Hati-hati Smart Feeder Hewan Peliharaan Bisa Jadi Celah Ancaman Siber Hati-hati Smart Feeder Hewan Peliharaan Bisa Jadi Celah Ancaman Siber ~ Teknogav.com

Hati-hati Smart Feeder Hewan Peliharaan Bisa Jadi Celah Ancaman Siber

Teknogav.com – Di era modern ini, segala sesuatu serba digital, termasuk hewan peliharaan, sehingga meningkatkan celah ancaman siber. Pengamanan perangkat yang terhubung dan jaringannya merupakan kunci dalam menjaga keamanan, baik itu informasi pribadi maupun materi yang paling bernilai. Para peneliti Kaspersky menemukan bahwa beberapa smart feeder atau pemberi makan hewan peliharaan memiliki kerentanan.

Penjahat siber dapat mengeksploitasi kerentanan untuk memata-matai pengguna, mencuri data, mengatur ulang kamera dan mikrofon. Kerentanan tersebut bahkan dapat dimanfaatkan untuk mengakses perangkat lain di jaringan sama, sehingga bisa memperoleh kendali penuh atas perangkat. 

Baca juga: Generasi Milenial Paling Peduli pada Keamanan Perangkat Rumah Pintar

Saat ini dunia saling terhubung, perangkat seperti smart feeder hewan peliharaan makin pintar dengan terhubung ke internet. Perangkat tersebut dapat mengeluarkan makanan berdasarkan jadwal dan dapat dikendalikan melalui aplikasi di smartphone. Pemilik hewan peliharaan juga bisa memantau dan berkomunikasi secara jarak jauh dengan hewan peliharaan karena didukung mikrofon, kamera dan speaker. Selain itu, aplikasi smartphone untuk smart feeder juga memudahkan pengelolaan dan pembaruan firmware.

Analisis keamanan dilakukan pakar Kaspersky pada smart feeder hewan peliharaan yang dijual secara online. Hasil studi tersebut mengungkapkan beberapa masalah keamanan yang signifikan seperti penggunaan kredensial hard-coded dan tidak amannya proses pembaruan firmware. Eksplotasi kerentanan ini memungkinkan eksekusi kode pemrograman yang tak sah, memodifikasi pengaturan perangkat dan pencurian informasi sensitif. Ancaman juga termasuk pengiriman video langsung ke server cloud. Smart feeder pun berisiko menjadi alat pengawasan yang membahayakan privasi dan keamanan pengguna.

Baca juga: Tugas Pemasangan Perangkat Pintar di Rumah Lebih Banyak Diemban Pria

Smart feeder hewan peliharaan yang kompatibel dengan asisten suara dapat dikendalikan menggunakan perintah suara. Nama pengguna dan kata sandi broker MQTT perangkat ini di-hardcode ke dalam executable, sehingga semua model yang sama menjadi identik. Risiko kerentanan ini cukup besar, karena penyerang yang menguasai satu smart feeder dapat melancarkan serangan berikutnya di perangkat lain.

Setelah dieksploitasi, penyerang dapat mencegat dan memanipulasi perintah, sehingga berpotensi mengambil kendali penuh atas perangkat. Penjahat siber juga bisa mengacaukan jadwal makan sehingga membahayakan kesehatan hewan peliharaan. Hal ini tentunya akan menambah beban finansial dan emosional ekstra bagi pemiliknya.

Baca juga: Hati-hati, Ada Risiko Keamanan pada Penggunaan Smart Lock di Pintu

“Ketika hidup kita makin terjalin dengan perangkat pintar, penyerang mengambil kesempatan untuk mengeksploitasi tautan terlemah dalam ekosistem yang saling terhubung. Penting bagi kita untuk mengenali potensi risiko yang ditimbulkan oleh perangkat tak terduga dan mempertahankan kewaspadaan secara konstan. Dengan tetap mendapatkan informasi, mempraktikkan kebersihan keamanan siber yang baik, dan memupuk tanggung jawab bersama untuk keamanan. Kita dapat menggagalkan serangan penyerang dan menjaga integritas dunia yang saling terhubung ini,” ucap Roland Saco, pakar keamanan di Kaspersky.

Tips Mengamankan Semua Perangkat Pintar

Semua kerentanan yang ditemukan tim Kaspersky pada smart feeder telah dilaporkan kepada vendor. Selain itu, Kaspersky juga memberikan beberapa tips berikut ini agar semua perangkat pintar senantiasa aman dan terlindungi.

  • Selalu perbarui firmware perangkat dan perangkat lunak semua perangkat yang terhubung secara rutin, termasuk smart feeder hewan peliharaan. Pembaruan tersebut biasanya berisi patch keamanan penting untuk menambal celah kerentanan
  • Teliti sebelum membeli segala perangkat yang terhubung, termasuk smart feeder hewan peliharaan. Cari informasi mengenai reputasi produsen untuk keamanan dan privasi. Pilih perangkat dari merek ternama yang mengutamakan keamanan dan memberikan pembaruan rutin.
  • Berhati-hati dengan izin aplikasi, tinjau dan batasi izin yang diberikan ke aplikasi smartphone terkait smart feeder hewan peliharaan. Beri akses secukupnya ke fitur dan data, sebaiknya tidak memberikan hak istimewa yang berlebihan.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal untuk membantu mengamankan dan melindungi seluruh ekosistem cerdas

Demikianlah beberapa tips Kaspersky agar semua perangkat yang terhubung senantiasa aman dari incaran penjahat siber.

Share:

Artikel Terkini