HUAWEI CLOUD Tawarkan Model E3 untuk Percepat Pertumbuhan Industri Media HUAWEI CLOUD Tawarkan Model E3 untuk Percepat Pertumbuhan Industri Media ~ Teknogav.com

HUAWEI CLOUD Tawarkan Model E3 untuk Percepat Pertumbuhan Industri Media


Teknogav.com – Huawei CLOUD dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyelenggarakan Huawei Cloud Media & Entertainment CXO Summit pada pertengahan April 2023. Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara Huawei dan AMSI, serta dihadiri perwakilan dari beberapa media. HUAWEI CLOUD berbagi pengalaman global dan praktik-praktik pemanfaatan teknologi cloud untuk berinovasi, serta untuk pertumbuhan industri media dan hiburan.

Pemanfaatan teknologi cloud disampaikan HUAWEI CLOUD dari tiga aspek, termasuk efisiensi, pengalaman dan mobil bisnis. Pembaruan paa ketiga aspek tersebut diyakini mampu meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis secara signifikan.

Baca juga: Huawei Berbagi Pengetahuan tentang Teknologi Cloud kepada Anggota-anggota AMSI

Terbukanya Pasar-pasar Baru dengan Transformasi Cloud

Surat kabar modern diterbitkan pertama kali di Eropa pada awal abad ke-17. Film menjadi media seni pada tahun 1895, diawali dengan karya Asal Prancis, The Arrival of a Train. Perubahan demi perubahan dilewati industri media dan hiburan selama lebih dari seabad. Cetak beralih ke televisi, kemudian ke internet yang bisa diakses dengan komputer maupun gawai modern. Saat ini, industri media dan hiburan mengalami perubahan mendalam di awal era Internet 3D yang futuristik.

Kini makin banyak konten di berbagai jenis media yang bersaing rebutan trafik. Di saat yang sama, pengguna akhir atau end user menuntut pengalaman definisi sangat tinggi dengan latensi yang rendah. Pengalaman-pengalaman yang mencakup pengambilan gambar secara virtual, konten-konten yang dihasilkan AI (AIGC), metaverse dan virtual human pun terus menjamur. Pihak yang menguasai aspek-aspek tersebut dapat meraih pangsa pasar lebih besar, khususnya di industri media dan hiburan.

Transformasi cloud bisa merintis terobosan-terobosan dan pasar-pasar baru. Seleksi penyedia cloud dan layanan cloud yang tepat penting dilakukan agar bisa naik kelas dalam memperluas pasar. Langkah ini penting demi meraih produksi konten yang efisien dan berkualitas tinggi, memperluas dan mempercepat distribusi konten. Selalin itu juga untuk menyajikan layanan yang lebih inovatif dan menarik.

Model E3 dapat Percepat Pertumbuhan Industri Media

Huawei CLOUD menawarkan model E3 bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan mentransmisikan konten dan inovasi layanan di era internet 3D. Model E3 ini mencakup efisiensi baru, experience baru dan evolusi baru. Tujuan Model E3 adalah membantu pelaku industri media dan hiburan dalam mendukung proses pengambilan gambar, produksi video sampai distribusi konten. Keuntungan dari Model E3 adalah biaya yang lebih hemat dan efisiensi lebih tinggi berkat digitalisasi dan beralih ke cloud. Daya saing setiap pelaku industri juga bisa ditingkatkan masing-masing.

 

Baca juga: Huawei dan AMSI Berkolaborasi untuk Asah Kecakapan Digital Media Siber

Efisiensi Baru dalam Memproduksi Konten

Efek khusus menggunakan komputer mulai banyak terlihat digunakan di film bioskop dan tayangan televisi sejak tahun 1990an. Banyak film-film Hollywood yang menggunakan gambar-gambar sintetis buatan komputer untuk menampilkan nuansa realisme virtual bagi para penonton. Setelah tahun 2000, negara-negara di Asia Tenggara pun memasuki babak baru perfilman. Indonesia bahkan dapat memproduksi sekitar 100 karya setiap tahun.

Namun, kurangnya tenaga kerja lokal mengakibatkan hampir 90% pasca-produksi film-film Indonesia dilakukan di Hong Kong. Pengerjaan tersebut untuk memberi efek khusus, animasi sampai pewarnaan dan mixing audio. Kemampuan memproduksi film dari awal sampai akhir berperan penting dalam perkembangan industri media di Indonesia, khususnya dalam menggunakan metode-metode terkini.

HUAWEI CLOUD bersama para mitranya membangun MetaStudio untuk memfasilitasi pengembangan industri media di seluruh dunia. MetaStudio merupakan sarana produksi konten digital serba-ada yang tersedia sepenuhnya di cloud. Fitur-fitur pada MetaStudio ini mencakup komposisi, penyuntingan, pemodelan, binding, driving, hingga rendering. Semua mudah diakses hanya melalui satu klik, kemudian seluruh proses diautomasi menggunakan kecerdasan buatan atau AI. Salah satu teknologi paling menarik dari fitur-fitur di atas adalah layanan virtual human HUAWEI CLOUD.

Baca juga: Keandalan NVIDIA RTX Studio PC Dukung Kreativitas Kreator Tanpa Batas

Seiring maraknya konsep metaverse, maka makin banyak perusahaan teknologi dan hiburan yang menghadirkan persona-persona digital. Mereka ramai dikonsumsi melalui hiburan, televisi dan konten. Biaya produksi virtual human secara tradisional mencapai jutaan dolar dan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Virtual human ini juga memiliki kelemahan tersendiri bagi penonton, yaitu kurang berinteraksi dengan latar layaknya manusia.

Masalah tersebut diatasi HUAWEI CLOUD MetaStudio dengan virtual human rapid generation. Layanan ini dapat digunakan dengan cepat, hanya dengan mengunggah foto, kemudian sistem membuat model virtual human secara 3 dimensi. Pengaturan wajah dapat dipersonalisasi dalam waktu lima detik.

MetaStudio juga bisa memindai seseorang secara 360˚ untuk beban kerja yang lebih realistis dan membutuhkan sumber daya lebih besar. Pemindaian dilakukan dengan light cage, kemudian sistem akan merancang model sederhana secara geometris dalam 10 menit. Algoritme pembuatan tekstur yang didukung AI pun dapat melakukan pewarnaan dalam satu jam saja.

Di saat yang sama, terdapat lebih dari 1.000 materi dalam platform yang terlihat nyata dan sangat akurat. Rambut, mata dan alis dapat dicocokkan berdasarkan tampilan ciri khas masing-masing pribadi secara multi-dimensi. Fitur penyempurnaan manual juga bisa digunakan untuk menjamin kualitas hasil akhir. Proses produksi yang biasanya 2-3 bulan pun dapat dipersingkat menjadi kurang dari tujuh hari.

Fitur menarik lainnya adalah virtual human video production yang dapat mengirim perintah berbasis teks. Emosi pun bisa ditampilkan di raut wajah virtual human di situasi-situasi tertentu. Layanan virtual HUAWEI CLOUD yang terjangkau, cepat dan berkualitas tersebut sudah diterapkan di berbagai bidang. Penerapan tersebut antara lain pada siaran langsung, reportase, film dan acara televisi.

Experience Baru untuk Akses Mulus Berlatensi Sangat Rendah

Sebagian besar media di Indonesia menggunakan platform yang menggabungkan artikel, gambar dan video, serta memiliki situs web dan aplikasi mobile. Trafik kunjungan yang tinggi dalam waktu singkat diharapkan dapat diraih melalui berita-berita bombastis. Tingginya trafik justru akan membebani server, sehingga bisa mengecewakan pengguna yang mengalami kesulitan mengakses.
Masalah ini pernah menimpa media sosial terbesar di Tiongkok, Sina Weibo yang memiliki sekitar 250 juta pengguna aktif harian. Ketika menayangkan berita-berita terhangat, media sosial ini dapat mengalami peningkatan trafik sekitar tiga sampai lima kali lipat.

HUAWEI CLOUD menyediakan database dengan arsitektur ketersediaan tinggi dan penyimpanan yang terdistribusi. Elastisitas terbaik juga dihadirkan dengan perpaduan teknologi cloud ECS+CCI (Elastic Cloud Server + Cloud Container Instance). Solusi ini menambah 8.000 cores dalam 30 detik, dan meningkatkan kinerja aplikasi-aplikasi Sina Weibo secara keseluruhan, khususnya pada waktu-waktu puncak, di angka 40%. Hasilnya, Sina Weibo dapat menghadapi lebih dari 50 puncak trafik dalam setahun tanpa insiden. Hal ini juga berdampak positif terhadap stabilitas bisnis sejak 2019.

Tren perkembangan media global adalah bergerak menuju video-video yang dinamis. Solusi media over-the-top (OTT) yang serba-ada dihadirkan HUAWEI CLOUD untuk memenuhi tren tersebut. Contohnya adalah layanan Low Latency Live (LLL) untuk siaran langsung. Layanan LLL dapat mengurangi latensi dari hulu ke hilir sebesar 3-5 detik sampai sesingkat 800 milidetik. Latensi frame pertama dapat dipersingkat sampai kurang dari 400 milidetik. Solusi ini menciptakan pengalaman siaran langsung tanpa gangguan. Seiring kepuasan konsumennya, maka industri media pun bertumbuh.

Evolusi Baru Hadirkan Cakrawala Baru Pertumbuhan Industri Media dan Hiburan

Kehadiran internet telah menerapkan kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari dan operasional bisnis. Kini live e-commerce, teknologi AR/VR dan metaverse telah merupakan wacana publik. Live e-commerce merupakan peleburan media, hiburan dan e-commerce. Berbagai kenyaman seperti anchor reward, fitur belanja langsung dan lapak online menghadirkan kanal-kanal baru untuk memonetisasi trafik.

Baca juga: Dukung Live Commerce, Jet Commerce Indonesia Resmikan Pusat Live Streaming

Aplikasi video pendek dan livestreaminig yang menggunakan solusi HUAWEI CLOUD dapat memaksimalkan live e-commerce yang baru diluncurkan. Pengguna aktif harian bisa mencapai 350 juta atau lebih tinggi 18,5% dibandingkan kuartal sebelumnya. Gross merchant value (GMV) mencapai USD27,8 miliar atau naik 31,5%.

Peleburan media, hiburan, dan metaverse juga dapat mewujudkan potensi dunia virtual. Menurut PricewaterhouseCoopers, virtual reality merupakan segmen industri media yang bertumbuh paling cepat sepanjang 2022. Beberapa stasiun TV satelit di Tiongkok telah meluncurkan metaverse sendiri. Metaverse tersebut memadukan jejaring sosial, penelusuran konten, serta bermain game dalam satu dunia virtual. Inovasi-inovasi seperti ini terbukti menarik banyak peminat dan menciptakan sumber-sumber pendapatan baru melalui non-fungible tokens (NFT), konser metaverse, dan lain-lain.

Cara mengubah trafik menjadi pendapatan merupakan pertanyaan bagi pelaku industri media dan hiburan, termasuk peluang terbesarnya. Saat ini merupakan waktu terbaik untuk membuat terobosan-terobosan, meninjau model-model bisnis baru, serta mewujudkan monetisasi trafik dan pertumbuhan bisnis. Pengalaman globalnya, HUAWEI CLOUD dapat menghadirkan wawasan, layanan dan teknologi, dukungan teknis, dan praktik-praktik terkini bagi para pelaku industri. Upaya ini demi mewujudkan keberhasilan bisnis para pelaku industri dengan caranya masing-masing.

HUAWEI CLOUD Siap Dukung Pelaku Industri

Seiring makin terintegrasinya kehidupan manusia dengan teknologi digital, muncul jawaban bagi industri media dan hiburan yang jelas. Jawaban tersebut adalah transformasi digital, cloud dan metaverse yang sudah dekat. HUAWEI CLOUD terus memperkaya industri sebagai teman dan mitra industri media dan hibudan di bidang teknologi. Peran ini demi memenuhi berbagai kebutuhan nyata yang dihadapi para industri media dan hiburan. Model E3 dari HUAWEI CLOUD membantu mendorong produktivitas dan menjalahi peluang-peluang bisnis baru bagi para pelaku industri media dan hiburan.

Share:

Artikel Terkini