Berhasil Rampungkan Integrasi Jaringan 100%, Indosat Siap Antisipasi Trafik Lebaran Berhasil Rampungkan Integrasi Jaringan 100%, Indosat Siap Antisipasi Trafik Lebaran ~ Teknogav.com

Berhasil Rampungkan Integrasi Jaringan 100%, Indosat Siap Antisipasi Trafik Lebaran



Teknogav.com – Lebaran akan segera tiba, tradisi mudik pun dapat kembali dilakukan setelah dicabutnya pembatasan ruang gerak akibat pandemi. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) juga berusaha mendukung kelancaran kegiatan Ramadan dan perayaan lebaran dengan layanannya. Integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) telah berhasil dirampungkan Indosat 100%. Keberhasilan integrasi ini siap menyajikan pengalaman digital yang lebih baik di seluruh Indonesia.

Pengintegrasian jaringan menggunakan teknologi MOCIN dilakukan Indosat di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia dengan target satu tahun. Penyelesaian integrasi tersebut sesuai target yang rampung di Maret 2023. Keberhasilan pengintegrasian jaringan ini tak lepas dari dukungan para mitra, yaitu Ericsson, Huawei dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio. Dukungan juga diperoleh dari para mitra transmisi, core, menara infrastruktur, serat optik dan lain-lain.

Baca juga: Huawei Dukung XL Axiata Tingkatkan Jaringan Demi Lancarkan Trafik Telekomunikasi

Hasil integrasi jaringan adalah jangkauan yang lebih luas bagi pelanggan Indosat, baik IM3 dan Tri. Peningkatan jangkauan dilakukan pada 412 kabupaten dan tambahan jangkauan baru di 101 kabupaten. Jangkauan tersebut mencakup tambahan lebih dari 700 kecamatan. Kualitas layanan dalam ruangan pun meningkat yang bisa menjangkau tambahan 32% populasi. Kecepatan koneksi daat juga lebih cepat sampai dua kali lipat. Penurunan latensi juga menyajikan peningkatan pengalaman sampai 20% untuk layanan utama yang mencakup video streaming dan gaming.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison

“Pengalaman pelanggan merupakan inti dari segala hal yang kami lakukan di Indosat. Seiring selesainya integrasi sites, kedua brand kini dapat memaksimalkan spektrum frekuensi yang ada untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada seluruh pelanggan. Terlebih di momen Lebaran yang sebentar lagi dirasakan. Kami memastikan bahwa Indosat telah siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layanan yang maksimal,” ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga: Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Saat Liburan Lebaran

Indosat memperkirakan selama periode libur lebaran akan terjadi peningkatan trafik data tertinggi sekitar 20% dibandingkan hari biasa. Peningkatan tersebut terjadi akibat penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti Facebook, Instagram, TikTok, WhatsApp dan YouTube yang makin tinggi. Dalam mengantisipasi peningkatan tersebut, Indosat akan menambah kapasitas data lebih dari 30% demi melayani lonjakan trafik data harian. Upaya tersebut demi mewujudkan komitmen Indosat dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut lebaran.. Sementara itu trafik SMS diperkirakan akan naik 51%.

Optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat yang tersebar di Indonesia dilakukan di Indosat. Pusat-pusat keramaian tersebut termasuk daerah tujuan wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan. Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan di beberapa jalur mudik untuk mengantisipasi mobilitas pelanggan. Optimalisasi tersebut dilakukan di beberapa jalur mudik berikut ini:

  • 9 jalur kereta
  • 17 jalan tol, termasuk tol Jakarta-Surabaya
  • 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura

Antisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi dilakukan di wilayah Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan pengalaman di periode Ramadan dan lebaran tahun 2022. Lima kota yang diprediksi mengalami pergerakan trafik tertinggi adalah Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Serang dan Metro-Kota Bumi.

Baca juga: Smartfren Tetap Lancar Layani Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran 2022

Tiga hari menjelang lebaran, Indosat juga akan mengaktifkan command center fisik untuk memperkuat komitmen menyajikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik. Command center fisik tersebut didukung lebih dari 2.000 petugas teknis yang siaga setiap saat. Ketersediaan dan kualitas jaringan nasional juga akan dipantau tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC). Pemantauan tersebut akan dilakukan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dukungan untuk mengatasi kendala yang muncul selama liburan juga diberikan melalui berbagai kanal layanan pelanggan.

“Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih untuk dukungan para mitra strategis serta kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan para pelanggan. Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Pengalaman digital pelanggan yang semakin baik akan membuka berbagai potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan,” ucap Vikram.

Share:

Artikel Terkini