PGE Gunakan Teknologi Screw Expander PT Kaishan Orka Indonesia PGE Gunakan Teknologi Screw Expander PT Kaishan Orka Indonesia ~ Teknogav.com

PGE Gunakan Teknologi Screw Expander PT Kaishan Orka Indonesia

Teknogav.com  PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) bekerja sama dengan PT Kaishan Orka Indonesia yang diresmikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman. Berdasarkan Nota Kesepahaman tersebut, kedua perusahaan akan membentuk joint study dalam pengoptimalan pemanfaatan energi panas bumi di area kerja PGE. Optimalisasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas terpasang melalui pengembangan teknologi screw expander

Teknologi screw expander hasil pengembangan PGE dan PT Kaishan Orka Indonesia ini dapat mengekstrak energi tambahan dari fluida tekanan rendah. Proses ini dapat meningkatkan efisiensi keseluruhan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Harapannya pengoptimalan teknologi screw expander, dapat meningkatkan kapasitas listrik yang dihasilkan. 

Baca juga: Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi

Peningkatan kapasitas tersebut dapat berkontribusi pada pemenuhan target PGE dal mencapai 1 gigawatt (GW) dalam dua tahun mendatang. Pemenuhan target tersebut berasal dari  672 megawatt (MW) kapasitas terpasang yang sudah ada, dan penambahan 340 MW. PGE mengumumkan target tersebut pada acara EBTKE ConEx yang digelar Kamis 13 Juli 2023. 

Target tersebut berusaha dicapai PGE dengan mengoptimalkan teknologi dan memanfaatkan peluang komersial. PGE optimis kerja sama dengan PT Kaishan Orka Indonesia dapat membantu Perseroan mewujudkan komitmen pengembangan potensi panas bumi di Indonesia. Kerja sama ini diharapkan PGE dapat mengoptimalkan potensi energi terbarukan dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: Huawei Luncurkan Serangkaian Produk dan Solusi untuk Energi Terbarukan

“Teknologi menjadi salah satu hambatan serta kesempatan bagi PGE dalam mengembangkan potensi panas bumi. Kami berharap dapat mengatasi hambatan yang ada melalui optimalisasi teknologi screw expander hasil kerja sama dengan PT Kaishan Orka Indonesia. Saat ini baru 8,9% potensi panas bumi di Indonesia yang sudah dimanfaatkan. Harapan kami dengan adanya optimalisasi pemanfaatan teknologi ini dapat membuat kita semakin produktif dalam menghasilkan panas bumi," ucap Julfi Hadi Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy. 

Keuntungan lain dari  teknologi screw expander ini adalah lebih ramah lingkungan dengan meningkatkan efisiensi konversi energi. Pemanfaatan energi terbarukan membantu mengurangi kebutuhan akan bahan bakar fosil atau sumber energi lainnya yang dapat menyebabkan polusi lingkungan. Hal ini tentunya dapat mengindari emisi yang dapat menyebabkan efek rumah kaca. 

Baca juga: Peduli Lingkungan, Huawei Kurangi Pencemaran dan Manfaatkan Energi Terbarukan

Pentingnya teknologi dalam meningkatkan produksi dan mengoptimalkan potensi panas bumi juga ditekankan oleh Julfi. PGE meyakini dukungan teknologi, memungkinkan perusahaan dalam  mencapai tujuannya untuk menjadi perusahaan geotermal terdepan di dunia.

"Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi adalah suatu keniscayaan di era digital ini. Kami percaya untuk meningkatkan produksi dan optimalisasi potensi panas bumi perlu ada dukungan teknologi," pungkas Julfi. 

Share:

Artikel Terkini