OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 Ungkap Kesehatan Keuangan Generasi Muda OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 Ungkap Kesehatan Keuangan Generasi Muda ~ Teknogav.com

OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 Ungkap Kesehatan Keuangan Generasi Muda

Teknogav.com - Financial Fitness Index merupakan laporan penelitian tahunan mengenai kesehatan keuangan generasi muda Indonesia yang disusun Bank OCBC NISP dan NIQ. Hasil penelitian tahun ini menunjukkan bahwa skor kesehatan finansial generasi muda Indonesia terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Sayangnya, masih banyak pula generasi muda yang masih keliru dalam mengambil keputusan mengenai pengeluaran yang berdampak pada skor kesehatan finansial.

Skor kesehatan finansial generasi muda berdasarkan data Financial Fitness Index (FFI) tahun ini 41,16, naik 1,10 poin dibandingkan tahun lalu. Kendati demikian, beberapa segmen generasi muda memiliki skor kesehatan finansial yang rendah. Skor kesehatan finansial yang rendah dimiliki oleh mereka yang melakukan pengeluaran secara impulsif dan memiliki mindset definisi ‘kaya’ yang salah.

Baca juga: Bank OCBC NISP Gandeng Pegadaian untuk Hadirkan Tabungan Emas Digital

Hasil OCBC NISP Financial Fitness Index. 

Deskripsi 

2022 

2023 

YoY 

Skor keseluruhan 

40,06 

41,16 

+ 1,10 

Menghabiskan uang untuk gaya hidup 

76% 

73% 

-3% 

Memiliiki definisi kurang tepat tentang “kaya” 

41% 

42% 

+ 1% 

Pengeluaran Impulsif

Data FFI menunjukkan bahwa 35% anak muda pernah melakukan pengeluaran secara impulsif selama enam bulan terakhir. Pengeluaran tersebut mencakup untuk membeli tiket konser, jalan-jalan atau belanja berlebihan. Generasi muda yang melakukan pengeluaran secara impulsif ini 60% merupakan segmen dengan penghasilan Rp5 juta sampai Rp8 juta per bulan. Hal ini menyebabkan skor finansial generasi muda di segmen tersebut pun menurun. Kendati demikian, persentase generasi muda yang pengeluarannya ditujukan untuk gaya hidup sudah cukup menurun. Tahun lalu persentase tersebut mencapai 76%, dan tahun ini menjadi 73% atau turun 3%.

Kesalahan Mindset Definisi Kaya

Jumlah generasi muda yang menganggap definisi kaya sebagai sering liburan ternyata meningkat 350%. Skor kesehatan finansial generasi muda yang meyakini definisi kaya berkaitan dengan hal-hal bersifat non-investasi pun rendah. Sebaliknya, skor finansial lebih sehat dimiliki generasi muda yang mengaitkan kaya dengan memiliki produk investasi seperti properti, emas dan lain-lain. Hal ini ditanggapi oleh Najwa Shihab, jurnalis dan pendiri Narasi. Menurutnya cara mengawali menjadi generasi muda yang berkualitas adalah dengan memiliki mindset yangd benar mengenai definisi kaya.

Najwa Shihab, jurnalis dan pendiri Narasi

“Jangan mudah tergiur dengan apa yang dilihat di media sosial, karena tidak semuanya seindah kelihatannya. Nah, di sinilah media dan public figure bisa ikut mengambil peran dalam membentuk mindset generasi muda tentang kesehatan finansial. Tidak harus selalu berbagi tentang kekayaan dan kemewahan, tetapi juga bagi ilmu bermanfaat tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Di sisi lain, generasi muda juga harus mau belajar dan disiplin mengatur uang dan berinvestasi sejak dini. Hal ini agar mereka bisa menjadi trendsetter bukan hanya dalam hal lifestyle tapi juga finansial,” ucap Najwa.

Baca juga: Kartu Kredit dan Debit NYALA dari OCBC Mudahkan Transaksi di Luar Negeri

Sejumlah 54% generasi muda saat ini merupakan bagian dari sandwich generation, meningkat 9% dibandingkan tahun sebelumnya. Skor kesehatan finansial sandwich generation cenderung lebih sehat, yaitu 41,8. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan skor kesehatan finansial Indonesia secara keseluruhan.

“Hal ini menunjukkan bahwa kesempatan untuk sehat secara finansial bisa diraih oleh semua kalangan, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki lebih banyak tantangan finansial. Artinya, dengan lebih fokus ke goals tertentu, seseorang bisa menjadi lebih sehat finansialnya,” ucap Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NIQ Indonesia.

Layanan NYALA dan Solusi Financial Fitness

Skor kesehatan finansial Indonesia masih di bawah batas sehat secara finansial. Bank OCBC NISP pun berkomitmen untuk terus mengedukasi mengenai kesehatan finansial. Layanan NYALA dan solusi Financial Fitness dihadirkan Bank OCBC NISP untuk membantu menjaga keseimbangan gaya hidup dengani investasi yang aman. 

Baca juga: Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP Dukung Kesehatan Keuangan

Semua orang bisa mengikuti kelas dan konten belajar finansial gratis di ruangmenyala.com. Tes kesehatan finansial juga bisa dilakukan untuk melihat skor mereka. Lebih dari 2.000 orang telah berhasil diajak Bank OCBC NISP dalam Gerakan Masal Financial Check Up di awal Agustus. Upaya ini dilakukan agar makin banyak orang yang sehat secara finansial. Sementara itu Financial Fitness Gym merupakan sarana untuk melatih kesehatan finansial bersama Financial Coach terpercaya.

Amir Widjaya, EVP Marketing & Lifestyle BusinessDivision Head Bank OCBC NISP

“Sehat finansial bisa dicapai semua kalangan, terlepas dari latar belakang dan status ekonomi. Semua orang tentu memiliki kebutuhan hiburan atau lifestyle, dan memenuhi kebutuhan tersebut bukanlah hal yang negatif. Namun, generasi muda harus pintar menyiasati agar keinginan tidak mengorbankan kebutuhan dasar lainnya. Kami menyerukan bahwa lifestyle terus jalan, investasi tetap aman, dan jadi #FinanciallyFit bisa dilakukan bersamaan, selama pembagian dananya sudah benar dengan tidak mengorbankan dana darurat atau investasi,” ucap Amir Widjaya, EVP Marketing & Lifestyle BusinessDivision Head Bank OCBC NISP.

Masyarakat juga bisa meraih tujuan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang melalui fitur Life Goals di aplikasi ONe Mobile. Berbagai produk-produk keuangan juga disediakan Bank OCBC NISP dalam mewujudkan komitmen untuk meningkatkan kesehatan finansial masyarakat. Bank OCBC NISP juga mempelopori gerakan #Save20. Gerakan ini mengajak untuk menyisihkan dana mulai dari Rp20 ribu untuk ditabung atau diinvestasikan di ONe Mobile. 

“Perpaduan riset yang konsisten kami adakan setiap tahun dan solusi serta produk finansial yang komprehensif dari Bank OCBC NISP, kami berharap dapat mendukung masyarakat untuk memiliki kebiasaan finansial yang lebih baik, agar skor kesehatan finansial Indonesia makin bagus ke depannya. Riset ini juga menjadi dasar bagi kami untuk menghadirkan solusi dan produk dengan beragam keuntungan dan program agar sesuai dengan kebutuhan nasabah. Hal ini merupakan wujud nyata komitmen Bank OCBC NISP untuk mengambil langkah konkret dalam mendukung masyarakat Indonesia agar makin #FinanciallyFit,” pungkas Amir.

Share:

Artikel Terkini