Bank OCBC NISP Gandeng Pegadaian untuk Hadirkan Tabungan Emas Digital Bank OCBC NISP Gandeng Pegadaian untuk Hadirkan Tabungan Emas Digital ~ Teknogav.com

Bank OCBC NISP Gandeng Pegadaian untuk Hadirkan Tabungan Emas Digital

Mahendra Koesumawardhana, Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP dan Sahat P. Pangaribuan, Senior Executive Vice President Transformation Office PT Pegadaian

Teknogav.com -  Bank OCBC NISP resmi menghadirkan Tabungan Emas Digital yang didukung Pegadaian. Langkah ini menjadikan Bank OCBC NISP sebagai bank pertama yang bekerja sama dengan Pegadaian untuk menghadirkan tabungan emas digital. Sebelumnya, Pegadaian telah bekerja sama dengan Bareksa, Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia. Kehadiran Tabungan Emas Digital di ONeMobile ini sejalan juga dengan misi Pegadaian untuk menciptakan ekosistem emas bagi masyarakat. 

Tabungan Emas Digital yang diluncurkan Bank OCBC NISP merupakan layanan berbasis syariah dan dapat diakses melalui aplikai ONeMobile. Produk ini memungkinkan nasabah untuk berinvestasi mulai dari Rp10 ribu. Peluncuran produk ini sesuai komitmen Bank OCBC NISP untuk menabung dan berinvestasi agar sehat secara keuangan. 

Data OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023 menunjukkan bahwa angka kesehatan keuangan generasi muda Indonesia 41,16 dari 100. Tentu saja angka tersebut masih bisa ditingkatkan. Data OCBC NISP FFI 2023 tersebut juga menunjukkan bahwa baru 33% generasi muda yang memahami seputar tabungan emas online. Sementara, skor kesehatan keuangan yang lebih baik dimiliki oleh mereka yang telah memahami ketentuan produk dan manfaat tabungan emas online

Baca juga: Kartu Kredit dan Debit NYALA dari OCBC Mudahkan Transaksi di Luar Negeri

“Kami percaya bahwa generasi muda memiliki potensi yang besar untuk menjadi trendsetter ‘merdeka secara finansial’, agar masyarakat Indonesia lebih mandiri untuk mengejar aspirasi kehidupan, " ucap Amir Widjaya, EVP Marketing and Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP.

Berbagai layanan dan produk investasi disediakan Bank OCBC NISP demi mendukung masyarakat, khususnya generasi muda agar keuangannya sehat. Upaya ini dilakukan agar mereka dapat tetap menikmati gaya hidup zaman sekarang. Salah satu produk investasi yang disediakan ini adalah Tabungan Emas Digital. 

Baca juga: OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 Ungkap Kesehatan Keuangan Generasi Muda

 “Pegadaian memiliki visi yang sama dengan Bank OCBC NISP yaitu untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Kami menyambut baik kolaborasi yang dilakukan dengan Bank OCBC NISP dalam menyediakan fitur Tabungan Emas diaplikasi ONeMobile. Kami berharap kolaborasi ini dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi emas sejak dini. Hal ini karena emas termasuk 10 instrumen investasi yang terbesar dari sisi komoditas dan merupakan instrumen investasi yang telah membuktikan ketahanannya terhadap krisis tahun 2008, krisis tahun 2018, bahkan pada tahun 2020 saat terjadi pandemi. Target kami adalah mengemaskan Indonesia, serta dapat tumbuh bersama-sama demi mewujudkan inklusi keuangan dan financial fit,” ucap Sahat P. Pangaribuan, Senior Executive Vice President Transformation Office PT Pegadaian. 

Sahat P. Pangaribuan, Senior Executive Vice President Transformation Office PT Pegadaian

Tabungan Emas yang dihadirkan Bank OCBC NISP praktis karena nasabah tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi lain. Pembelian dapat dilakukan langsung menggunakan rekening tabungan atau giro yang ada, baik rekening konvensional maupun rekening syariah. Demikian juga untuk penjualan kembali dapat langsung masuk ke rekening bank. Tabungan Emas yang sudah terkumpul pun dapat dikonversi menjadi emas fisik dengan mengunjungi gerai Pegadaian Nasabah. Tentu saja pencetakan emas fisik ini dikenakan biaya tergantung brand emas yang dipilih, misalnya ANTAM atau Lotus Archi. Selama emas tidak dicetak, fisik emas tetap tersimpan di Pegadaian, sehingga nasabah tidak perlu repot menyimpan emas di rumah atau menyewa Safe Deposit Box (SDB). Transaksi emas di Tabungan Emas dapat dilakukan mulai Rp10 ribu baik untuk jual maupun beli. 

Baca juga: Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP Dukung Kesehatan Keuangan

Mahendra Koesumawardhana, Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP

“Tabungan emas merupakan salah satu instrumen investasi halal berakad syariah yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mendiversifikasi investasinya. Bersama dengan Pegadaian, Bank OCBC NISP makin optimis dalam menghadirkan Tabungan Emas sebagai produk dan layanan investasi berbasis syariah yang mudah, aman, dan terjangkau,” pungkas Mahendra Koesumawardhana, Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP.

Cara Mendaftar Tabungan Emas di Aplikasi ONeMobile 

Saat pertama kali bertransaksi di Tabungan Emas melalui aplikasi ONeMobile, nasabah harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran Tabungan Emas:

  1. Buka aplikasi ONe Mobile, kemudian login dan pilih menu 'Investasi'.
  2. Pilih 'Tabungan Emas' dan tekan 'Mulai’
  3. Tekan tombol 'Beli' untuk mulai mendaftar Tabungan Emas.
  4. Verifikasi data seperti e-KTP, swafoto dengan KTP, dan pilih kantor cabang Pegadaian terdekat.
  5. Lengkapi semua informasi yang diminta, kemudian klik ‘Simpan’.
  6. Checklist semua Syarat dan Ketentuan, kemudian tekan ‘Lanjut’.
  7. Masukkan PIN Transaksi ONe Mobile.
Proses verifikasi data tersebut membutuhkan waktu paling lama tiga hari kerja. Setelah data berhasil diversifikasi dan Tabungan Emas telah disetujui, maka pembelian emas dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi ONe Mobile, kemudian login dan tekan ‘Investasi’, pilih ‘Tabungan Emas’, lalu tekan ‘Mulai’ untuk melakukan transaksi.
  2. Pada layar akan tampil rincian harga saat ini. Tekan ‘Beli’.
  3. Masukan nilai emas yang ingin dibeli, lalu tekan  ‘Beli’ dan pilih sumber dana.
  4. Periksa ringkasan pembelian dan tekan ‘Konfirmasi’.
  5. Berikan persetujuan Syarat dan Ketentuan, kemudian masukan PIN transaksi.

Transaksi pembelian tersebut pun selesai. Jika ingin melakukan penjualan emas digital, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi ONe Mobile, kemudian login dan tekan ‘Investasi’, pilih ‘Tabungan Emas’, lalu tekan ‘Mulai’ untuk melakukan transaksi.
  2. Pada layar akan tampil informasi saldo emas yang dimiliki. Tekan ‘Jual’.
  3. Masukkan nilai emas yang ingin dijual dan tekan ‘Jual’, lalu pilih rekening pencairan. 
  4. Berikan persetujuan pada Syarat dan Ketentuan, masukkan PIN Transaksi.
Nah, mudah kan melakukan transaksi beli dan jual emas di Tabungan Emas Digital dari Bank OCBC NISP ini. 

Share:

Artikel Terkini