DANA Fokus Menjadi Dompet Digital yang Trusted, Friendly dan Accessible DANA Fokus Menjadi Dompet Digital yang Trusted, Friendly dan Accessible ~ Teknogav.com

DANA Fokus Menjadi Dompet Digital yang Trusted, Friendly dan Accessible


Teknogav.com, Jakarta - Dompet digital DANA menutup tahun 2019 dengan prestasi yang gemilang. Berbagai inovasi terus diluncurkan sehingga bisa menggenjot transaksi sampai tiga juta transaksi per hari dan merangkul 35 juta pengguna aktif. Usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjadi mitra bisnis pun kini mencapai 87.500 pengguna. Demi terus mencetak prestasi, DANA berusaha untuk menjadi dompet digital yang Trusted, Friendly dan Accessible.

“Update prestasi di tahun 2019 adalah DANA bisa move on dari top up dengan binding kartu debit atau kartu kredit. Jumlah UMKM sampai akhir tahun adalah 87.500 yang hanya dicapai kurang dari 6 bulan, karena baru dimulai bulan Juni. Saat ini jumlah UMKM mitra DANA sudah mendekati 100 ribu. Transaksi yang terjadi menggunakan DANA pun mencapai 3 juta kali per hari. Pertumbuhan bisnis pada tahun 2019 sangat baik, harapannya di tahun 2020 akan lebih baik dan mendukung Indonesia ke ekonomi digital. Kini para merchant pun sudah menggunakan QRIS scan yang memudahkan bertransaksi lintas layanan keuangan. DANA harus mudah, praktis dan mudah digunakan di mana saja atau accessible,” ucap Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA.

Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA
Kategori mitra UMKM terbesar adalah makanan dan minuman, sembako, layanan seluler atau pengisian pulsa, pakaian dan aksesori, serta barang Elektronik. Sebagian besar dari mereka berada di Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur. Pada tahun 2019, jumlah DANAM8s atau tim dana mencapai 600 orang yang lebih dari setengahnya, atau 55% adalah engineers yang terus berusaha mengaplikasikan inovasi baru.

Berbagai fitur baru yang dihadirkan DANA di 2019 mencakup integrasi dengan Apple dan Lazada, QRIS 100%, integrasi pembayaran parkir dengan Secure Parking, pengiriman uang dengan P2P transfer, Split Bill, Send Angpao. DANA juga menyediakan pengingat pembayaran tagihan agar tidak sampai kena denda. Prestasi lainnya menckup DANA Protection dan Card Binding. Selama tahun 2019, fitur yang paling banyak dipakai adalah pembayaran di merchant offline, isi pulsa, transfer P2P, membayar tagihan dan membeli voucher game.
Dina Artarini, Chief Legal & Compliance Officer DANA
“Implementasi QRIS di merchant-merchant DANA memungkinkan untuk melayani lebih luas atau inklusif. Penerapan ini juga merupakan bentuk kepatuhan DANA terhadap peraturan Bank Indonesia sesuai Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia No. 21/18/PADG/2019. Kini pengguna dompet digital DANA bisa melakukan pembayaran di merchant-merchant yang menggunakan dompet digital lain. Sebaliknya merchant-merchant DANA juga bisa menerima pembayaran dari dompet digital lain,” ucap Dina Artarini, Chief Legal & Compliance Officer DANA.

Vincent mengungkapkan bahwa salah satu fitur yang powerfull di tahun 2019 adalah P2P transfer. Fitur tersebut tak memungkinkan untuk transfer ke rekening bank dari kartu debit. Prosesnya bisa dilakukan dengan lebih cepat dan aman.
Rangga Wiseno, VP of Products DANA
“Saat ini fitur pembayaran dengan metode Card Binding hanya bisa digunakan untuk sistem scan dari merchant saja. Sementara itu untuk pembayaran dengan memindai QRcode merchant hanya bisa menggunakan DANA balance saja,” ucap Rangga Wiseno, VP of Products DANA.

DANA Trusted, Friendly dan Accessible

DANA menjadi yang terdepan di antara dompet digital lain karena fokus untuk menyediakan pengalaman bertransaksi online dan offline yang trusted, friendly dan accessible. Demi bisa menjadi dipercaya atau trusted, DANA menggunakan teknologi canggih dengan tingkat keamanan tinggi dan menjamin keamanan dana 100% dari transaksi pengguna.

“Fitur-fitur DANA bisa trusted atau dipercaya karena diperkuat dengan sistem security yang solid sehingga tidak bisa dibuat lumpuh. DANA bahkan memberikan garansi 100% kembali jika ada transaksi fraud terjadi di dompet digital DANA. Saat membayar makanan di restoran, dompet digital DANA lebih aman karena langsung dari aplikasi. Pelayan tak perlu membawa kartu kredit atau kartu debit tanpa kita ketahui apa yang dilakukan selama kartu dipegang mereka,” ucap Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA.
Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA.
Kemudahan penggunaan atau Friendly diterapkan dengan berbagai fitur yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. DANA juga mudah diakses berbagai kalangan atau accessible. Pelaku usaha dan konsumen baik offline maupun online bisa menggunakan layanan DANA. Mitra bisnis begitu beragam, mulai dari UMKM sampai merchant besar dan e-commerce. Ukuran file aplikasi DANA untuk Android pun dibuat sekecil mungkin, pada aplikasi terbaru hanya 20 MB. Rata-rata layanan keuangan lain memiliki aplikasi berukuran 25 MB.

Kolaborasi Bisnis DANA dan Penghargaan yang Diraih

Kolaborasi binis yang dilakukan DANA sepanjang tahun 2019 dilakukan dengan perusahaan-perusahaan ternama. Beberapa mitra tersebut adalah TIX ID, Lazada, JNE, Blue Bird, BukaLapak, Kita Bisa, Dompet Dhuafa, Samsung Pay dan Apple.

Prestasi yang diberikan sebagai penghargaan sepanjang tahun 2019 cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • "The Best Payment Fintech in Customer Satisfaction" untuk Kategori E-Wallet  di Tempo Financial Award 2019
  • The Best in Marketing Campaign di Marketing Award 2019
  • User's Choice App & Best Everyday Essential dari Google Play 
  • Most Innovative e-Wallet dari Mastercard Business Awards
  • Empat penghargaan  diperoleh dari Human Resources Excellence Awards 2019. Keempat penghargaan tersebut adalah
  • Excellence in Corporate Wellness
  • Excellence in Employee Engagement
  • Excellence in HR Innovation
  • Excellence in Retention Strategy
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email