Portofolio Konsep dan Produk Terkini Kaspersky Tawarkan Perlindungan Komprehensif Portofolio Konsep dan Produk Terkini Kaspersky Tawarkan Perlindungan Komprehensif ~ Teknogav.com

Portofolio Konsep dan Produk Terkini Kaspersky Tawarkan Perlindungan Komprehensif


Teknogav.com – Kaspersky resmi meluncurkan portofolio solusi konsumen terkini yang disederhanakan bagi pengguna Indonesia. Serangkaian solusi Kaspersky terbaru ini dikemas dengan antarmuka dan menyajikan pengalaman pengguna yang disempurnakan untuk berbagai platform. Berbagai fitur yang dihadirkan solusi terkini Kaspersky mencakup setiap kategori perlindungan bagi pelanggan kontemporer, yaitu keamanan, privasi, kinerja dan identitas.

Pada tahun 2022, solusi Kaspersky telah berhasil memblokir 505.879.385 serangan dari sumber online secara global. Web Anti-Virus Kaspersky telah berhasil memblokir 109.183.489 objek berbahaya yang unik. Jumlah tersebut meningkat 69% dibandingkan tahun 2021. Jumlah serangan mobile malware di Asia Tenggara yang berhasil dicegah Kaspersky mencapai 207.506, turun 65% dari 598.588 di tahun sebelumnya. Dari jumlah serangan mobile malware yang terjadi Asia Tenggara tersebut, 126.906 serangan terjadi di Indonesia, yang menjadikan Indonesia berada di posisi teratas dalam hal deteksi mobile malware. Angka tersebut sebenarnya telah mengalami penurunan 66% jika dibandingkan dengan 375.547 di tahun sebelumbya. Selama tahun 2022, Kaspersky berhasil mendeteksi 108 trojan mobile banking dan 4.931.367 upaya phishing di Indonesia.

Adrian Hia, Managing Director Kaspersky untuk Asia Pasifik

"Kita dapat melihat bahwa penjahat siber masih berupaya mengembangkan fungsionalitas malware dan vektor penyebarannya, maka penting untuk tetap waspada. Pemantauan kami menunjukkan bahwa malware makin menyebar melalui saluran yang sah seperti pasar resmi dan iklan di aplikasi populer. Ini berlaku untuk aplikasi penipuan dan malware mobile banking yang berbahaya. Sebenarnya ini merupakan tanda positif bahwa orang-orang sekarang sadar akan ancaman siber namun kesadaran saja tidak cukup, idealnya harus diiringi dengan tindakan," ucap Adrian Hia, Managing Director Kaspersky untuk Asia Pasifik.

Baca juga: Solusi Enterprise Kaspersky Siap Lindungi Berbagai Skala Bisnis

Upaya serangan siber terus berkembang dalam hal teknis, target, dan eksekusi. Belakangan ini, kasus dugaan kebocoran data pengguna Indonesia menjadi topik perbincangan yang hangat. Namun Kaspersky tak hanya memantau ancaman siber, masa depan yang menjanjikan dari kemajuan teknologi pun turut dipantau. Besarnya ekonomi digital di Asia Tenggara adalah USD194 miliar.

Prediksinya, penerapan AI di Indonesia akan menghasilkan nilai ekonomi sebesar Rp5,299 triliun. Pakar Kaspersky juga memaparkan prediksi konsumen teratas untuk tahun 2023. Prediksi tersebut mulai dari balkanisasi internet, smartphone yang menggantikan dokumen kertas sampai privasi metaverse. Tentu saja penerapan semua itu membutuhkan keamanan dan perlindungan yang memadai.

Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone dan mengendalkan smartphone mereka untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Dalam smartphone terdapat banyak aplikasi termasuk aplikasi media sosial, dompet digital, perbankan online dan lain-lain. Selain itu, pengguna juga menyimpan foto, video dan informasi identitas pribadi di smartphone, dan juga terdapat pesan teks. Tingginya adapsi internet cepat turut mendukung perkembangan ekonomi digital. Data di smartphone juga makin banyak. Hal ini tentunya turut meningkatkan ancaman dan risiko, baik dalam hal jumlah maupun kualitas.

“Penting bagi pengguna untuk memiliki jawaban atas semua skenario yang mungkin terjadi, sehingga mereka dapat percaya diri menjalani kehidupan digital. Apakah itu 'bertani emas' di MMORPG favorit, memperkenalkan anak-anak ke tablet pertama, mengatur panggilan video untuk anggota keluarga yang lebih tua, atau sekadar ingin menjelajahi dan mencoba hal besar berikutnya seperti membangun rumah pintar atau mengikuti tur 'metaverse'," lanjut Hia.

Baca juga: Ransomware yang Ditargetkan Makin Menggila, Kaspersky XDR Siap Melawan 

Portofolio solusi Kaspersky dikelompokkan menjadi dua, yaitu portofolio inti yang merupakan solusi terintegrasi dan produk-produk yang berdiri sendiri. Berikut ini adalah portofolio inti Kaspersky sampai tahun 2022, sebelum portofolio solusi Kaspersky diluncurkan:

  • Kaspersky Anti-Virus
  • Kaspersky Internet Security
  • Kaspersky Total Security
  • Kaspersky Security Cloud Personal
  • Kaspersky Security Cloud Family

Sejak peluncuran portofolio solusi Kaspersky terkini, maka portofolio inti menjadi:

  • Kaspersky Standard
  • Kaspersky Plus
  • Kaspersky Premium

Sementara itu produk-produk Kaspersky yang berdiri sendiri tetap sama setelah peluncuran portofolio terkini, yaitu sebagai berikut:

  • Kaspersky Password Manager
  • Kaspersky VPN
  • Kaspersky Safe Kids
  • Kaspersky Who Calls

Baca juga: Aplikasi Kaspersky Who Calls, Cara Jitu Menghindari Panggilan Telepon Penipu

Kaspersky menerapkan pendekatan baru untuk menghadapi tantangan dan memenuhi kebutuhan yang berkembang dengan perlindungan yang melampaui anti-virus. Platform terkini Kaspersky menyajikan keamanan, kinerja, privasi dan layanan premium untuk melindungi dari pencurian identitas. Lini produk baru Kaspersky yang diperbarui menyediakan perlindungan untuk berbagai platform, termasuk Android, Windows, Mac, dan iOS. Semua paket dirancang bagi pengguna di seluruh ekosistem. Berikut ini adalah fitur dari masing-masing paket tersebut.

Kaspersky Standard

Paket Kaspersky Standard menawarkan fungsionalitas keamanan yang dapat melindungi dari ancaman digital terbaru secara real-time. Tersedia juga Safe Browsing & Anti-Phishing yang melindungi dari situs web berbahaya, unduhan dan ekstensi. Aplikasi juga termasuk alat penghapus virus Pra-Kaspersky yang bisa mendeteksi dan menghapus virus yang menyusup di perangkat sebelum menginstal Kaspersky. Fitur Firewall dan Monitor Jaringan pun senantiasa menunjukkan aplikasi mana yang terhubung ke internet.

Serangkaian alat kinerja pada Kaspersky Standard mencakup Quick Startup, PC Speed-up dan alat Disk Space Cleanup. Selama bermain game, bekerja atau streaming film, dapat menggunakan mode Game dan Do Not Disturb yang bisa diaktifkan secara otomatis. Mode ini menyajikan pengalaman yang lancar dan mengurangi konsumsi sumber daya sistem, sehingga bisa melakukan relokasi ke tugas yang lebih penting. Beberapa fitur privasi pada paket ini termasuk deteksi penguntit (stalker) ditambah perlindungan webcam dan mikrofon. Harga yang dibanderol pada paket ini mulai dari Rp198 ribu per tahun.

Kaspersky Plus

Seluruh fitur-fitur yang terdapat di Kaspersky Standard tersedia di Kaspersky Plus, tentunya dengan tambahan fitur privasi. Layanan VPN pada paket Kaspersky Plus pun tanpa batas. Fitur tambahan lain termasuk Pengelola Kata Sandi Premium dan Pemeriksa Kebocoran Data untuk memantau internet dan dark web

Pengelola Kata Sandi Premium atau password manager dapat meningkatkan perlindungan kata sandi dengan memeriksa status keamanan dan kerentanannya terhadap kebocoran. Sementara itu, Pemeriksa Kebocoran akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna jika ada pelanggaran data pribadi dan merekomendasikan langkah selanjutnya. Selain itu, Kaspersky Plus juga dapat digunakan untuk melihat perangkat yang terhubung ke jaringan rumah. Fitur ini tentunya sangat berguna bagi yang telah menerapkan teknologi rumah pintar. Harga yang dibanderol pada paket ini mulai dari Rp247.500 per tahun.

Kaspersky Premium

Tentu saja paket Kaspersky Premium merupakan paket yang paling kaya fitur. Paket ini menambahkan perlindungan identitas digital dan dukungan teknis premium dengan akses prioritas ke panggilan telepon maupun teks. Tersedia juga dukungan pemasangan aplikasi dari pakar secara jarak jauh dan pemeriksaan kesehatan PC. Perlindungan pada identitas yang komprehensif mencakup akses ke Dompet Perlindungan Identitas. Fitur ini menyimpan salinan data sensitif seperti paspor dan SIM dalam format terenkripsi untuk mencegah pencurian identitas. Data pun dapat diakses dengan aman dari semua perangkat pengguna.

Selain itu tersedia juga bonus paket berlangganan Kaspersky Safe Kids gratis selama setahun.
Kaspersky akan terus mengembangkan ekosistemnya, serta memperluas daftar kemitraan dan integrasinya. Upaya ini dilakukan untuk menyajikan lebih banyak nilai dan layanan bagi pelanggannya. Harga yang dibanderol pada layanan ini mulai dari Rp371.700 per tahun.

Antarmuka Ramah Pengguna

Desain antarmuka pada portofolio baru Kaspersky ini lebih ramah pengguna dan menyajikan pengalaman yang lebih menyeluruh. Solusi ini sepenuhnya didesain ulang untuk meningkatkan interaksi pelanggan dalam aplikasi sehingga lebih sederhana dan mudah digunakan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi yang tersedia pada portofolio baru Kaspersky:

  • Pencegahan: pemblokiran semua ancaman secara otomatis dan pemberitahuan mengenai ini ke pengguna
  • Pemantauan: pemberitahuan mengenai potensi ancaman atau tindakan yang dapat menimbulkan kerusakan. Pengguna bisa juga melakukan pengaturan agar pemberitahuan tidak mengganggu pengalaman digital
  • Edukasi: jika ingin mempelajari lebih lanjut, tersedia fungsi dan ancaman di blok khusus

Portofolio baru dirancang untuk memberikan demonstrasi yang lebih jelas mengenai kemampuan utama perencanaan, dengan panduan sejak saat pertama penggunaan layanan. Desain ini menyajikan proses orientasi menarik yang mensimulasikan percakapan tepercaya dan bersahabat. Fitur yang paling populer dapat diakses langsung melalui tombol tindakan cepat. Pada tab ‘Beranda’ terdapat Berita dan pemberitahuan keamanan. Sedangkan semua informasi utama mengenai status langganan, tanggal pembaruan, jumlah  langganan pengguna dan lain-lain terdapat di bagian ‘Profil’.

Dony Koesmandarin, Territory Manager Kaspersky di Indonesia

“Kami bangga dapat menghadirkan portofolio produk baru ini di Indonesia tahun ini. Risiko keamanan siber meningkat dan digitalisasi kehidupan tidak pernah senyata sekarang. Saat ini, solusi keamanan bukan hanya solusi antivirus PC. Perlu adanya ekosistem layanan keamanan yang komprehensif untuk platform dan perangkat apa pun, melayani kebutuhan pengguna mana pun. Kami telah mengubah seluruh struktur antarmuka produk serta pengalaman bagi pengguna. Upaya ini dilakukan untuk membantu mereka memahami dan menghargai cakupan dari tingkat perlindungan yang kami tawarkan di seluruh area keamanan, kinerja, privasi, dan identitas. Menjaga kehidupan konsumen tetap aman dan private adalah prioritas Kaspersky dan kami bangga meluncurkan portofolio baru ini yang lebih dari sebelumnya, selaras dengan realitas lanskap ancaman dunia maya dan kebutuhan pelanggan kami,” ucap Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky di Indonesia.

Kaspersky juga berkolaborasi dengan Tokopedia menghadirkan diskon 15% di ajang 8.8, pembelian dapat dilakukan melalui tautan ini.

Share:

Artikel Terkini