PGE Hululais Siap Tambahkan Kapasitas Terpasang dengan Teknologi Co-generation PGE Hululais Siap Tambahkan Kapasitas Terpasang dengan Teknologi Co-generation ~ Teknogav.com

PGE Hululais Siap Tambahkan Kapasitas Terpasang dengan Teknologi Co-generation

Teknogav.com - Saat ini, fasilitas unit 1 dan unit 2 proyek Hululais PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) mendukung  kapasitas 110 MW. PGE telah menyelesaikan kegiatan infrastruktur, pengeboran sumur, dan kajiam teknis untuk fasilitas tersebut. Rencananya PGE akan menambah kapasitas terpasang sampai 60 MW menggunakan teknologo co-generation. Koordinasi lintas instansi dilakukan PGE secara intensif demi kelancaran penambahan kapasitas ini. 

PGE menargetkan untuk meningkatkan kapasitas terpasang yang dikelola secara langsung dari 672 MW menjadi 1 GW. Harapannya, target ini dapat diwujudkan dalam dua tahun. Selama dua tahun mendatang, PGE akan menambah kapasitas 340 MW demi mencapai target tersebut. Penambahan kapasitas 340 MW tersebut akan diperoleh dari proyek-proyek yang sudah siap dieksekusi seperti proyek Hululais. Selain itu, ada juga proyek Lumut Balai (Unit 2) sebesar 55 MW. PGE juga akan mengoptimalkan teknologi co-generation di area-area yang sudah ada. Area-area tersebut mencakup Hululais, Lumut Balai, Ulubelu, dan Lahendong.

Baca juga: Terus Maksimalkan Potensi Panas Bumi, Ini Persiapan Pertamina Geothermal Energy

Persiapan penambahan kapasitas terpasang pada proyek Hululais yang matang disampaikan oleh Julfi Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Hal ini disampaikan saat berkunjung ke kantor Gubernur Bengkulu pada Selasa, 8 Agustus 2023. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Beliau didampingi pejabat daerah lain, di antaranya Plt. Asisten 2 dan Kepala Dinas ESDM. Pertemuan tersebut membahas potensi panas bumi di wilayah Hululais dan pemanfaatan untuk masyarakat sekitar.

"Penambahan kapasitas terpasang sebesar 60 MW ini dihasilkan dari pengoptimalisasian teknologi co-generation di Hululais dalam dua tahun mendatang.” 

Baca juga: Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi                       

Langkah PGE dalam memanfaatkan sumber daya panas bumi di Bengkulu ini diapresiasi Gubernur Bengkulu. 

"Kami harap ke depannya, sinergi yang dibangun ini akan bermanfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan di Provinsi Bengkulu."

Share:

Artikel Terkini