DANA Dukung Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital di Samarinda DANA Dukung Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital di Samarinda ~ Teknogav.com

DANA Dukung Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital di Samarinda

Teknogav.com – DANA menandatangani Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kota Samarinda mengenai pemanfaatan fasilitas dan layanan dompet digital di Kota Samarinda. Kerja sama tersebut bertujuan memajukan kecakapan keuangan digital masyarakat sesuai komitmen DANA dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Kesepakatan Bersama ditandatangani Hero Mardanus Satyawan, Sekretaris Daerah Kota Samarinda dan Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia. 

 “Pemerintah Kota Samarinda menyambut baik adanya kesepakatan kerjasama dengan DANA. Hal ini terkait dengan digitalisasi pembayaran dalam rangka meningkatkan akses layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Kami juga mendukung langkah DANA dalam melakukan upaya perluasan ‘UMKM Go Digital’. Langkah tersebut dilakukan dengan pendampingan agar para pelaku usaha dapat meningkatkatkan kapasitas secara inklusif dan berkelanjutan. Segala upaya ini sejalan dalam rangka menyongsong keberadaan IKN di mana Kota Samarinda akan menjadi salah satu kota penyangga,” ucap Hero Mardanus Satyawan, Sekretaris Daerah Kota Samarinda.

Baca juga: DANA Berkolaborasi dengan Dekranasda Pontianak Dukung Digitalisasi UMKM

Kolaborasi antar seluruh sistem ekonomi digital sangat penting untuk mewujudkan komitmen DANA tersebut. DANA pun terus mengusung komitmen tersebut dengan mendukung berbagai inisiatif pemerintah. Salah satunya adalah kolaborasi DANA dengan Pemerintah Kota Samarinda untuk mewujudkan visi Pemerintah Kota Samarinda dalam menciptakan 10.000 UMKM. Upaya ini juga dilakukan untuk menyambut kehadiran Ibu Kota Negara Nusantara. 

Peran DANA dalam melakukan digitalisasi dan sosialisasi literasi keuangan bagi UMKM dilakukan melalui program DANA Academy. DANA juga mendukung digitalisasi pembayaran fasilitas publik demi meningkatkan pelayanan yang disediakan Pemkot Samarinda.

Reancy Triashari, Public Affairs Manager DANA Indonesia; Muhamad Rais, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim; Agustina Samara, Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia; Ir. Hero Mardanus Satyawan MT, Sekretaris Daerah Kota Samarinda; Nurrahmani, S.IP, MM, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Samarinda; Idfi Septiani, Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Samarinda; dan Sofyan Ady Wijaya, S.Sos. M.Si, Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Samarinda

Baca juga: Wisata Susuri Sungai Kapuas Bisa Pakai DANA

“Kami menyambut baik upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda. DANA merupakan dompet digital yang menyimpan misi untuk menjadikan keuangan digital makin inklusif. Komitmen DANA adalah menghadirkan satu solusi terintegrasi untuk berbagai kebutuhan agar mampu mendorong kemudahan bertransaksi secara digital dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi,” ucap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia.  

Setelah penandatanganan Kesepakatan Bersama, DANA menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan bisnis bagi UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Samarinda. Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan melalui program DANA Academy. Kegiatan tersebut didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, Dinas Perdagangan Kota Samarinda, serta Bank Indonesia KPw Kalimantan Timur. Fokus beberapa materi pelatihan terletak pada peningkatan kapasitas dan up-scalling workshop UMKM Kota Samarinda. Beberapa materi tersebut mencakup pengelolaan keuangan, pengenalan manfaat adopsi QRIS sampai pemasaran menggunakan kemasan produk yang menarik.

Baca juga: DANA Dukung Program Percepatan Inklusi Keuangan di Pelosok Kalimantan Timur

“Kami berharap, dengan diadakannya Pelatihan UMKM DANA Academy serta Penandatanganan MoU antara DANA dan Pemerintah Kota Samarinda dapat meningkatkan sinergi kita semua dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital di Kalimantan Timur. Salah satu dukungan ini dilakukan melalui kanal QRIS. Kami juga berharap pelaku UMKM dapat menjadi agen perubahan bagi ekosistem transaksi nontunai di sekitarnya,” ucap Muhamad Rais, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur.

DANA terus mengedukasi secara berkelanjutan melalui program DANA Academy. Saat ini, DANA Academy telah berjalan di delapan kota di Indonesia. Program ini diharapkan dapat terus memperluas ekosistem DANA Bisnis ke berbagai wilayah lain. Konsistensi DANA dalam melakukan upaya tersebut demi meningkatkan kompetensi UMKM dan transformasi UMKM dalam ekosistem digital. Upaya ini diharapakan dapat membawa perubahan signifikan demi keberhasilan setiap daerah.

Share:

Artikel Terkini