Aplikasi Kaspersky Who Calls, Cara Jitu Menghindari Panggilan Telepon Penipu Aplikasi Kaspersky Who Calls, Cara Jitu Menghindari Panggilan Telepon Penipu ~ Teknogav.com

Aplikasi Kaspersky Who Calls, Cara Jitu Menghindari Panggilan Telepon Penipu

Teknogav.com – Kaspersky baru saja meluncurkan Kaspersky Who Calls di Indonesia. Aplikasi ini membantu pengguna smartphone di Indonesia untuk menghindari spam dan penipuan seluler. Panggilan dari nomor telepon yang tak dikenal akan dideteksi aplikasi ini, baik itu dari bank, layanan pengiriman atau entitas lain. Nomor telepon tersebut akan diperiksa apakah merupakan sumber yang sah atau tidak.

Penipuan melalui telepon merupakan penipuan paling populer di Indonesia selama dua tahun belakangan ini, dan sedang berada di momentumnya. Sejumlah 49,95% pengguna menghadapi spam telepon selama periode Desember 2022 sampai Januari 2023. Sebanyak 7,4% pengguna smartphone di Indonesia menerima panggilan telepon dari nomor yang dianggap sebagai penipuan setidaknya satu kali.

Baca juga: Tips Amankan Informasi Pribadi di Semua Platform

“Indonesia terus menjadi negara yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam adopsi teknologi dan informasi. Fenomena ini ditandai dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan smartphone dalam beberapa tahun terakhir. Demikian pula, penipuan online melalui panggilan telepon spam terus menjadi taktik yang dipilih oleh penjahat dunia maya di negara ini,” ucap Adrian Hia, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky.

Kaspersky Who Calls menggunakan algoritma pembelajaran mesin yang membantu aplikasi mengenali spammer dan scammer potensial. Pengguna juga bisa menambahkan sendiri nomor yang mencurigakan ke basis data spammer di aplikasi tersebut. Panggilan tak dikenal dapat diidentifikasi aplikasi tanpa meminta informasi sensitif seperti nomor telepon pengguna. Jadi pengguna tidak perlu mendaftarkan nomor telepon atau data sensitif lain untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Database 500 Juta Pengguna WhatsApp Diduga Bocor, Ini Tips Kaspersky

“Panggilan telepon menjadi alat komunikasi yang penting di dalam negeri karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar. Kami, di Kaspersky, memahami kebutuhan pengguna Indonesia untuk memerangi risiko besar dari panggilan penipuan dan spam seluler. Kami pun menghadirkan Kaspersky Who Calls di sini untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap panggilan tidak dikenal dan mungkin berbahaya. Produk baru ini diharapkan dapat membantu pengguna agar tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga, kolega dan orang tercinta secara aman,” lanjut Andrian Hia.

Kaspersky Who Calls tersedia dalam tiga versi. Ketiga versi tersebut adalah versi gratis, berlangganan bulanan, atau berlangganan tahunan dengan masa percobaan gratis selama seminggu. Pada versi gratis, tersedia fungsionalitas dasar aplikasi yang mencakup deteksi panggilan penipuan dan spam. Jika ingin memiliki lebih banyak fitur dan tanpa iklan, maka bisa menggunakan versi berbayar. Versi berbayar memungkinkan untuk memblokir nomor yang tidak diinginkan berdasarkan kategori. Detail nama dan kategori organisasi juga tersedia bagi pengguna perangkat iOS. 

Baca juga: Tips Mengunci Smartphone Android Ala Kaspersky

Aplikasi Kaspersky Who Calls ini dapat diunduh di App Store dan Google Play. Biaya berlangganan aplikasi ini per bulan adalah Rp35 ribu.

Share:

Artikel Terkini