DANA Raih Penghargaan ‘Kantor dengan Tema Nuansa Indonesia Terbanyak’ dari MURI DANA Raih Penghargaan ‘Kantor dengan Tema Nuansa Indonesia Terbanyak’ dari MURI ~ Teknogav.com

DANA Raih Penghargaan ‘Kantor dengan Tema Nuansa Indonesia Terbanyak’ dari MURI

Teknogav.com – Dompet digital DANA meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), yaitu sebagai ‘Kantor dengan Tema Nuansa Indonesia Terbanyak’. Inaugurasi penghargaan tersebut digelar bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober. Serah terima penghargaan dilakukan Triyono, Senior Manajer MURI dan Vince Iswara, CEO & Co-founder DANA Indonesia di kantor pusat DANA.

MURI adalah lembaga yang mencatat karya dan karsa bangsa agar dapat menjadi bangsa yang besar. Penghargaan yang diberikan MURI diharapkan dapat menginspirasi bangsa Indonesia.

“Dalam memberikan penilaian, MURI memiliki tiga kategori penilaian. Pertama adalah superlatif, yaitu segala sesuatu yang tolok ukurnya jelas. Kedua adalah sesuatu yang belum pernah ada sehingga bisa dicatat sebagai rekor agar bisa diinventaris. Hal ini dilakukan agar jangan sampai beli teknologi dari luar padahal sudah pernah dibuat. Ketiga adalah unik dan langka, biasanya fenomena alam seperti bangunan candi. Rekor yang diraih DANA hari ini masuk dalam kategori Superlatif. Hal ini terlihat dari konsep kantor DANA. Ada 226 tema nuansa Indonesia yang melibatkan 1129 objek, mulai dari ornamen sampai furnitur. Selain beragam, ornamen ini juga tak kehilangan fungsi, misalnya sebagai peredam suara,” ucap Triyono.

Triyono, Senior Manajer Museum Rekor-Dunia Indonesia

Baca juga: DANA Fokus Menjadi Dompet Digital yang Trusted, Friendly dan Accessible

Unsur-unsur yang terdapat di berbagai area di kantor DANA mengandung unsur keindahan alam, serta kekayaan adat dan budaya Indonesia. Lantai 17 kantor DANA dipenuhi dengan tema keindahan alam, sedangkan di lantai 17 diisi dengan kekayaan adat dan budaya Indonesia. Keindahan alam di lantai 17 mencakup nama-nama pasar, gunung, sawah dan pulau di Indonesia. Area yang dapat dimanfaatkan untuk rapat mencakup Pasar Beringharjo, Gunung Merapi, Gunung Krakatau, Sawah dan lain-lain. DANA menggandeng seniman buta warna untuk membuat Area Sawah dan Tau Humba yang merupakan bentuk penerapan nilai kesetaraan.

ruang Pasar Lok Baitan di lantai 18 kantor DANA Indonesia

“Sejak awal DANA menginjakkan kaki di gedung ini, kami secara khusus mengonsepkan kantor DANA sebagai kantor dengan nuansa Indonesia modern. Nuansa ini terinspirasi dari warisan alam maupun budaya Indonesia yang begitu kaya. Elemen Indonesia yang hadir di berbagai sudut ruangan kantor DANA, diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh karyawan DANA untuk menghadirkan produk dan layanan yang mampu memperluas akses pembayaran dan layanan keuangan digital, dan berdampak untuk meningkatkan inklusi keuangan tanah air. Selain untuk memotivasi kinerja karyawan, harapannya komitmen kami terhadap Indonesia dapat dirasakan siapa pun yang berkunjung ke kantor DANA Indonesia,” ucap Vince Iswara.

Vince Iswara, CEO & Co-founder DANA Indonesia

Vince juga mengungkapkan bahwa penghargaan dari MURI akan memotivasi semangat di DANA untuk tetap berinovasi dan berkembang demi masyarakat Indonesia. Keragaman suku, corak dan unsur-unsur monumental di ruangan DANA Indonesia merupakan pengingat identitas sebagai bangsa Indonesia di tengah arus modernisasi.

Area Dani di lantai 17 kantor DANA Indonesia

Baca juga: Gelar DANA Tech Talk, DANA Tekankan Pentingnya Teknologi Keamanan Canggih

Area yang terinspirasi oleh adat dan budaya Indonesia dapat dilihat pada lantai 18 kantor DANA Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  • Area Stupa yaitu area komunal yang terinspirasi dari bentuk stupa Candi Borobudur
  • Area Tau Humba yang merupakan sebutan bagi orang-orang di daerah Sumba, NTT
  • Area Toraja yaitu area ruang masuk kerja, ruang diskusi, dan ruang kerja lainnya. Ruang ini memiliki corak khas daerah Toraja, Sulawesi Selatan
  • Area Keraton yang menyerupai Keraton Jogja, terdiri dari ornamen Wayang Kulit dan Gebyok khas Jawa
  • Area Manggarai yaitu area bermain dengan konsep bentuk rumah Wae Rebo, khas Manggarai, NTT
  • Area Sasak yang merupakan area istirahat dengan corak khas budaya Lombok
  • Area Dani yaitu area ruang rapat dan galeri yang terinspirasi dari Suku Dani di Papua

“Kantor DANA merapakan ruang terbuka untuk meningkatkan produktivitas agar tak ada kesenjangan. Desain ini juga sekaligus untuk mengingatkan akan budaya Indonesia,” ucap Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-4, DANA Perkenalkan 4 Inovasi Terkini

Perpaduan keindahan alam dan adat budaya Indonesia dengan sentuhan modern di kantor DANA menjadi keunikan dan daya tarik bagi MURI. Konsistensi DANA sebagai perusahaan teknologi dengan orientasi modern dalam melestarikan budaya nusantara melalui desain kantor ini diapresiasi oleh MURI.

“Corak dan detail dari kebudayaan Indonesia terekam secara baik melalui sudut-sudut ruangan produktif tentu dapat menginspirasi seluruh karyawannya untuk berkarya dan bekerja untuk melayani masyarakat Indonesia. DANA diharapkan mampu menjadi contoh bagi perusahaan modern lainnya untuk bisa merayakan kenusantaraan melalui cara yang simpel dan modern,” ucap Jaya Suprana, Ketua MURI.

Kenyamanan bekerja karyawan juga didukung DANA dengan menerapkan kerja yang fleksibel. Talenta-talenta modern dan inovatif dengan kecakapan adaptasi, kolaborasi dan berpikir kreatif diharapkan dapat dihasilkan dari empat pilar transformasi kerja DANA. Empat pilar tersebut adalah Agile Culture, Innovative Leadership, Right Technology, dan Social Impact.

Share:

Artikel Terkini