PB ESI Gandeng Industri TIK Dukung Indonesia Berlaga di SEA Games PB ESI Gandeng Industri TIK Dukung Indonesia Berlaga di SEA Games ~ Teknogav.com

PB ESI Gandeng Industri TIK Dukung Indonesia Berlaga di SEA Games

Teknogav.com – SEA Games ke-32 akan digelar di Kamboja pada Mei 2023. Tim Indonesia tentu saja akan ikut serta dalam ajang olahraga bergengsi ini. Tentunya dalam mengikuti kompetisi olahraga, diperlukan persiapan yang matang dan menyeluruh. Pada kompetisi esports, komponen yang dibutuhkan mencakup infrastruktur teknologi yang andal dan mumpuni. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) berkolaborasi dengan para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kolaborasi antara PB ESI dan pelaku industri TIK dilakukan untuk mendukung program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). Beberapa pelaku industri tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Penyedia laptop dan gawai, Agress.id
  • Penyedia solusi jaringan dan internet, Aruba Instant On
  • Produsen perangkat elektronik, Lenovo

Baca juga: PB ESI dan Anantarupa Studios Berkomitmen Dukung Pertumbuhan Perdagangan 4.0 

PB ESI juga menyelengarakan sesi media talk yang ditelar di The Belleza Suites, Permata Hijau, Jakarta. Seluruh ekosistem esports memberikan perhatian pada perkembangan esports sebagai olahraga prestasi dan industri yang bernilai ekonomi tinggi. Pemerintah dan industri TIK pun turut menjadi bagian dari ekosistem tersebut. Beberapa narasumber pada media talk tersebut aalah sebagai berikut:

  • Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  • Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian PB ESI
  • Christian Suryadi, Wakil Ketua Badan Tim Nasional SEA Games ke-32 Kamboja 2023
  • Andreas, Head of Sales Division Agres.id
  • Robert Suryakusuma, Country Manager HPE Aruba Networking Indonesia
  • Hendry Lim, Consumer 4P and T1 Manager Lenovo

Baca juga: Delegasi Indonesia Paparkan Potensi Esports di IESF World Esports Summit 2022 

Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian PB ESI mengungkapkan bahwa perkembangan esports tak lepas dari kolaborasi dengan seluruh ekosistem dan lintas industri. Tantangan industri yang kompleks dan multi-aspek dapat dihadapi dengan infrastruktur TIK. Serangkaian infrastruktur tersebut mencakup perangkat yang layak, teknologi jaringan, keamanan siber, analitik data dan berbagai solusi-solusi cerdas lain.

Kebutuhan infrastruktur TIK tersebut membuka peluang kerja sama dengan sektor swasta. PB ESI berkomitmen menyediakan infrastruktur TIK terbaik dalam menjalankan kegiatan Pelatnas.  Upaya tersebut dilakukan demi mencapai hasil maksimal di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Baca juga: Akademi Esports Garudaku Bidik Dunia Pendidikan untuk Dukung Profesi-profesi Esports 

“Terima kasih kepada Agres.id, HPE Aruba Networking Indonesia, dan Lenovo yang telah membantu menyukseskan kegiatan Pelatnas SEA Games ke-32 Kamboja 2023. Kami sangat memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Kami pun mengajak setiap pelaku industri TIK untuk turut mendukung keberlangsungan serta keberhasilan esports Indonesia dengan beragam solusi termutakhir,” ucap Bambang Sunarwibowo.

Kolaborasi dengan PB ESI pun disambut baik oleh Agres.id. Kehadiran distributor laptop, smartphone, serta berbagai perangkat elektronik yang bisa diakses online dan bersegmen gaming dapat memudahkan akses ke esports. Hal ini akan memperluas peluang bagi calon-calon atlet esports masa depan, karena esports sendiri relatif mudah diakses.

“Naiknya permintaan perangkat-perangkat elektronik yang dapat menunjang kegiatan gaming dari kalangan pehobi hingga profesional merupakan sinyal positif masa depan esports. Agres.id mendukung pertumbuhan esports secara berkelanjutan di Indonesia melalui bisnisnya, khususnya menghadapi SEA Games ke-32 Kamboja 2023 dalam waktu dekat,” ucap Andreas, Head of Sales Division Agres.id.

Beban kerja gaming yang membutuhkan kinerja dan keandalan tinggi dapat ditangani dengan perangkat Aruba Instant On AP25. Perangkat tersebut merupakan pilihan optimal, khususnya saat berlangsung kegiatan Pelatnas. Fitur konektivitas yang mencakup fitur Wi-Fi 6 Certified™ dapat menyajikan koneksi Wi-Fi lebih cepat, kapasitas lebih besar dan mengurangi latensi. Tentunya kemampuan-kemampuan tersebut memberikan pengalaman Wi-Fi yang lebih baik. Hal ini juga tak lepas dari dukungan bandwidth 160 MHz dan empat spatial streams (4SS).

Optimisme terhadap prestasi Indonesia di SEA Games ke-32 Kamboja juga ditunjukkan Hendry Lim, Consumer 4P and T1 Manager Lenovo. Penyelenggaraan kegiatan Pelatnas dari awal didukung Lenovo melalui Lenovo Legion yang merupakan perangkat gaming tercanggih.

“Kami mengucapkan salam sukses dan selamat bertanding kepada tim nasional esports Indonesia,” ucap Hendry Lim.

Share:

Artikel Terkini