Salesforce Hadirkan Hyperforce untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Salesforce Hadirkan Hyperforce untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia ~ Teknogav.com

Salesforce Hadirkan Hyperforce untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Teknogav.com – Sejak tahun 2014, Salesforce telah mempelopori penggunaan AI pada platform customer relationship management (CRM). Kini Salesforce menghadirkan Hyperforce di Indonesia demi mewujudkan komitmen untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hyperforce adalah infrastruktur cloud public yang dibangun pada Amazon Web Services (AWS) untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dukungan bagi Indonesia juga diberikan Salesforce dengan mengembangkan talenta digital melalui kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"AI dapat menjadi perubahan besar bagi bisnis di Indonesia, jika digunakan dengan cara terpercaya. Kini perusahaan-perusahaan Indonesia memiliki akses ke Hyperforce, yang memampukan mereka menyimpan data secara lokal dengan manfaat dan skalabilitas cloud publik. Semua ini dikemas dengan inisiatif keahlian lokal kami, yang menegaskan komitmen Salesforce yang terus berkembang terhadap pasar Indonesia,” ucap Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN.

Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN
Baca juga: Adjust Berkolaborasi dengan Salesforce Marketing Cloud Hadirkan Inovasi Salesforce AppExchange

Seiring dengan diresmikannya Undang-undang Perlindungan Data Pribadi, penekanan pada keamanan dan penyimpanan data pun meningkat. Organisasi di sektor yang terikat regulasi, termasuk pemerintah dan layanan keuangan wajib menerapkan residensi data lokal. Kehadiran Hyperforce memberikan lebih banyak pilihan untuk tumbuh secara global dengan pelayanan pelanggan di tingkat lokal. Hyperforce dihadirkan Salesforce sebagai hasil kerja sama strategis global dengan AWS. 

"Kami sangat antusias untuk memperdalam hubungan kami dengan Salesforce dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan Hyperforce di Asia Pasifik. Pengumuman ini menguatkan investasi AWS sebesar Rp71 triliun di wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) dan mendukung meningkatnya permintaan akan solusi cloud yang cepat dan aman di Indonesia. Kami berharap dapat terus mendukung pelanggan dan mitra seperti Salesforce dalam melakukan transformasi digital dan pertumbuhan," ucap Kirsten Gilbertson, ASEAN Partner Sales Lead, AWS. 

Kini organisasi di Indonesia dapat melakukan skalabilitas di AWS dan mengakses lebih dari 240 layanan termasuk AI menggunakan Hyperforce. Hal dapat dilakukan menggunakan infrastruktur cloud aman dari AWS dan kemampuan CRM Salesforce yang kuat. Upaya ini dapat dilakukan sambil meningkatkan kemampuan untuk memenuhi standar kepatuhan data organisasi tersebut.

Matthew Parin, Product Director, Hyperforce, Salesforce

Berbagai solusi Salesforce, termasuk Sales Cloud dan Service Cloud mempermudah pelanggan menerapkan skalabilitas, fleksibilitas, keandalan dan keamanan AWS dengan cepat. Kehadiran Hyperforce memungkinkan pemberian nilai berbeda kepada pelanggan, peningkatan ketersediaan dan pengurangan waktu downtime perawatan melalui peningkatan interoperabilitas dengan AWS.

Pengembangan Talenta Digital Berkolaborasi dengan Kemenkominfo

Salesforce juga menjalin kemitraan dengan Kemenkominfo untuk melatih masyarakat Indonesia agar bisa bekerja di sektor ekonomi digital. Bersama Kemenkominfo, Salesforce menyediakan kurikulum dan pelatihan CRM melalui program Digital Talent Scholarship (DTS). Program pelatihan ini digelar di Trailhead yang merupakan platform pembelajaran online milik Salesforce yang bisa diikuti secara gratis. Selain itu, akan digelar juga lokakarya yang dibawakan oleh para pakar.

Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi IV Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM; Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan berbagai kebijakan progresif dan memperkuat kolaborasi dengan sektor swasta untuk mempercepat perkembangan ekonomi digital. Tujuan komitmen tersebut untuk mendukung pengembangan teknologi-teknologi baru, seperti AI, Cloud Computing, dan lainnya. Kami percaya teknologi-teknologi ini mendukung terciptanya solusi inovatif yang aman, andal, dan berkelanjutan bagi masyarakat serta ekonomi nasional secara umum," ucap Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi IV Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM; Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Salesforce memiliki komitmen berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan akan keterampilan CRM di Indonesia. Program DTS merupakan perwujudan dari komitmen tersebut. Para talenta lokal akan dibekali dengan alat dan keterampilan untuk bekerja di sektor ekonomi digital melalui program DTS tersebut.

“Tokopedia mengedepankan Focus on Consumer untuk menyediakan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Bersama dengan para mitra strategis, termasuk Salesforce, Tokopedia memastikan dapat mengakomodasi kebutuhan dan pertanyaan pelanggan. Inovasi dan perubahan yang kami lakukan dengan bantuan mitra strategis seperti Salesforce, dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung misi Tokopedia. Misi tersebut adalah menciptakan pemerataan ekonomi secara digital. Harapannya, melalui kolaborasi ini, kami dapat bersama-sama mendorong semangat inovasi teknologi guna memberikan praktik terbaik dalam pengalaman pelanggan di Indonesia,” ucap Rudy Dalimunthe, Senior VP of Sales Product & Operation Tokopedia.

Seiring pesatnya pertumbuhan perekonomian di Indonesia, banyak perusahaan melakukan transformasi digital untuk dapat memanfaatkan peluang-peluang baru. Momen ini tepat bagi Salesforce untuk membentuk entitas baru yang juga dapat memenuhi harapan pelanggan yang terus meningkat. Tim Salesforce bisa lebih dekat dengan para pelanggan dan mitra di pasaran dengan entitas baru ini di Indonesia. Apalagi saat ini Indonesia merupakan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, diperkirakan adopsi teknologi yang akan meningkatkan perekonomian Indonesia akan mencapai USD2,8 triliun di tahun 2040.

Baca juga: Jalin Kerja Sama Strategis dengan AWS, Pendapatan Metrodata Melonjak Drastis

“Kami meluncurkan entitas baru kami pada waktu yang sangat tepat bagi Indonesia dan kawasan yang lebih luas di ASEAN. Kami berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan para pelanggan dan mitra kami untuk membantu lebih banyak perusahaan di Indonesia dalam memanfaatkan AI, data, dan CRM untuk mengambil peluang digital saat ini," ucap Sujith Abraham.

Solusi-solusi Salesforce

Salesforce memberdayakakn perusahaan dari berbagai skala dan sektor industri untuk terhubung dengan pelanggan melalui cara yang benar-benar baru. Solusi-solusi Salesforce mendukung perusahaan untuk mendukung produktiitas dan menyederhanakan pengalaman pelanggan. 

Baca juga: Masuki Era AI Generatif, Ini Tips AWS bagi Pelaku Usaha

Customer 360 merupakan visi Salesforce untuk membantu pelanggan melakukan transformasi digital. Hal ini sesuai dengan visi Salesforce untuk mengubah cara dunia berbisnis dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan dan adil. Setiap tim, termasuk sales, layanan pelanggan, pemasaran, commerce dan lain-lain dapat memiliki pandangan terintegrasi dengan Customer 360 yang didukung AI. Berikut ini adalah solusi-solusi Salesforce yang tersedia bagi pelanggan:

  • Sales Cloud untuk membantu tim sales dalam melakukan penjualan, bersaing dengan cerdas dan mendukung pertumbuhan strategi bagi bisnis. Solusi ini memusatkan informasi pelanggan, mencatat interaksi pelanggan, memberikan wawasan dan mengotomatisasi pekerjaan.
  • Service Cloud membantu bisnis memberikan layanan pelanggan yang lebih cerdas, cepat, dan personal di semua saluran. Solusi ini menawarkan agen layanan satu tampilan mengenai kegiatan pelanggan, proses otomatis, alur kerja yang disederhanakan, alat bantu layanan lapangan, obrolan web, dan layanan pelanggan di media sosial.
  • Marketing Cloud merupakan rangkaian alat terhubung bagi para pemasar untuk membagi audiens mereka, menyampaikan pesan yang dipersonalisasi, melacak dan mengotomatisasi kinerja kampanye, melibatkan prospek dan akun, serta mengoptimalkan strategi berdasarkan wawasan real-time untuk menyampaikan pesan yang tepat pada waktu yang tepat.
  • Commerce Cloud memberdayakan para brand untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang cerdas dan inovatif di seluruh kanal. Beberapa kanal tersebut mencakup mobile, sosial, web, dan toko. Solusi ini dapat meningkatkan konversi, nilai pesanan rata-rata, produktivitas, dan meningkatkan loyalitas brand.
  • Slack adalah platform produktivitas yang mendukung keberhasilan karyawan dengan alat-alat yang menjaga kelancaran kerja. Solusi ini mempercepat pekerjaan dengan otomatisasi alur kerja tanpa pemrograman, mencari dan berbagi pengetahuan dari berbagai sumber data termasuk Customer 360. Kemampuan solusi ini dapat menghubungkan dan melibatkan semua orang. Saat ini Salesforce sedang mengembangkan Slack GPT yang ketersediaannya untuk umum akan diumumkan.
  • Tableau membantu organisasi memaksimalkan data pelanggan mereka dengan menyediakan analitik dari seluruh platform Customer 360. Solusi ini menampilkan data dalam bentuk grafik yang mudah dipahami dengan hasil yang jelas. Teknologi Salesforce lain dapat dimanfaatkan Tableau untuk membantu perusahaan mengidentifikasi tren, memprediksi hasil, dan mendapatkan rekomendasi mengenai langkah selanjutnya. Tableau GPT akan tersedia untuk umum pada awal 2024.
  • MuleSoft adalah platform integrasi dan API yang memudahkan menghubungkan data dari berbagai sistem yang berada di berbagai lokasi. Kemampuan platform ini memberikan pengalaman yang benar-benar terhubung dengan lebih cepat. Perusahaan dapat mempercepat waktu penyampaian TI, meningkatkan fleksibilitas perusahaan dan berinovasi dalam skala besar. Hal ini dilakukan melalui pengintegrasian sistem dan penggabungan data dengan API yang dapat digunakan kembali.
  • Data Cloud membantu perusahaan lebih memahami dan membuka data pelanggan serta memberikan wawasan untuk ditindaklanjuti secara real time dan dalam skala besar. Perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan data, meningkatkan kecepatan dalam memperoleh wawasan, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dengan menyatukan semua data dan analitik di satu tempat.
  • Einstein GPT Trust Layer mengatasi kekhawatiran akan risiko terkait penerapan AI generatif. Solusi ini memungkinkan pelanggan memenuhi tuntutan keamanan data dan kepatuhan perusahaan mereka, sekaligus menawarkan manfaat AI generatif bagi pelanggan. Ini memungkinkan perusahaan memulai dengan AI generatif yang dapat dipercaya lebih cepat dengan mengoptimalkan model tepat untuk tugas yang sesuai. Kemampuan solusi ini juga dapat mencegah model bahasa berukuran besar (Large Language Model) dalam menyimpan data sensitif pelanggan.
  • Trailhead adalah alat pembelajaran online Salesforce, yang gratis dan tersedia untuk semua orang di Trailhead.com. Seseorang dapat belajar dari tingkat teknis yang rendah sampai mencapai peran dalam Salesforce dalam waktu sekitar enam bulan dengan Trailhead. Peran yang dapat diraih mencakup Sales and Marketing, Salesforce Administrator, atau Salesforce Developer.

Saat ini Einstein GPT tersedia untuk pelanggan Salesforce dalam uji coba tertutup. Sementara itu platform Sales GPT dan Service GPT sudah tersedia saat ini. Sedangkan Marketing GPT tersedia untuk pelanggan Salesforce dalam uji coba tertutup dan akan tersedia untuk umum pada Oktober 2023. Pada bulan tersebut juga akan dilakukan uji coba tertutup Commerce GPT bagi pelanggan Salesforce, dan tersedia pada Februari 2024.

Salesforce di Indonesia

Kekuatan AI, CRM dan data digabungkan portofolio produk dan layanan Salesforce, yaitu Customer 360. Berbagai organisasi telah didukung Salesforce untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan pengalaman pelanggan melalui Customer 360. Hasil bisnis yang nyata telah dicapai dalam perjalanan transformasi digital beberapa organisasi. Beberapa organisasi tersebut termasuk GoTo, Lion Parcel, United Tractors dan Xendit.

 Berikut ini adalah beberapa hasil bisnis tersebut:

  • produktivitas yang meningkat
  • penyelesaian masalah layanan yang lebih cepat
  • peningkatan kepuasan pelanggan yang meningkat

Kemitraan Lion Parcel dengan Salesforce telah meningkatkan pengalaman pelanggan Lion Parcel. Solusi Sales dan Service Cloud yang digunakan Lion Parcel memberikan wawasan 360˚ mengenai pelanggan dan dapat mempersonalisasi layanan. Transaksi pun dapat dipercepat dan meningkatkan pemberdayaan lebih besar dalam tenaga kerja. Solusi tersebut meningkatkan penjualan Lion Parcel 70%, Net Promoter Score 20% dan efisiensi biaya 30%.

Kementerian Kesehatan membangun platform untuk menghubungkan lebih dari 60.000 layanan kesehatan secara nasional. Skrining digital, peringatan, ketersediaan vaksin dan ketersediaan tempat tidur rumah sakit dapat ditampilkan secara real-time dengan aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah memanfaatkan Tableu untuk membangun aplikasi tersebut juga untuk memantau situsasi COVID-19. Upaya ini dilakukan dengan tetap memastikan privasi, keamanan dan pengendalian data. 

Xendit memanfaatkan Sales Cloud dan Pardot untuk memberikan tim penjualan dasbor 360. Salesforce Pardot merupakan solusi automasi pemasaran B2B yang memberdayakan bisnis untuk melakukan penjualan lebih efektif dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Solusi-solusi tersebut mempersonalisasi interaksi dengan pelanggan, memastikan visibilitas jalur bisnis baru di seluruh bisnis, dan memberdayakan pengambilan keputusan lebih terinformasi. Selama kurang dari setahun, Xendit telah mengalami peningkatan 11% dalam waktu siklus penjualannya.

Baca juga: Terima Pendanaan Seri-C, Xendit Berencana Ekspansi ke Negara-negara Asia Tenggara

Saat ini, beberapa mitra dari Salesforce di Indonesia mencakup Deloitte, PwC, TMS, Metrodata, Trees Solutions, dan lain-lain.

"Salesforce memungkinkan kami memiliki visibilitas dan kontrol penuh terhadap operasi kami, mulai dari penjualan, dukungan purna jual, hingga tim analitik. Hal ini memungkinkan kami memiliki operasional yang lancar dan kuat serta responsif terhadap perubahan pasar," ucap Cindy Christian, Head of Digital, United Tractors.

Share:

Artikel Terkini