Smartfren Tetap Lancar Layani Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran 2022 Smartfren Tetap Lancar Layani Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran 2022 ~ Teknogav.com

Smartfren Tetap Lancar Layani Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran 2022

Teknogav.com – Peningkatan trafik layanan Smartfren selama Ramadan dan lebaran berhasil ditangani oleh Smartfren berkat peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan. Upaya peningkatan kualitas jaringan tersebut dilakukan Smartfren dengan memperluas jangkauan dan pengoptimalan jaringan. Berkat upaya tersebut, seluruh aspek jaringan siap mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi di saat Ramadan.

Peningkatan Trafik Internet

Lonjakan trafik internet selama momen mudik dan lebaran sampai 10% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan layanan SMS dan voice pun mengalami kenaikan, masing-masing 8% dan 25%. Pemicu lonjakan trafik internet adalah naiknya kebutuhan internet untuk mengakses video streaming, musik sampai media sosial. 

Rata-rata kenaikan tersebut dipicu meningkatnya kebutuhan internet untuk mengakses streaming video, mendengarkan musik dan menggunakan media sosial. Kenaikan trafik internet rata-rata tersebut sampai lebih dari 10%. Aplikasi TikTok dan WhatsApp banyak digunakan pelanggan Smartfren selama masa mudik dan lebaran. Kenaikan trafik aplikasi TikTok mencapai 18% dan WhatsApp 13%.

Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan dan Coverage

Kenaikan trafik tersebut terutama terjadi di Jawa Tengah (18%), Jawa Barat (10%) dan Jawa Timur (6%). Beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur bahkan mengalami kenaikan sampai di atas 60%. Kenaikan trafik tersebut dipicu kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan dan lokasi tujuan mudik.

“Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman. Kenaikan trafik internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren. Mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik,” ucap Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Baca juga: Smartfren Perluas Jangkauan Nasional demi Tingkatkan Kualitas Jaringan

Penanganan Kebutuhan Jaringan Telekomunikasi

Jaringan telekomunikasi Smartfren dirancang full redundant dan memiliki teknologi switch over. Desain dan teknologi jaringan Smartfren tersebut memungkinkan untuk cepat menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan kapasitas. Teknologi switch over juga dapat mempercepat penanganan jaringan sehingga dapat mengatasi gangguan kurang dari satu jam. 

Serangkaian antisipasi yang dilakukan Smartfren berhasil mengurangi jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan sampai 60% selama periode lebaran. Selain itu juga tak ada Incident Critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan.

Promo Smartfren

Pada bulan Ramadan, Smartfren pun menghadirkan sejumlah produk yang meningkatkan kenyamanan menggunakan internet. Smartfren menghadirkan promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang dapat ditambahkan pada paket Unlimited Harian dan Unlimited Nonstop. Add-on Unlimited Malam Full-Speed ini dibanderol Rp5.000 untuk 7 hari dan Rp10.000 untuk 28 hari. Selama periode waktu tersebut, Add-on Unlimited Malam Full-Speed aktif setiap pukul 01.00 sampai 05.00 WIB.

Baca juga: Sambut Ramadan, Smartfren Tawarkan Benefit Tambahan Paket Unlimited

Smartfren juga menghadirkan program Smartfren WOW Treasure Hunt yang berlangsung sampai 31 Desember 2022. Program tersebut menawarkan hadiah langsung berupa kuota data sampai 24 GB hanya dengan membeli pulsa atau paket data. Hadiah menarik ini dapat diperoleh dengan bertualang menjelajah Indonesia melalui aplikasi MySmartfren. Setiap transaksi minimal Rp300 ribu pun tersedia kesempatan untuk mengikuti lucky draw dengan membuka peti untuk mendapat hadiah. Berbagai hadiah yang tersedia mencakup Honda BRV, emas 50 gram, tabungan Rp100 juta, iPhone 13 Pro Max dan lain-lain.

Share:

Artikel Terkini