Phishing Aset Kripto Meningkat 40% selama Tahun 2022 Phishing Aset Kripto Meningkat 40% selama Tahun 2022 ~ Teknogav.com

Phishing Aset Kripto Meningkat 40% selama Tahun 2022

Image by Sulayman Sanyang from Pixabay

Teknogav.com - Jumlah serangan phishing terkait aset kripto pada tahun 2022 yang berhasil dicegah sistem anti-phishing Kaspersky meningkat 40% dibandingkan tahun sebelumnya.  Serangan yang berhasil dihentikan tersebut jumlahnya mencapai 5.040.520, sedangkan pada tahun 2021 jumlahnya 3.596.437. 

 Berbagai temuan lain juga telah dituangkan Kaspersky dalam laporan terkini mengenai ancaman keuangan. Temuan tersebut termasuk penurunan jumlah deteksi ancaman pada keuangan tradisional seperti serangan ke PC perbankan dan malware di smartphone. Terjadi perubahan lanskap ancaman keuangan yang signifikan di tahun 2022. Penjahat siber mengalihkan perhatian mereka ke ranah baru, yang mencakup aset kripto. 

Phishing aset kripto meningkat signifikan pada tahun 2022 dan dikelompokkan di kategori berbeda. Peningkatan phishing kripto ini sebagian bisa dijelaskan dengan anjloknya pasar kripto di tahun 2022. Perkembangan tren ini tentu saja tergantung pada kepercayaan pengguna pada aset kripto. Data ini berkaitan dengan pengalaman pengguna terhadap ancaman aset kripto yang dieksplorasi Kaspersky awal tahun 2023. Dampak phishing aset kripto dialami sekitar 14,3% dari total responden yang disurvei. 

Baca juga:  Tips Mining Bitcoin dengan Aplikasi CryptoTab Browser

Contoh skema penipuan kripto aktif pada Februari 2023

Teknik tradisional diterapkan pada sebagian besar penipuan tersebut, termasuk penipuan giveaway dan phishing dompet palsu. Kaspersky mengungkap bahwa skema penipuan aktif baru-baru ini terus menemukan teknik baru demi menjamin keberhasilan jurus tersebut. 

Salah satu teknik adalah dengan mengirim email berisi file PDF dalam bahasa Inggris. Isi email tersebut menjelaskan bahwa penerima email telah  di platform penambangan awan aset kripto. Sebagai penambang, mereka harus menarik aset kripto mereka karena akun sudah tak aktif. 

File PDF yang dikirim melalui email tersebut berisi tautan ke platform penambangan aset kripto palsu. Korban harus mengisi formulir dengan informasi pribadi, kartu kredit atau nomor rekening dan membayar komisi melalui alamat dompet kripto yang sudah ditentukan. 

Baca juga: Gairahkan Minat Investasi Aset Kripto, Tokocrypto Tawarkan Komisi Sampai 50%

“Terlepas dari beberapa masalah yang terjadi di pasar aset kripto selama enam bulan terakhir, masih banyak orang berpikir bahwa kripto merupakan simbol untuk memperoleh kekayaan secara cepat dengan usaha minimal. Hal ini membuat para penipu yang memanfaatkan topik ini tidak pernah berhenti. Penipu terus membuat skenario baru dan lebih menarik untuk memikat korban ke dalam jaringan mereka," ucap Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

Kaspersky mengamati 64.080 phishing kripto di Asia Tenggara pada tahun 2022. Jumlah tersebut menurun 15% dibandingkan tahun 2021. Penurunan phishing kripto tersebut paling banyak terjadi di Singapura (-74%), Thailand (-51%) dan Vietnam (-15%). Sayangnya phishing kripto justru meningkat drastis di Filipina yaitu 170%.Peningkatan tersebut diikuti oleh Indonesia 26% dan Malaysia 4%.

“Asia Tenggara adalah rumah bagi beragam negara dan terus memimpin secara global dalam hal adopsi aset kripto. Dengan pemain play-to-earn yang sangat aktif ditambah penggunaan aset kripto di negara-negara dengan pekerja luar negeri yang tinggi, kami dapat melihat lebih banyak pengadopsi di wilayah ini. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan pola pikir yang mengutamakan perlindungan terhadap serangan yang terkait dengan teknologi bermanfaat ini,” ucap Chris Connell, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

Baca juga: Spam di Media Sosial Populer Curi Aset Kripto Pengguna

Tips Memaksimalkan Manfaat Aset Kripto dengan Aman

Kaspersky memberikan beberapa tips berikut ini agar dapat memanfaatkan aset kripto dengan aman:

  • Waspada terhadap penipuan phishing yang menggunakan email dan situs palsu untuk mengelabui orang memasukkan kredensial. Sebelum mengklik, periksa ulang tautan situs web dan jangan sembarang memasukkan data. 
  • Jangan bagikan kata sandi dan data pribadi yang dapat digunakan untuk membuka kunci akses ke dompet kripto kita. Jaga kerahasiaan dan jangan pernah berbagi dengan siapa pun. 
  • Edukasi diri agar terus mendapat informasi terkini mengenai ancaman siber terkini dan praktik terbaik untuk menjaga keamanan aset kripto. Makin mendalam pengetahuan mengenai perlindungan diri, maka akan makin baik persenjataan untuk mencegah serangan siber. 
  • Lakukan penelitian sebelum melakukan investasi di segala aset kripto. Pelajari proyek dan tim di belakangnya secara menyeluruh. Periksa situs web proyek, regulasi dan kanal media sosial untik memastikan keabsahan proyek tersebut.  
  • Pakai solusi keamanan: solusi keamanan yang andal akan melindungi perangkat dari berbagai jenis ancaman. Kaspersky Premium mencegah semua penipuan aset kripto yang dikenal dan tidak dikenal, serta penggunaan pemrosesan komputer secara tidak sah untuk menambang aset kripto.

Demikianlah beberapa temuan-temuan dalam laporan terkini Kaspersky dan tips untuk senantiasa aman menggunakan aset kripto. 

Share:

Artikel Terkini