Rayakan Ulang Tahun ke-4, DANA Perkenalkan 4 Inovasi Terkini Rayakan Ulang Tahun ke-4, DANA Perkenalkan 4 Inovasi Terkini ~ Teknogav.com

Rayakan Ulang Tahun ke-4, DANA Perkenalkan 4 Inovasi Terkini

Teknogav.com – Genap berusia empat tahun, dompet digital DANA pun memperkenalkan empat inovasi terkini. Keempat inovasi ini akan segera tersedia di aplikasi DANA dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Pengguna bisa memperoleh saran keuangan, sampai tarik tunai di gerai Alfamart dengan memanfaatkan inovasi tersebut. DANA siap menghadirkan inovasi-inovasi ini untuk mengapresiasi kepercayaan pengguna. Keempat inovasi ini sekaligus menegaskan komitmen dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan digital melalui teknologi yang inklusif.

“Selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat. Pertumbuhan ini terlihat dari pencapaian lebih dari 100.000.000 penguna, rata-rata 8.000.000 transaksi per hari, dan 5.000 online merchant. Merchat-merchant termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis. Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA makin dipercaya dan makin inklusif. Pembaruan yang disebut Inov4si Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan seluruh pengguna dan mitra DANA. Kami yakin teknologi berbasis open platform kami dapat membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital,” ucap Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

Empat inovasi yang segera dihadirkan DANA merupakan bentuk komitmen DANA dalam menciptakan teknologi yang inklusif. Inovasi ini memberikan dampat positif bagi pengguna dan kemajuan perekonomian digital di Indonesia. Berikut ini adalah empat inovasi terkini yang akan segera dihadirkan dalam aplikasi DANA.

Baca juga: DANA Jamin Kepraktisan Transaksi Digital dengan Kampanye “Pakai DANA #BebasDrama”

1.    DANA Pay

Pembaruan ini memungkinkan untuk menggabungkan metode pembayaran jika saldo pengguna tak mencukupi jumlah pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui saldo DANA, kartu debit dan kartu kredit. Pembaruan ini memungkinkan transaksi terus berjalan ketika pengguna top-up memenuhi kekurangan saldo. Selanjutnya pembayaran dapat otomatis diselesaikan.
 
“Pembayaran juga bisa dilakukan melalui DANA VIZ (Visual Identity Authorization). Keamanan bertransaksi makin terlindungi dengan adanya pilihan autentikasi pembayaran. Selain itu, tersedia juga DANA Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap hari. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan DANA VIZ untuk memudahan pengguna. Keamanan bertransaksi digital pun makin dilindungi dengan kehadiran pilihan autentikasi pembayaran dan Daily Limit Card,” ucap Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia. 

DANA VIZ bisa digunakan untuk  melakukan pembayaran demi memudahkan  pengguna. Sementara itu fitur Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap hari. Kehadiran pilhan autentikasi pembayaran pun siap menjamin keamanan bertransaksi digital.

2.    Rapor DANA 

Fitur yang berperan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna. Data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) menunjukkan masih adanya kesenjangan antara literasi (38,03%) dan inklusi keuangan (76,19%). DANA berusaha menjembatani kesenjangan tersebut dengan fitur Rapor DANA. Fitur ini siap meningkatkan literasi, membangun kebiasaan lebih baik dalam mengelola keuangan, sampai menyarankan pengguna dalam menentukan langkah finansialnya. Pengguna diajak menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek berikut ini dengan Rapor Dana:

  1. profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna
  2. pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna
  3. aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna

Berdasarkan jawaban serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapat saran pengelolaan keuangan yang telah dipersonalisasi. Pengguna juga akan terus dieduksi mengenai finansial yang dibagikan secara gratis agar pengguna dapat menentukan langkah finansial dengan lebih bijak.

3.    Pembayaran STNK melalui Samsat Digital Nasional (Signal) 

Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kategori Biller di aplikasi DANA dengan memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan. Metode pembayaran dapat menggunakan saldo DANA atau kartu debit yang sudah disimpan dalam aplikasi DANA. Kini pembayaran Signal dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia. Beberapa provinsi tersebut mencakup Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Jambi, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

4.    Kirim uang dan tarik tunai di Alfamart 

Fitur ini memungkinkan pengguna DANA mengirim uang bagi seseorang yang tak memiliki rekening bank dan aplikasi DANA. Cara mengirim uang ini cukup menekan ikon Send lalu pilih ikon Withdraw Cash dan pilih Alfamart, lalu tekan Send Cash. Langkah berikutnya adalah memasukkan data penerima. Setelah itu pengirim akan mendapat kode verifikasi yang bisa dibagikan bagi penerima. 

Baca juga: Fitur ‘Kirim Uang’ Makin Digemari, DANA Hadirkan Beberapa Pembaruan

Penerima bisa menarik uang dengan mengunjungi Alfamart dalam jangka waktu 12 jam setelah kode verifkasi diterima pengirim. Di kasir, sebutkan ‘DANA Penarikan Uang’, lalu pastikan data diri sesuai KTP sudah terdaftar pada kasir Alfamart. Berikan kode verifikasi yang diberikan pengirim untuk mendapatkan uang tunai sesuai dana yang dikirim.

Share:

Artikel Terkini