Pertamina Geothermal Energy Kunjungi PLTP di Kenya Pertamina Geothermal Energy Kunjungi PLTP di Kenya ~ Teknogav.com

Pertamina Geothermal Energy Kunjungi PLTP di Kenya

Teknogav.com - Setelah menandatangani Nota Kesepahaman penambangan potensi panas bumi dengan AGIL, PT Pertamina Geothermal Energy melakukan kunjungan ke PLTP di Kenya. Salah satu Lapangan Panas Bumi  yang dikunjungi adalah Olkaria I yang merupakan lokasi pembangkit listrik panas bumi tertua di Kenya. Kunjungan dilakukan Julfi Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.  pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Dalam kunjungan, Julfi Hadi didampingi perwakilan dari Marubeni Power & Infrastructure Systems Corporation dan Kenya Electricity Generating Company PCL (KenGen). Perwakilan dari Marubeni Power & Infrastructure Systems Corporation adalah Akihisa Tomioka dan Tazio Kawai. Sedangkan perwakilan dari KenGen adalah Francis Makawaba, Operation Manager Olkaria KenGen. Mereka bersama-sama melakukan site tour di Olkaria I. Menurut Julfi Hadi, banyak pengetahuan yang dapat digali dari kunjungan ke Olkaria I tersebut. Pemanfaatan teknologi lanjutan yang sudah diterapkan KenGen dan Marubeni dalam operasional PLTP di Olkaria I merupakan salah satunya.

Baca juga: Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi                       

Julfi Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.; dan Rachmat Hidajat, Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

Baca juga: PGE Hululais Siap Tambahkan Kapasitas Terpasang dengan Teknologi Co-generation 

Marubeni adalah perusahaan asal Jepang yang merupakan kontraktor utama EPCC (Engineering Procurement Construction and Commissioning) untuk Olkaria I Unit 6. Perusahaan tersebut juga terlibat dalam EPCC Lumut Balai Unit I milik Pertamina Geothermal Energy. PLTP di Olkaria I merupakan PLTP tertua di Kenya yang mengadopsi teknologi terintegrasi dari berbagai Original Equipment Manufacturer (OEM) dalam satu komplek.

"Kami mendapatkan banyak informasi bagaimana  potensi panas bumi dikelola secara efisien di Kenya. Optimalisasi potensi yang didukung dengan teknologi dan pengelolaan bisnis yang makin efisien ini penting  untuk membawa PGE meraih target menjadi 1 GW company dalam dua tahun ke depan," ucap Julfi.

Teknologi Geothermal Wellhead Generating Unit (GWGU) diterapkan lapangan panas bumi Olkaria pada salah satu unit berkapasitas 88,5 MW. Uap dari kepala sumur dapat langsung masuk ke fasilitas produksi dengan teknologi ini. Jadi tidak perlu menunggu mencapai kapasitas tertentu. Produksi listrik pun lebih cepat, sehingga bisa memonetisasi sumur-sumur yang sudah dibor. Air yang dihasilkan proses pemisahan uap (brine water) juga dimanfaatkan PLTP ini untuk diinjeksi kembali ke reservoir. 

Julfi Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.; dan Rachmat Hidajat, Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

Para perwakilan KenGen menyambut baik kunjungan delegasi PGE. Harapannya kunjungan tersebut dapat memberikan manfaat bagi PGE dan KenGen dengan berbagi pengetahuan, terutama dalam penerapan teknologi yang efisien. Selain itu, mereka juga bisa berkolaborasi di masa mendatang.

Selain PLTP Olkarian U, PGE juga berkesempatan berkunjung ke PLTP lain, termasuk Olkaria III. PGE juga berkunjung ke Lapangan panas bumi Longonot, Lapangan Menengai, Akiira Geothermal Project dan Lapngan Suswa. Kunjungan PGE ke Kenya diharapkan Julfi dapat menginspirasi PGE untuk terus mengoptimalkan potensi panas bumi di Indonesia.
Share:

Artikel Terkini