Kamera Mirrorless Canon EOS R50 Permudah Bikin Konten Berkualitas Kamera Mirrorless Canon EOS R50 Permudah Bikin Konten Berkualitas ~ Teknogav.com

Kamera Mirrorless Canon EOS R50 Permudah Bikin Konten Berkualitas


Teknogav.com – Canon melalui PT Datascrip menghadirkan kamera Canon EOS R50, yaitu kamera mirrorless APS-C dengan sistem R di Indonesia.  Kamera ini dapat memenuhi kebutuhan menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi untuk membuat konten foto dan video yang menarik. Istimewanya, kamera ini juga mudah dioperasikan dengan fitur otomatis sehingga dapat meningkatkan hasil kreativitas foto dan video. Semua kecanggihan fitur Canon EOS R50 tersebut dikemas dalam bodi yang tingkas dan ringan.

Kamera Mirrorless Canon EOS R50 memiliki desain ringkas

“EOS R50 ini meneruskan kamera EOS M50 Mark II yang sudah populer di kalangan anak muda sebagai kamera andalan yang ringkas dan mudah digunakan oleh konten kreator. EOS R50 sangat cocok para konten kreator pemula yang mencari kamera dengan harga terjangkau, tapi memiliki kualitas gambar tinggi dan banyak fitur untuk video atau fotografi,” ucap Danni Nahason, Assistant Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip.

Baca juga: Canon EOS M50 Mark II, Kamera Mirrorless Ringkas dengan Hasil Berkualitas

Kualitas Gambar Tajam dan Detail

Canon EOS R50 merupakan kamera mirrorless APS-C seri EOS pertama yang bisa merekam video 4K tanpa cropping (oversampled dari 6K). Kecepatan perekaman kamera tersebut sampai 30 frame per second (fps).  Oversampling pada kamera ini didukung algoritma yang sama dengan kamera Cinema EOS System yang menghasilkan kualitas gambar terlihat profesional.

Kamera ini menggunakan sensor CMOS APS-S dengan resolusi 24,2 MP yang menghasilkan gambar dan video lebih tajam dan detail. Ini karena sensor tersebut tiga kali lebih besar dibandingkan sensor 1 inci di smartphone terkini. Pada penggunaan ISO tinggi di kondisi pencahayaan kurang, noise yang dihasilkan pun lebih sedikit. Selain itu, tersedia juga efek bokeh yang terlihat indah dan alami.

Kecanggihan Sistem Auto Focus

Perekaman video Full HD sampai 60 fps dan rekaman slow-motion sampai 120 fps dapat dilakukan mengandalkan prosesor DIGIC X. Kamera ini dapat memotret dengan kecepatan 15 fps dengan shutter elektronik dan 12 fps dengan shutter mekanik dalam mode Servo AF. Pengambilan gambar bergerak berkecepatan tinggi pun jadi lebih leluasa dilakukan.

Kamera Canon terkenal akan kecepatan Auto Focus (AF) yang akurat berkat sistem Dual Pixel CMOS AF II. Sistem AF pada kamera EOS R50 ini mengandalkan EOS iTR AF X. Teknologi pintar tersebut mampu mendeteksi dan melacak wajah, mata dan tubuh manusia dan hewan (anjing, kucing dan burung), serta kendaraan. Mode Movie for Close-up Demo memungkinkan pengalihan fokus ke subjek terdekat dengan kamera secara otomatis dan cepat. Ketika membuat rekaman video review produk, pengaturan fokus mudah dilakukan dengan menunjuk produk yang di-review. Perubahan sudut pandang yang tak diinginkan selama transisi fokus pun dapat dikurangi oleh fitur Focus Breathing Correction.

fokus pada produk yang di-review mudah dilakukan kamera Canon EOS R50

Dua level Movie Image Stabilizer (IS), yaitu Enhance dan On memungkinkan gambar dan rekaman video tetap stabil. Kestabilan hasil tersebut dapat diperoleh walau perekaman dilakukan hanya dengan menggenggam kamera. Ini karena fitur tersebut mampu mengoreksi goyangan dari lima sumbu kamera. Hasilnya pun bisa lebih maksimal jika dipadankan dengan lensa RF yang didukung sistem IS.

Fitur-fitur Kreatif untuk Fotografi

Sejumlah fitur kreatif baru yang pintar pada EOS R50 memudahkan dalam melakukan pemotretan, bahakn bagi pemula. Berikut ini adalah beberapa fitur fotografi andalan terkini di EOS R50 yang dapat menghasilkan foto layaknya fotografer profesional:

  • Advanced A+ berfungsi untuk mendeteksi berbagai pemandangan yang sulit. Contohnya adalah pemandangan malam hari, makro, dan potret wajah dengan cahaya latar yang terang. Fitur ini dapat mengambil banyak gambar untuk digabungkan menjadi satu komposisi sempurna.
  • Creative Bracket yang otomatis menghasilkan beberapa versi bidikan dengan pengaturan kecerahan dan nada warna yang berbeda. Fitur ini cocok bagi yang senang bereksperimen dengan filter dan memilah warna gambar sesuai selera.
  • Subject blur guide yang mendukung berlatih teknik foto panning dan meningkatkan tingkat keberhasilan bidikan panning layaknya fotografer profesional.

Panel LCD dengan layar sentuh berukuran 3 inci juga membantu pengambilan gambar yang sulit. Layar ini memiliki 1,62 juta titik dan mode auto level yang otomatis memperbaiki kemiringan gambar. Konektivitas kamera pun cukup lengkap, termasuk port USB tipe-C, Bluetooth dan Wi-Fi. Ketersediaan pilihan konektivitas ini memudahkan transfer data, livestreaming dan pengendalian jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect. Penggunaannya pun mudah dilakukan secara plug and play tanpa harus menginstal driver tambahan.

Kamera Canon EOS R50 mudah dihubungkan dengan berbagai perangkat berkat dukungan koneksi yang lengkap

Baca juga: EOS Webcam Utility, Dukung Konferensi Video dengan Kamera Canon

Lensa RF-S55-210mm f/5-7 IS STM

Canon juga menghadirkan lensa telefoto RF-S55-210mm f/5-7 IS STM yang memiliki desain ringkas dan bobot ringan. Lensa yang memiliki sudut pandang setara full-frame antara 88 mm hingga 336 mm pun dibanderol dengan harga terjangkau. Kemampuan pemotretan clouse-up menggunakan lensa ini istimewa dengan pembesaran maksimum 0,28x pada focal-length 210 mm. Lensa ini juga mendukung pemotretan semi-makro pada jarak fokus terdekat 0,73 m.

Kestabilan gambar didukung image stabilization sampai 4,5 stop. Selain itu, tersedia juga Coordinated Control IS yang menyajikan kestabilan gambar sampai 7 stop jika dipasang pada kamera sistem EOS R yang didukung In-Body IS.

Harga dan Layanan Purna Jual

Kamera Canon EOS R50 dibanderol dengan harga resmi Rp14.599.000 (body only), dan harga spesial Rp11.999.000 selama periode 15-30 April 2023. Selain itu tersedia juga harga paket yang sudah disertai dengan lensa:

  • Canon EOS R50 RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp16.799.000, harga spesial Rp13.999 selama 15-30 April 2023
  • Canon EOS R50 (RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM & RF-S55-210mm f/5-7.1 IS STM): Rp21.299.000, harga spesial Rp17.999.000 selama 15-30 April 2023

Semantara itu, harga resmi yang dibanderol pada lensa RF-S55-210mm f/5-7.1 IS STM adalah Rp7.099.000.

Baca juga: Canon EOS M200, Kamera Mirrorless yang Praktis dan Terjangkau

Seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System dari Canon dijamin garansi 2 tahun. Jika terjadi kendala, produk bisa dibawa ke service center yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini