Huawei Pamerkan Solusi Pintar Kereta Masa Depan di Asia Pacific Rail 2023 Huawei Pamerkan Solusi Pintar Kereta Masa Depan di Asia Pacific Rail 2023 ~ Teknogav.com

Huawei Pamerkan Solusi Pintar Kereta Masa Depan di Asia Pacific Rail 2023

Teknogav.com – Serangkaian Solusi Pintar Kereta Masa Depan canggih dipamerkan Huawei pada Asia Pacific Rail 2023. Ini adalah ajang industri perkeretaan yang paling berpengaruh di kawasan Asia Pasifik. Huawei mendukung ajang ini sebagai Sponsor Berlian. Di ajang ini, Huawei menunjukkan komitmen untuk menghadirkan sistem perkeretaan yang cerdas, efisien dan berkelanjutan di Asia Pasifik.

Jumlah penduduk di kawasan Asia Pasifik mencapai 4,2 miliar atau 61% dari populasi global. Kawasan ini sedang mengalami ekspansi dan urbanisasi yang sangat cepat, sehingga memicu kebutuhan layanan transportasi yang lebih baik. Pada tahun 2030, belanja Teknologi Informasi global untuk perkeretaan diperkiraan akan mencapai USD57,9 juta. Nilai tersebut dipicu besarnya investasi untuk pembangunan rel kereta di kawasan Asia Pasifik. Sejumlah negara di kawasan ini juga mulai memanfaatkan berbagai solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) baru. Solusi tersebut digunakan demi menyajikan layanan kereta yang lebih aman, ramah lingkungan dan efisien.

Baca juga: Solusi Transportasi Pintar Huawei Topang Jalan, Terusan dan Pelabuhan Cerdas

“Huawei memiliki pengalaman selama 20 tahun di industri kereta api. Berbekal pengalaman tersebut dan berkenaan dengan fokus kami saat ini pada transformasi digital, misi Huawei jelas dalam industri ini. Misi tersebut adalah menyusun ulang koneksi, membangun ulang platform dan menerapkan kecerdasan,” ucap Xiang Xi, Vice President of Huawei Global Transportation BU.

Transformasi industri kereta sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Huawei berkomitmen untuk mendorong aspek keamanan dan efisiensi dalam operasional dan pemeliharaan kereta dengan memanfaatkan solusi TIK terkini yang dimiliki. Transformasi cara pengelolaan, penggunaan dan perancangan sistem transportasi akan dilakukan Huawei dengan berbagai teknologi digital canggih. Teknologi-teknologi tersebut mencakup Pengambilan dan Analisis Data, Sistem Otonom, AI, ML FRMCS, MSN, Jaringan Stasiun, Penyimpanan, dan IoT. Kemajuan teknologi difokuskan Huawei secara terpusat pada integrasi yang lancar antar berbagai moda transportasi. Selain itu, dilakukan juga integrasi dengan berbagai aspek lain di masyarakat.

“Stasiun pintar adalah suatu solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman penumpang dan efisiensi operasional, mampu mengkonsolidasikan seluruh data dan informasi yang terkumpul dari berbagai aplikasi di stasiun. Sebagai fondasi dari sistem stasiun pintar ini, kami menggunakan infrastruktur TIK baru. Kita perlu menggantikan sistem TIK lawas termasuk server, sistem penyimpanan dan jaringan, bahkan data dan lain-lain, dengan platform digital berbasis cloud,” ucap Steven Xiong, CTO of Rail Industry, Huawei Enterprise BG.

Baca juga: Huawei Ungkap Pesatnya Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Jaringan di Indonesia


Huawei memanfaatkan TIK terkini untuk mendukung kota-kota di Asia Pasifik dalam meningkatkan infrastruktur transportasi. Upaya ini dilakukan dengan fokus untuk menjawab berbagai tantangan dan peluang utama, baik dalam infrastruktur jalur utama (mainline) maupun metro. Hal ini juga demi menciptakan momentum baru dalam pembangunan urban menuju Asia Pasifik yang serba digital.

“Saat ini, sebagian besar sistem perkeretaan masih beroperasi menggunakan jaringan nirkabel bandwidth sempit seperti GSM-R atau Tetra Radio untuk pemberangkatan kereta dan pengiriman sinyal rel, padahal teknologi ini sudah ketinggalan zaman dan tidak dapat mendukung persyaratan sistem pintar perkeretaan. FRMCS adalah jaringan komunikasi nirkabel baru untuk perkeretaan, memanfaatkan teknologi 4G yang berasal dari penyedia layanan telekomunikasi untuk menyediakan kereta dengan bandwidth tinggi dan sangat bisa diandalkan ke konektivitas darat," ucap Jackie Miao, Director of Huawei Asia Pacific Enterprise Transportation Account Department.

Huawei juga memamerkan berbagai praktik terbaik dan solusi terkini perkeretaan di ajang Asia Pacifc Rail 2023, yaitu sebagai berikut:

  • backbone komunikasi IP dan Optik, yang membentuk kerangka sistem perkeretaan masa depan;
  • Future Railway Mobile Communication System atau FRMCS (Sistem Komunikasi Seluler Jalur Kereta Masa Depan) dan Wi-Fi 6, yang menyediakan koneksi pita lebar nirkabel antara kereta dan darat
  • Intelligent IT (TI Cerdas), yang menyajikan pengalaman kolaborasi baru dan sistem penyimpanan canggih dengan teknologi terbaru Huawei untuk melawan ransomware
  • Smart Station Solution (Solusi Stasiun Pintar) untuk optimalisasi operasional dan pemeliharaan serta pengalaman penumpang.

“Jaringan kereta modern menuntut keamanan tinggi, bandwidth tinggi, dan otomatisasi cerdas. Teknologi optik Huawei yang inovatif memungkinkan penerapan peningkatan tersebut dengan lancar dan mudah,” ucap Pan Chock Teck, Senior Manager Huawei Asia Pacific Enterprise Transportation Railway Solution.

Baca juga: Huawei Ungkap Lima Tren Prediksinya Pada Konferensi Transformasi Industri Digital

Huawei telah menggelar beberapa konferensi tingkat tinggi selama tahun 2023 ini. Pada ajang tersebut, para pemimpin pemikiran, pemangku kepentingan utama, pelanggan utama dan organisasi otoritatif di Asia Pasifik berkumpul. Mereka ikut serta dalam mengeksplorasi potensi kemajuan industri kereta di kawasan tersebut.

Eksplorasi digitalisasi industri dan inovasi teknologi terus dilakukan Huawei dengan berfokus pada skenario yang berlaku di industri. Upaya ini dilakukan juga dengan mendirikan unit usaha Aviation & Rail. Kini lebih dari 130 bandara dan maskapai penerbangan di dunia telah dilayani Huawei. Ini mencakup lebih dari 300 jalur kereta perkotaan di lebih dari 70 kota dan lebih dari 150.000 km jalur kereta.

Share:

Artikel Terkini