Kaspersky Ungkap Skema Penipuan Online Lintas Platform Kaspersky Ungkap Skema Penipuan Online Lintas Platform ~ Teknogav.com

Kaspersky Ungkap Skema Penipuan Online Lintas Platform

Teknogav.com  Minat publik terhadap topik yang sedang heboh di media telah dieksploitasi menjadi kampanye berbahaya baru. Pakar Kaspersky mengungkapkan bahwa kampanye-kampanye berbahaya tersebut mengeksploitasi subjek-subjek seperti  AI, bot, obrolan, Elon Musk dan aset kripto. Eksploitasi dilakukan melalui aplikasi palsu dan situs web phishing untuk mencuri data pribadi.

Penjahat siber terus beradaptasi dengan tren sosial dan mencari cara inovatif untuk melancarkan serangan mereka. Penawaran menarik ditebar demi memikat calon korbannya. Serangkaian aplikasi palsu yang mengeksploitasi topik terhangat saat ini  berhasil ditemukan pakar Kaspersky di Google Play. Topik-topik tersebut mencakup AI, bot percakapan, aset kripto dan tautan mengenai Elon Musk. Jurus ini dilancarkan untuk menghasilkan uang dengan mudah dengan memanfaatkan minat calon korban.

Baca juga: Spam di Media Sosial Populer Curi Aset Kripto Pengguna
Contoh aplikasi investasi palsu

Iming-iming yang ditawarkan aplikasi palsu tersebut terlalu menjanjikan. Contohnya adalah mengklai dapat memberikan keuntungan harian wampai USD9.000 hanya dengan investasi awal USD250. Ditegaskan juga bahwa tidak perlu keterampilan teknis untuk bisa memperoleh keuntungan tersebut dan menjamin pengalaman bebas risiko. 

Bujukan tersebut ternyata ampuh, korban terpikat dan menginstal aplikasi tersebut lalu membukanya. Mereka pun memasukkan informasi pribadi seperti nama, nomor telepon dan email sesuai permintaan aplikasi tersebut. Setelah selesai memasukkan data, tampil pesan yang meyakinkan korban bahwa pendaftaran berhasil. Instruksi berikutnya pun tampil, yaitu korban diminta menunggu telepon dari broker perwakilan dengan panduan selanjutnya.

Baca juga:  Prediksi Ancaman Siber Tahun 2023 Menurut Kaspersky

Contoh aplikasi investasi palsu

Biasanya, penipu akan menghubungi korban dan memberikan informasi rinci mengenai proses investasi. Informasi tersebut mencakup keberhasilan investasi, lalu korban diminta mentransfer dana ke dompet penipu. Tentu saja bisa ditebak, korban kehilangan uang dan tak pernah menerima keuntungan yang dijanjikan. Data yang telah dimasukkan pun masih dapat dimanfaatkan penjahat siber untuk tujuan berbahaya.

Halaman ucapan selamat dari aplikasi palsu

Peneliti Kaspersky juga telah mengidentifikasi halaman phishing yang memakai teknik dan struktur serupa. Pelaku serangan phishing tersebut kemungkinkan besar sama dengan penyebar aplikasi palsu. Temuan ini menunjukkan bahwa penjahat siber yang merupakan dalang penipuan tersebut melakukan diversifikasi metode Selain aplikasi palsu, peneliti Kaspersky telah mengidentifikasi halaman phishing yang menargetkan korban sebanyak mungkin. Tim Kaspersky juga telah menghubungi Google dan menginformasikan mengenai aplikasi penipuan yang ada di Google Play.

"Para penipu online terus mengembangkan taktik mereka untuk mengeksploitasi tren dan teknologi terbaru. Dari aplikasi palsu hingga halaman phishing, mereka memanfaatkan umpan dan desain menarik untuk menargetkan pengguna yang tidak menaruh curiga. Dengan mendiversifikasi metode serangan mereka, penjahat siber ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi korban yang disasar. Sangat penting bagi individu untuk tetap waspada, berhati-hati, dan berjaga-jaga terhadap ancaman yang selalu ada dalam lanskap digital,” ucap Igor Golovin, pakar keamanan di Kaspersky.

Baca juga: Tips Mining Bitcoin dengan Aplikasi CryptoTab Browser

Tips Aman dari Penipuan Invastasi

Pakar Kaspersky memberikan beberapa tips berikut ini untuk melindungi diri dari penipuan investasi:

  • Waspada terhadap tautan email yang mencurigakan, verifikasi keabsahannya sebelum berinteraksi dengan tautan atau segala lampiran. Jangan klik tautan yang tak dikenal atau mencurigakan yang diterima dari email, pesan atau platform media sosial.
  • Jaga informasi pribadi, jangan sembarang membagikan informasi pribadi secara online, apalagi di platgorm publik. Hindari memberikan detail sensitif, kecuali yakin dengan keabsahan dan keamanan situs web atau layanan tersebut
  • Pakai perangkat lunak keamanan yang kredibel. Instal perangkat lunak antivirus dan anti-malware yang kredibel, pindai perangkat secara teratur untuk potensi ancaman. Selalu perbarui perangkat lunak keamanan yang digunakan. Kaspersky premium memberikan perlindungan dari skema penipuan investasi online yang dikenal dan tidak dikenal.
  • Edukasi diri mengenai penipuan umum agar tetap terinformasi tentang ancaman siber terkini, teknik phishing, dan taktik rekayasa sosial. Hati-hati terhadap permintaan yang tidak diminta, penawaran mencurigakan, atau permintaan mendesak atas informasi pribadi atau keuangan.
  • Percaya insting, jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan atau terasa mencurigakan, percayalah pada insting tersebut. Jika tidak yakin tentang situs web, tautan, atau saluran komunikasi tertentu, berhati-hatilah dan jangan biarkan hal tersebut mengganggu. 

Demikianlah beberapa tips yang disampaikan Kaspersky agar senantiasa terlindungi dari penipuan investasi di ranah siber.

Share:

Artikel Terkini