Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame, Desain Ringkas dan Ringan Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame, Desain Ringkas dan Ringan ~ Teknogav.com

Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame, Desain Ringkas dan Ringan


Teknogav.com – Canon melalui PT Datascrip resmi menghadirkan Canon EOS R8, kamera mirrorless full-frame untuk menghasilkan karya foto dan video yang berkualitas. Kamera ini juga mudah dibawa-bawa karena dibekali desain yang ringkas dan ringan, sehingga produksi bisa dilakukan di mana saja.
Bobot kamera ini hanya sekitar 461 gram, atau kurang dari setengah kilogram, menjadikannya kamera full-frame EOS seri R Canon teringan. Fitur dan teknologi terkini, seprti Dual Pixel AF II yang cepat dan akurat telah hadir di kamera ini. Foto dan video yang dihasilkan pun berkualitas tinggi layaknya profesional berket kecepatan continuous shooting sampai 40 fps.

“Kamera dengan ukuran sensor yang besar terkadang membuat bodi kamera menjadi tidak ringkas. Namun, EOS R8 memungkinkan para profesional memanfaatkan kualitas full-frame dengan perangkat kamera yang ringkas dan ringan. Mereka pun lebih leluasa mengambil gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari,” ucap Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Baca juga: Fitur-fitur Unggulan Kamera Mirrorless Full-Frame Canon EOS R5 dan EOS R6 

(kiri-kanan): Aldo Sinarta, Professional Photographer; Danni Nahason, Assistant Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip; Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip; Syailendra Kamdani, Head Of Marketing Canon Business Unit PT Datascrip; dan Jibril Fitra Erlangga, Professional Videographer

Kreativitas lebih bisa dihasilkan para profesional dengan kamera full-frame. Berbagai kreativitas tersebut termasuk efek bokeh yang mengesankan dengan depth of field yang lebih dangkal. Lensa sudut lebar pada kamera juga bisa memaksimalkan pengambilan gambar. Gambar yang dihasilkan bahkan minim noise saat ISO tinggi. 

Perpaduan sensor gambar CMOS full-frame 24,2 MP dan prosesor DIGIC X EOS R8 memungkinkan pengambilan gambar beruntun berkecepatan tinggi. Pada mode Electronic Shutter kecepetan pengambilan gambar tersebut sampai 40 fps. 

Sensor CMOS full-frame ini juga dapat merekam video 4K UHD tanpa cropping (oversampled dari 6K) berkualitas tinggi sampai 60 p. Peredaman panas pada kamera juga memungkinkan waktu perekaman tak terbatas saat pengambilan gambar sampai 4K 30 p. 

Baca juga: Canon EOS R7 & R10 Kamera Mirrorless APS-C yang Tangguh 

EOS R8 dapat melakukan perekaman normal 8-bit dan opsi perekaman rentang dinamis tinggi 4:2:2 10 bit. Rentang dinamis tinggi dan warna yang indah dapat disajikan HDR PQ. Keleluasaan dalam alur kerja pasca-produksi juga ditawarkan Canon Log 3 untuk pengolahan warna lebih profesional. 

Pengambilan gambar Full HD sampaii 180 fps (180 p) juga didukung EOS R8. Kemampuan ini memungkinkan perekaman video gerak lambat yang mulus. Gerakan video bisa 6 kali lebih lambat ketika diputar ulang pada 30 p. 
 


Biasanya perekaman dengan metode handhels atau tanpa tripod bisa membuat hasil gambar shaking. Hal ini diatasi EOS R8 dengan fitur Movie Digital IS yang dapat mengoreksi gambar. Selama perekaman video fitur ini dapat mengoreksi kemiringan stabilisasi gambar 5 sumbu. Gambar yang dihasilkan pun lebih stabil, bahkan ketika memakai lensa tanpa Optical IS. Ketika dipadukan dengan lensa yang memiliki Optical IS, maka kedua sistem berkoordinasi mengendalikan untuk menghasilkan gambar lebih stabil. 

Baca juga: Kamera Mirrorless Canon EOS R50 Permudah Bikin Konten Berkualitas  

Kecepatan dan akurasi Auto Focus (AF) merupakan ciri khas sistem Dual Pixel CMOS AF II di kamera Canon.  Sistem AF di EOS R8 juga sudah dibekali teknologi cerdas EOS iTR AFX. Teknologi ini bisa mendeteksi dan melacak wajah, mata dan tubuh pada manusia dan hewan (anjing, kucing dan burung). Selain itu, pendeteksian juga bisa dilakukan pada kendaraan, termasuk mobil dan sepeda motor, serta identifikasi subjek lain. Penguncian subjek juga bisa dilakukan menggunakan karakteristik warna, bentuk, kecerahan dan lain-lain. 

Ketika pencahayaan kurang, pengambilan gambar didukung kepekaan ISO sampai 102.400 untuk pemotretan dengan rentang kecerahan fokus sampai EV - 6,5. Sedangkan pada perekaman video dengan kecerahan fokus sampai EV - 4 didukung kepekaan ISO sampai 25.600.

Fitur Kamera Sinema Profesional 

Beberapa fitur pada kamera sinema Canon juga hadir pada EOS R8 ini, yaitu sebagai berikut:

  • Focus Breathing Correction yang berfungsi mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan saat transisi fokus. Fitur ini bisa lebih mengendalikan transisi fokus uang sangat penting untuk ekspresi subjek.
  • False Colour s and Zebras yang memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan yang tak mendukung. 
  • Aspect Marker Display untuk membingkai rasio video sesuai kebutuhan. Contohnya untuk kebutuhan media sosial yang menggunakan dimensi 1:1, 16:9 dan sebagainya.
  • UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class) yang berfungsi untuk transmisi langsung ke PC. Audio dan video dapat ditransmisikan langsung ke PC melalui koneksi USB sehingga cocok untuk live streaming 

Multi-Function Shoe dan tampilan antarmuka digital juga sudah tersedia pada kamera EOS R8 ini. Menu antarmuka menampilkan pengaturan nirkabel dengan aksesori yang kompatibel, contohnya mikrofon ekaternal. 

Pengoperasian kamera juga didukung LCD layar sentuh vari-angle berukuran 3 inci dan memiliki 1,62 juta titik. Titik AF, AF sentuh, rana sentuh, pemilihan menu, pengendalian cepat, zoom dan lain-lain bisa dilakukan dari kayar tersebut. Konektivitas pada kamera ini pun cukup lengkap sehingga memudahkan transfer data dan pengendalian jarak jauh  dengan aplikasi Camera Connect. Beberapa konektivitas tersebut mencakup port USB tipe-C, Bluetooth dan Wi-Fi. 

Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM

Canon juga menghadirkan lensa zoom RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM dengan mounting RF paling ringan. Bobot lensa ini hanya 210 gram, ketika ditarik panjangnya 5,8 cm. Jangkauan lensa ini mencapai tampilan sudut lebar sanpai standar pada kamera full-frame. Fleksibilitas komposisi pada lensa ini membedakannya dari lensa dengan panjang focal yang sama. 

Stabilisasi gambar sampai 7,0 stop juga bisa dicapai berkat Optical IS 4,5 Stop. Hasil tersebut bisa diperoleh melalui Coordinated Control IS ketika dipasang pada kamera sistem EOS R yang dilengkapi dengan In-Body IS. 

Harga dan Layanan Purna Jual

PT Datascrip menjual kamera mirrorless Canon EOS R8 dalam beebrapa paket penjualan. Berikut ini adalah harga dari beberpa paket penjualan EOS R8 dan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp31.299.000
  • Canon EOS R8 RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp 35.799.000
  • Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp5.499.000

Selama 8-31 Mei 2023, tersedia promo launching yang menawarkan harga spesial sebagai berikut:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp25.999.000
  • Canon EOS R8 + Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp29.999.000

 Selain itu, tersedia juga bonus tambahan baterai LP-E17 untuk setiap pembelian kamera EOS R8. Seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R  System didukung garansi dua tahun. Jika terjadi kendala, maka bisa dibawa ke service center yang terdapat di kota-kota besar Indonesia. Layanan purna jual ini memberi kenyamanan dan keamanan lebih bagi pelanggan dalam menggunakan produk-produk Canon. 

Share:

Artikel Terkini