Akademi Esports Garudaku Bidik Dunia Pendidikan untuk Dukung Profesi-profesi Esports Akademi Esports Garudaku Bidik Dunia Pendidikan untuk Dukung Profesi-profesi Esports ~ Teknogav.com

Akademi Esports Garudaku Bidik Dunia Pendidikan untuk Dukung Profesi-profesi Esports

Teknogav.com – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) resmi menghadirkan Akademi Esports Garudaku yang diperkenalkan pada Kamis, 24 Maret 2022. Akademi ini siap mencetak atlet, pelatih dan talenta-talenta esports Indonesia berprestasi dan berkarakter lainnya. Target utama dari akademi esports ini adalah dunia pendidikan.

Konsep pembinaan, pembelajaran dan pelatihan termasuk keterampilan teknis dan nonteknis atau soft skill diusung oleh Akademi Esports Garudaku. Para akademisi dan praktisi dari berbagai bidang dilibatkan akademi ini sebagai pengajar dan penyusun silabus serta materi pembelajaran dan pelatihan. Beberapa bidang tersebut mencakup esports, psikologi, public speaking, personal branding, kesehatan dan nutrisi, kebugaran fisik dan hukum. Upaya ini dilakukan demi mendukung ekosistem esports tanah air.

Baca juga: Koleksi MetaGaruda Hadir dalam TokoSurprise yang Merupakan Fitur Terkini TokoMall

Akademi Esports Garudaku

Akademi Esports Garudaku dirancang sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang menyajikan materi pembelajaran dan pelatihan menyeluruh di sekolah menengah dan kampus-kampus. Wadah ini juga diharapkan dapat mendukung prestasi dan membangun karir para pelajar sekolah dan mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi di masa depan. Pengembangan potensi diri sebagai atlet, caster atau analis pertandingan dapat dilakukan di Akademi Esports Garudaku. Selain itu tersedia juga program sertifikasi untuk mendapatkan lisensi sebagai pelatih ekstrakurikuler Akademi Esports Garudaku.

Baca juga:  Perkuat Ekosistem Gaming, Telkomsel Gelar Dunia Games Festival 2021

Andrew Tobias, Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PBESI menjelaskan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari  Akademi Esports Garudaku. Berbagai tantangan yang berkaitan dengan pembangunan ekosistem esports dapat dihadapi oleh program strategis Akademi Esports Garudaku. Program ini akan mencetak profesi-profesi yang berprestasi, berkarakter dan berintegritas. Indonesia membutuhkan talenta-talenta berketerampilan teknis tinggi dan berintegritas untuk bisa konsisten berprestasi secara internasional. Selain itu dibutuhkan juga talenta-talenta cerdas, berjiwa kepemimpinan, memiliki daya analitik dan fisik prima, siap bekerja sama, dan bermental tangguh.

“Akademi Esports Garudaku akan menjadi salah satu kontributor penting bagi PBESI terutama terkait misi pembinaan atlet usia dini. Hal ini sesuai yang tertuang pada desain besar organisasi.
Untuk itulah kami memerlukan program seperti Akademi Esports Garudaku dan membutuhkan keterlibatan serta dukungan penuh dari dunia pendidikan,” ucap Andrew. 

Baca juga: Garena Gelar Serangkaian Turnamen Free Fire demi Perbanyak Talenta Esports

Robertus Aditya Pratomo Putro, S.Sos, M.H., M.Ikom., C.Ht, Kepala Program Akademi Esports Garudaku pun menanggapi harapan PBESI. Beliau mengungkapkan bahwa Akademi Esports Garudaku memiliki misi untuk mendukung proses regenerasi atlet esports Indonesia dari dunia pendidikan. Selain itu menurutnya akademi ini juga memiliki misi untuk memperkenalkan besarnya potensi karir dan industri digital kepada dunia pendidikan. Misi akademi ini juga untuk menjembatani dunia pendidikan dengan esports sambil membangun wawasan esports di kalangan dunia pendidikan. 

Para siswa-siswi yang ikut serta program ini akan mengikuti kelas berdurasi 90 menit secara rutin seminggu sekali. Materi tersebut tersedia di platform www.garudaku.com yang mencakup 20% soft skill, 30% teori esports dan 50% praktik esports. Akademi Esports Garudaku juga akan menyediakan rapor bulanan yang berisi evaluasi perkembangan siswa.

“Peserta Ekskul Akademi Esports Garudaku berpotensi untuk dilirik PBESI menjadi atlet nasional. Secara berkala mereka akan mengikuti uji tanding, class meeting, dan berkesempatan mengikuti turnamen bergengsi Piala Pelajar,” ucap Robertus. 

Antusiasme Dunia Pendidikan dan Ekosistem Esports Tanah Air

Sambutan positif atas kehadiran Akademi Esports Garudaku disampaikan oleh Ajeng Raviando, pakar psikologi. Ajeng mengungkapkan bahwa di era digital ini, para pelaku industri esports yang mencakup atlet, caster, analis pertandingan adalah figur-figur panutan kalangan seusianya.

Ajeng Raviando, pakar psikologi

“Tak dimungkiri, salah satu tantangan yang perlu mendapatk Ajeng Raviando, pakar psikologi Ajeng Raviando, pakar psikologian perhatian adalah karakter dan perilaku. Kolaborasi Akademi Esports Garudaku dan dunia pendidikan membangun optimisme akan lahirnya talenta-talenta berbakat, cerdas, dan berkarakter terpuji dari dunia esports. Mereka pun dapat menjadi role model dan inspirasi positif bagi lingkungannya,” ucap Ajeng.

Gary Anderson, perwakilan dari sekolah Marie Joseph Jakarta pun memberika respons positif. Menurutnya Akademi Esports Garudaku mampu mengembangkan berbagai hal positif bagi pelajar dan mahasiswa, yaitu sebagai berikut:

  • Jiwa kepemipinan
  • Memacu semangat bersaing dan sportivitas
  • Mempertajam kemampuan dalam membangun strategi dan analitik
  • Belajar bekerja sama
  • Pengembangan bakat dan aktualisasi siswa-siswi
  • Membangun visi karir masa depan
  • Kehadiran Akademi Esports Garudaku juga selaras dengan konsep dan kebijakan Merdeka Belajar
Debora Imanuellay, Senior Vice President menggunakan motor

“Dari perspektif industri dan ekosistem esports, Indonesia sangat membutuhkan talenta-talenta yang mampu mengembangkan esports. Pengembangan esports tersebut sebagai sebagai bidang yang makin menarik dan punya potensi ekonomi serta pemberdayaan ekosistem yang tinggi. Esports tidak hanya perlu atlet, namun juga entertainer, event organizer, pengelola dengan kemampuan manajerial yang baik, hingga komunitas-komunitas yang kontributif. Kami berharap kehadiran Akademi Esports Garudaku akan turut menjawab kebutuhan tersebut,” ucap Debora Imanuella, Senior Vice President UniPin,

Share:

Artikel Terkini