IBM Luncurkan Platform Watsonx untuk Dukung Bisnis dan Pengembang IBM Luncurkan Platform Watsonx untuk Dukung Bisnis dan Pengembang ~ Teknogav.com

IBM Luncurkan Platform Watsonx untuk Dukung Bisnis dan Pengembang


Teknogav.com – Kehadiran ChatGPT merupakan pencapaian dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) dan pemrosesan bahasa alami (natural language processing/NLP). Saat ini, ChatGPT menjadi teknologi transformatif yang sangat populer. Namun, teknologi ini mungkin bukan yang paling tepat bagi bisnis yang membutuhkan perpaduan keamanan, skalabilitas, akurasi, kepercayaan dan tata kelola. IBM pun menghadirkan alat generatif AI baru yang inovatif, aman dan memiliki skalablitas khusus untuk diterapkan dalam bisnis, yaitu Watsonx.

Kitman Cheung, Data & AI Technology Leader, IBM Asia Pacific
“Ketika membicarakan AI untuk bisnis, Anda tidak dapat menggantikan akurasi dan kepercayaan, karena keduanya sangat penting dalam menjalankan bisnis. Kami mencoba memecahkan masalah-masalah bisnis, sehingga penting bagi platform ini untuk membantu pelanggan kami mengimplementasikan model dengan cara yang akurat, dapat diskalakan, dan mudah beradaptasi. Kami merasa bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengimplementasikan Watsonx,” ucap Kitman Cheung, Data & AI Technology Leader, IBM Asia Pacific.

Berdasarkan data EDBI dan Kearney, pada tahun 2030 diperkirakan AI dapat meningkatkan PDB Asia Tenggara sampai USD1 triliun. Besarnya minat perusahaan dalam menjajaki penggunaan AI generatif pun ditunjukkan oleh hasil studi IBM IBV (Institute for Business Value). Hasil studi menunjukkan bahwa 41% profesional di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi mengaku perusahaan mereka sedang menjajaki penggunaan AI generatif. Sebanyak 27% di antaranya bahkan sudah menggunakannya.

Baca juga: Efektivitas ChatGPT dalam Mendeteksi Phishing Masih Terbatas

IBM menyakini bahwa kekuatan model dasar, secara khusus memicu organisasi dalam memasuki era baru AI untuk bisnis. Bisnis perlu AI yang akurat, terukur dan bisa beradaptasi, sehingga AI dituntut untuk memberikan hasil yang akurat dan bisa dipercaya. AI harus bisa dibangun dan ditingkatkan secara tepat di seluruh cloud, serta mudah diadaptasi ke skenario dan kasus penggunaan baru.

Kieran Hagan, Data, AI & Automation Principle Technical Leader, IBM ASEANZK

“AI berada pada titik momentum, dengan hadirnya AI generatif dan potensinya dalam berinteraksi dengan informasi sangat besar. Setelah COVID, kami di wilayah ASEAN telah mempercepat digitalisasi. Banyak infrastruktur kami lebih cepat dibandingkan dengan negara lainnya di dunia. Kami lebih siap untuk mengadopsi AI karena kenyamanan dan manfaat yang dapat dihasilkan,” ucap Kieran Hagan, Data, AI & Automation Principle Technical Leader, IBM ASEANZK.

Pengembangan Model Dasar

Model Dasar untuk mengubah cara bisnis operasi telah diatur dengan cepat. Persiapan model dasar dilakukan dengan melatih sejumlah besar data yang tidak berlabel sehingga dapat menghemat biaya. Setelah dilatih, model-model tersebut mudah disesuaikan ke dalam kasus-kasus dengan penurunan 10 sampai 100 kali data berlabel dibandingkan pendekatan sebelumnya. Hal ini mempersingkat waktu pembuatan nilai tambah dan meningkatkan produktivitas untuk tim data science.

peluang luas biasa di seputar data perusahaan

Platform AI dan data Watsonx menyediakan akses layanan mandiri bagi pengguna bisnis, ilmuwan data dan pengembang. Mereka dapat mengakses model dasar IBM yang berkualitas dan eksklusif. Ini adalah tempat kerja tunggal untuk membangun dan menyempurnakan pembelajaran mesin tradisional dan model dasar yang lebih baru. Pembelajaran tersebut pun dapat dilakukan dengan data sendiri secara aman.

Baca juga: HUAWEI CLOUD Tawarkan Model E3 untuk Percepat Pertumbuhan Industri Media

“Pengembangan model dasar, memungkinkan AI untuk bisnis dapat menjadi lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Model dasar membuat penerapan AI secara signifikan lebih terukur, terjangkau, dan efisien. Kami membangun IBM Watsonx untuk kebutuhan perusahaan, sehingga klien dapat menjadi pengguna, tetapi juga bisa lebih unggul dalam penggunaan AI. IBM Watsonx memungkinkan klien melatih dan menerapkan kemampuan AI khusus dengan cepat di seluruh bisnis mereka. Mereka dapat melakukannya dengan tetap memegang kendali penuh atas data mereka,” ucap Arvind Krishna, Chairman dan CEO IBM.

IBM memberikan tiga penawaran khusus Watsonx yang terdiri dari Watsonx.ai, Watsonx.data dan Watsonx.governance. Berikut ini adalah masing-masing solusi tersebut:

IBM Watsonx.ai

IBM Watsonx.ai merupakan studio perusahaan generasi masa depan untuk dimanfaatkan para pembangun AI. Mereka dapat melatih, menguji, menyetel, dan menerapkan kemampuan pembelajaran mesin tradisional dan kemampuan AI generatif baru yang didukung model dasar. Hal tersebut dapat dilakukan melalui antarmuka pengguna yang terbuka dan intuitif. Solusi ini akan tersedia secara umum pada Juli 2023, berikut ini adalah fitur-fitur IBM Watsonx.ai:

  • Berbagai model dasar, alat pelatihan dan penyetelan, serta infrastruktur hemat biaya yang memfasilitasi seluruh siklus data dan AI. Ketersediaan ini mulai dari persiapan data sampai pengembangan model, penerapan, dan pemantauan.
  • Perpustakaan model dasar yang menyediakan akses mudah ke model dasar yang telah dikurasi dan dilatih oleh IBM. Model dasar IBM menggunakan kumpulan data perusahaan yang besar dan telah dikurasi. Kumpulan data ini didukung proses penyaringan dan pembersihan yang kuat serta silsilah data yang dapat diaudit. Model ini dilatih dengan bahasa, serta berbagai modalitas, termasuk kode, data seri waktu, data tabular, data geospasial, dan data peristiwa TI. Serangkaian awal model dasar akan tersedia dalam pratinjau teknologi beta untuk klien tertentu. Contoh kategori model meliputi:
    • fm.code: Model yang dibangun untuk menghasilkan kode secara otomatis bagi para pengembang melalui antarmuka bahasa alami. Fungsi model ini untuk meningkatkan produktivitas pengembang dan memungkinkan otomatisasi banyak tugas TI.
    • fm.NLP: Kumpulan model bahasa besar (LLM) untuk domain khusus atau industri tertentu yang menggunakan data terkurasi, serta mudah dimitigasi dan disesuaikan cepat dengan data klien.
    • fm.geospatial: Model yang dibangun berdasarkan data iklim dan pengindraan jarak jauh. Organisasi dapat menggunakan model ini untuk memahami dan merencanakan perubahan pola bencana alam, keanekaragaman hayati, penggunaan lahan, dan proses geofisika lainnya yang dapat memengaruhi bisnis mereka.
  • Di bangun pada pustaka sumber terbuka Hugging Face sebagai hasil kolaborasi antara IBM dan Hugging Face. Ribuan model dan kumpulna data terbuka Hugging Face akan tersedia pada studio Watsonx.ai ini. Ini merupakan bagian dari komitmen IBM untuk memberikan pendekatan ekosistem terbuka bagi pelanggan. Para pelanggan pun dapat memanfaatkan model dan arsitektur terbaik untuk kebutuhan bisnis yang unik.
Baca juga: AWS Umumkan Enam Kapabilitas Baru Amazon SageMaker di AWS: reInvent
 
AI akan menjadi multi-model di multi-cloud

IBM watsonx.data

IBM watsonx.data adalah penyimpanan data sesuai kebutuhan yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka. Solusi ini dioptimalkan untuk beban kerja data dan AI yang diatur, didukung kueri, tata kelola, dan format data terbuka. Pelanggan dapat mengakses dan berbagi data dengan solusi ini. Rencananya, solusi ini tersedia secara umum pada bulan Juli 2023. Berikut ini adalah beberapa fitur andalan dari IBM watsonx.data:

  • mengelola beban kerja, baik di lokasi maupun di lingkungan multi-cloud.
  • Penghematan biaya gudang data sampai 50% dengan mengoptimalkan beban kerja
  • akses data yang makin kuat melalui satu titik masuk sambil menerapkan beberapa mesin penelusuran sesuai tujuan mengungkap wawasan yang berharga.
  • ketersediaan alat tata kelola bawaan, otomatisasi, dan integrasi dengan basis data dan alat yang sudah ada di organisasi. Hal ini dihadirkan untuk menyederhanakan pengaturan dan pengalaman pengguna.

IBM watsonx.governance

IBM watsonx.governance adalah perangkat tata kelola AI untuk memungkinkan alur kerja AI yang terpercaya. Rencananya, solusi akan tersedia secara umum pada akhir tahun 2023, berikut ini adalah beberapa fiturnya:

  • Mengoperasionalkan tata kelola untuk membantu mengurangi risiko, waktu, dan biaya yang berkaitan dengan proses manual. Solusi ini juga menyediakan dokumentasi yang diperlukan untuk mendorong hasil yang transparan dan dapat dijelaskan.
  • Mekanisme untuk melindungi privasi pelanggan, secara proaktif mendeteksi bias dan penyimpangan model, dan membantu organisasi memenuhi standar etika mereka.

Pentingnya Penggunaan AI bagi Bisnis

Selama beberapa dekade terakhis, AI mengalami kemajuan yang signifikan, tetapi AI tetap menantang untuk diukur dan dioperasikan. Model baru yang harus dirancang dan dibangun menggunakan data tertentu dibutuhkan untuk setiap kasus penggunaan baru. Beberapa perusahaan belum yakin cara mendapatkan manfaat dari AI dan kesulitan mengambil keputusan dengan volume data yang besar. Mereka mengkhawatirkan cara mengintegrasikan AI generatif dan model dasar secara etis dan aman dalam bisnis mereka.

Hasil survei IBM menunjukkan bahwa 30% dari para pemimpin bisnis mengaku memliki masalah kepercayaan dan trasnparansi. Sejumlah 42% di antaranya mengaku ada masalah privasi data yang menghalangi mereka untuk mengadopsi AI generatif. IBM menghadirkan Watsonx yagn menyediakan segala kebutuhan bisnis dalam satu tempat, perangkat, teknologi, infrastruktur dan konsultasi. Semua itu ditawarkan dengan kualitas yang dirancang untuk menjamin kepercayaan. Kemampuan platform ini memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan data sendiri dengan aman sesuai standar tata kelola.

Prediksinya, pada tahun 2030, AI akan membuka potensi sampai USD6 triliun. Ketika bisnis berlomba-lomba beradaptasi dengan AI, perlu diingat bahwa aplikasi AI untuk pelanggan dan bisnis berbeda. Perbedaan ini terutama dalam hal model dasar dan AI generatif. Saat ini bisnis membutuhkan akses ke rangkaian teknologi lengkap yang memungkinkan untuk melatih, menentukan, dan menerapkan AI di seluruh organisasi. Upaya ini harus dilakukan dengan data yang dapat dipercaya, kecepatan, dan tata kelola mereka sendiri. Semua dilakukan dalam satu tempat dan di seluruh lingkungan cloud.

Keandalan Watsonx Dibandingkan Platform Lain

Pelatihan dan pemeliharaan model AI yang berbeda dapat menjadi tantangan yang signifikan bagi bisnis. Watsonx menyediakan satu tempat untuk menggunakan alat canggih untuk memajukan pembelajaran mesin dan inisiatif AI generatif dalam skala besar. Bisnis dapat melatih, menyesuaikan dan menerapakan AI di seluruh bisnis dengan memanfaatkan berbagai alat yang berbeda. Semua dilakukan dengan data yang dapat dipercaya, cepat dan tata kelola yang baik. 

IBM telah memahami arah pasar AI dengan merancang peta jalan 10 tahun. Watsonx merupakan langkah besar untuk mewujudkan visi tersebut. Peningkatan diferensiasi yang bersaing dan nilai bisnis yang unik dapat dihasilkan dari kemudahan adaptasi model AI dengan data dan pengetahuan domain perusahaan yang unik.

Watsonx memungkinkan pelanggan IBM untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam lima bidang utama bisnis, yaitu sebagai berikut:

  • berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan dan karyawan
  • mengotomatiskan alur kerja bisnis dan proses internal
  • mengotomatiskan proses TI
  • melindungi dari ancaman
  • menangani tujuan-tujuan keberlanjutan.

IBM menempatkan model-model AI generatif yang canggih dan eksklusif bagi bisnis dengan Watsonx.ai. Foundation Model Library menawarkan model-model dasar IBM yang memadukan arsitektur dengan fokus yang ketat pada akuisisi data, asal-usul, dan kualitas. Semua kemampuan tersebut dirancang untuk dapat melayani kebutuhan perusahaan.




Share:

Artikel Terkini