai aplikasi. Tujuan tantangan tersebut adalah agar para peserta dapat membuat solusi yang dapat mendukung produktivitas sektor UMKM, pertanian dan perikanan. Lebih dari 3.000 peserta IDCamp x Kadin 2023 di Solo, Medan, Makassar dan sekitarnya dapat mengikuti program Kadin Tech Challenge. 

Baca juga: Yuk Ikutan Program Beasiswa IDCamp X KADIN 2023!

Para peserta yang mendaftar akan melewati proses penjurian, kemudian pemenang diumumkan pada Agustus 2023. Tersedia hadiah berupa 2.000 dicoding points bagi 20 pemenang. Poin tersebut dapat digunakan untuk belajar di Dicoding Academy atau ditukar dengan Dicoding Awards. Para peserta IDCamp x Kadin Tech Challenge ini tentunya juga bisa membangun portofolio pengalaman dalam membuat solusi.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison

“Program ini menunjukkan komitmen Indosat dan Kadin Indonesia untuk memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia dengan mengedepankan kolaborasi yang berkelanjutan. Tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan para peserta, program ini juga menawarkan prospek untuk integrasi langsung ke dalam industri, salah satunya melalui IDCamp X Kadin Tech Challenge ini. Kami senang melihat antusiasme para peserta dan kami makin optimis Indonesia akan menjadi pusat kekuatan talenta digital di Asia Pasifik,” ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison. 

Baca juga: Indonesiaku AWSome Dukung Mahasiswa Ciptakan Solusi dengan Kolaborasi Lintas Ilmu

Lebih dari 300 peserta IDCamp x Kadin 2023 berhasil melanjutkan ke tingkat menengah. Tingkat menengah ini menawarkan pelatihan secara tatap muka selama dua hari. Acara kelulusan program tersebut akan digelar pada Agustus 2023 berbarengan dengan selesainya IDCamp x Kadin Tech Challenge. Sejumlah 300 peserta tersebut akan masuk dalam platform alumni IDCamp dan Kadin Talent Hub. Berbagai informasi mengenai lowongan kerja, pelatihan dan program karir lain tersedia di platform tersebut, sesuai keahlian para alumni.

“Kami menyambut baik program kolaborasi antara Kadin Indonesia dengan Indosat untuk bergotong royong mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 melalui pemberian program beasiswa IDCamp x Kadin 2023 guna mengembangkan talenta digital di Indonesia. Selanjutnya, para peserta program beasiswa dari wilayah Solo, Makassar, Medan (dan sekitarnya) yang telah mendapatkan beasiswa IDCamp X Kadin akan berkesempatan menciptakan sistem informasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas di sektor pertanian, perikanan, serta UMKM,” ucap Arsjad Rasjid, Ketua  Umum Kadin   Indonesia.

Arsjad Rasjid, Ketua  Umum Kadin   Indonesia

Baca juga: Orbit Future Academy Sediakan Pelatihan Cloud Computing “AWS re/Start” Gratis

Arsjad juga mengatakan bahwa transformasi digital penting di sektor UMKM, pertanian dan perikanan. Ini karena 67% pendapatan di Indonesia berasal dari UMKM, demikian juga lapangan kerja yang disediakan UMKM. Jadi penting untuk dapat memastikan UMKM bisa naik kelas. Transformasi digital penting untuk membangun fondasi yang kuat agar bisa bersaing di tingkat global. Pada sektor pertanian dan perikanan, transformasi digital penting demi ketahanan pangan. Apalgi, perang yang terjadi di Ukraina turut berdampak pada mahalnya harga makanan. Kadin juga mencanangkan program untuk kewirausahaan demi mencetak wirausaha yang berkompetensi.

Share:

Artikel Terkini