AWS dan CDT Dukung Modernisasi Core System BNI Multifinance AWS dan CDT Dukung Modernisasi Core System BNI Multifinance ~ Teknogav.com

AWS dan CDT Dukung Modernisasi Core System BNI Multifinance

Teknogav.com – BNI Multifinance telah menyelesaikan proses modernisasi core system mereka dengan Amazon Web Services (AWS). Hal ini diumumkan oleh PT Central Data Technology (CDT) sebagai AWS Advanced Services Partner. Modernisasi core system tersebut akan mendukung BNI Multifinance dalam memastikan operasi yang tangguh, aman dan optimal.

Proyek modernisasi core system BNI Multifinance mempercepat evolusi perusahaan tersebut untuk melakukan transformasi digital. Kolaborasi CDT dan AWS dalam memodernisasi core system BNI Multifinance tersebut mendukung rencana strategi bisnis dan digitalisasi layanan BNI Multifinance. Dukungan CDT dan AWS mempercepat dan memudahkan BNI Finance dalam menawarkan produk dan layanan digital baru sesuai kebutuhan pelanggan. Perusahaan pun dapat memastikan kepatuhan pada peraturan yang berlaku.

Baca juga: Para Mitra AWS Siap Dukung Transformasi Digital Perusahaan Berbagai Sektor

Sebelumnya core system BNI Multifinance menggunakan arsitektur berbasis on-premises. Arsitektur tersebut kurang bisa memenuhi kebutuhan fleksibilitas dan skalabitas dalam mengembangkan layanan digital baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Migrasi core system BNI Multifinance ke cloud akan memudahkan pengembangan dan kerja aplikasi dan layanan di berbagai lingkungan teknologi. Keamanan aplikasi dan layanan juga bisa lebih terjamin.

“Teknologi dan layanan AWS serta keahlian CDT sebagai Advanced Consulting Partner AWS di Indonesia memungkinkan kami untuk meningkatkan efisiensi operasional, mendorong inovasi dan juga menawarkan tingkat ketahanan dan keamanan yang lebih tinggi dalam merespons secara lebih efektif kebutuhan pelanggan yang terus meningkat dan pertumbuhan strategis kami. Kerjasama dengan AWS dan CDT dalam proyek transformasi ini, menjadikan BNI Multifinance mampu merespons kebutuhan konsumen yang selalu berubah-ubah dengan lebih cepat, mengalokasikan sumber daya kami secara lebih efisien untuk fokus pada apa yang mendorong pertumbuhan, dan menghadirkan layanan serta produk ke pasar dengan lebih kompetitif," ucap Ibu Legendariah, Director of Finance, IT & Operations BNI Multifinance.

Penerapan core system baru BNI Multifinance berlangsung cepat dan efisien, sehingga selesai dalam tiga bulan.  Rata-rata proses penggantian core system membutuhkan waktu 12 bulan. Proyek tersebut juga bisa selesai tanpa adanya gangguan pada operasional bisnis yang signifikan. Keberhasilan migrasi ke AWS Cloud membantu BNI Multifinance dalam memastikan operasional bisnis dengan tangguh, aman dan optimal. Selain itu, core system baru ini juga mendukung inovasi dan pertumbuhan.

Baca juga: AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Resmi Dibuka

CDT memanfaatkan tiga Zona Ketersediaan AWS di Wilayah Asia Pasifik (Jakarta) dalam membangun sistem pemulihan bencana andal bagi BNI Multifinance. Pendekatan infrastruktur ini efektif meningkatkan ketersediaan sistem perusahaan, menjauhkan risiko potensi down time dan kehilangan data.
Sejumlah layanan AWS Cloud yang digunakan BNI Multifinance adalah sebagai berikut:

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) untuk menjalankan layanan aplikasi-aplikasi utama
  • Relational Database Service (RDS) untuk menyimpan data-data kritikal dari core systems, termasuk automatic backups, software patching, dan monitoring
  • Elastic Kubernetes Service (EKS) untuk menjalankan aplikasi dalam beberapa kontainer untuk mensimulasikan lingkungan aplikasi disimulasikan sesuai kondisi lingkungan aslinya
  • Web Application Firewall (WAF) untuk meningkatkan keamanan data dengan melindungi aplikasi berbasis web dan database yang dimigrasikan

"AWS memberikan pelanggan kemampuan untuk membangun aplikasi berbasis teknologi cloud yang canggih dan mencapai tingkat keamanan, ketersediaan, dan ketangguhan tertinggi. Kami sangat berkomitmen untuk mendukung bisnis lokal seperti CDT dalam mempercepat transformasi industri di Indonesia.  Bersama dengan CDT, kami sangat senang berkontribusi dalam mendorong BNI Multifinance, yang memiliki posisi utama dalam menyediakan layanan keuangan, untuk memberikan pengalaman pelanggan yang dapat membedakan BNI Multifinance di masa kini dan masa mendatang,” ucap Anthony Amni, Country Manager, AWS Indonesia.

Baca juga: Program AWS Lift Dukung Transformasi Digital UKM dengan Hemat

CDT telah menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan untuk membantu perjalanan transformasi digital mereka, termasuk BNI Multifinance. Kemitraan tersebut dapat mempercepat inisiatif modernisasi aplikasi perusahaan. Keahlian CDT sebagai Advanced Consulting Partner AWS mendukung BNI Multifinance untuk lebih tangguh, fleksibel dan siap menghadapi tantangan masa depan. Perusahaan dapat meningkatkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi yang menjadi tuntutan dalam menghadapi tantangan masa depan tersebut.

“Kami berkomitmen untuk terus memperkuat kolaborasi dengan AWS dan bersama-sama mendorong transformasi digital perusahaan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi dan layanan AWS Cloud,” ucap Lugas M Satrio, CEO PT Central Data Technology.

Share:

Artikel Terkini