Epson Dukung Industri Lokal dengan Tingkatkan Jumlah Produk Bersertifikat TKDN Epson Dukung Industri Lokal dengan Tingkatkan Jumlah Produk Bersertifikat TKDN ~ Teknogav.com

Epson Dukung Industri Lokal dengan Tingkatkan Jumlah Produk Bersertifikat TKDN

Teknogav.com – Sampai kuartal ketiga 2023, Epson telah memperkenalkan produk-produk terkini yang sudah menyandang sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia. Produk-produk tersebut mencakup pemindai, printer dan tangki tinta. Epson Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas dengan kandungan lokal yang tinggi sesuai persyaratan standar TKDN.

TKDN merupakan upaya standarisasi untuk memperkuat struktur industri dalam negeri, hal ini ditegaskan pada Peraturan Presiden No. 12 tahun 2021. Upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada produk impor secara bertahap. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) menetapkan nilai rata-rata TKDN sebesar 46,3% pada tahun 2020. Nilai tersebut diharapkan dapat meningkat menjadi 50% di tahun 2024.

Penghijauan hutan di Kalimantan oleh Indonesia Epson Industry

Baca juga: Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Epson Indonesia Kembali Gelar Kegiatan CSR 

Komitmen Epson untuk menghadirkan produk sesuai persyaratan standar TKDN sejalan dengan tujuan untuk berkontribusi pada negara tempat beroperasi. Kontribusi ini dilakukan dengan mendukung industri lokal melalui inovasi teknologi, serta memberdayakan masyarakat dan komunitas lokal dalam prosesnya.
Standar nilai TKDN dipenuhi Epson Indonesia dengan menghadirkan produk dengan persentase komponen dalam negeri yang tinggi. Komponen tersebut termasuk bahan yang berasal dari Indonesia, tenaga kerja dari warga negara Indonesia. 

Faktor lain untuk memenuhi persyaratan sertifikasi adalah bobot manfaat perusahaan (BMP).  Persyaratan ini dipenuhi Epson dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kontribusi bagi masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa kegiatan tanggung jawab sosiap perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh Epson:

  • Pelepasan penyu dan tukik di Banyuwangi oleh Epson Indonesia
  • Penghijauan hutan di Kalimantan oleh Indonesia Epson Industry
  • Transplantasi Terumbu Karang oleh Epson Batam

Pelepasan penyu dan tukik di Banyuwangi oleh Epson Indonesia

Baca juga: Epson Indonesia dan Yayasan WWF Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Konservasi Laut 

Berbagai kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Selain itu, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta jaringan purna jual pun bisa memperoleh manfaat dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Komitmen Epson Indonesia dalam Memenuhi Standar TKDN

Lebih dari 20 produk bersertifikasi TKDN telah dihasilkan Epson Indonesia sesuai komitmen memaksimalkan kandungan lokal dalam produksinya. Pencapaian sertifikasi ini merupakan hasil kehadiran Epson di Indonesia selama lebih dari dua dekade. Selama dua dekade tersebut, Epson Indonesia telah mendirikan dua pabrik, yaitu sebagai berikut:

  • PT Indonesia Epson Industry di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang memiliki lebih dari 10.000 karyawan
  • PT Epson Batam di Kota Batam, Kepulauan Riau yang memiliki lebih dari 4.000 karyawan

Pabrik-pabrik tersebut telah berkontribusi memproduksi produk-produk Epson yang bersertifikasi TKDN, sehingga turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. PT Surveyor Indonesia di bawah mandat Kemenperin telah meluluskan verifikasi lebih dari 20 produk Epson yang menyandang sertifikasi TKDN. 

Dua produk Epson yang telah menyandang sertifikasi TKDN adalah scanner DS-1630 dan printer M15180. Sebagian besar komponen yang digunakan untuk memproduksi kedua produk tersebut berasal dari Indonesia. Produksi kedua produk tersebut juga dilakukan oleh tenaga kerja Indonesia menggunakan peralatan yang dibuat atau dimiliki di Indonesia.

Baik scanner DS-1630 maupun printer M15180 diproduksi pabrik di Indonesia dan telah dipasarkan di Indonesia dan secara global. Ini berarti komitmen Epson dalam mengoptimalkan nilai TKDN telah menghasilkan produk-produk andal yang memberdayakan sumber daya dan tenaga kerja lokal.

Scanner DS-1630

Dimensi scaner DS-1630 ringkas, yaitu 45 cm x 31,8 cm dengan ketebalan 12,1 cm. Tak perlu memakan banyak tempat ketika ingin diletakkan di meja kerja, tersedia juga adaptor AC built-in sehingga kabel lebih rapi. Kecepatan pemindaian scanner warna ini cepat, kapasitasnya pun sampai 50 lembar. Hasil pemindaian gambar atau teks cukup tajam. Kejernihan teks pada dokumen yang dipipndai dapat ditingkatkan, baik itu dokumen warna, abu-abu atau hitam putih. Latar belakang dokumen juga dapat dihapus pemindai ini sehingga teks lebih mudah dibaca. Fitur tersebut sangat penting saat memindai dokumen dua sisi.

Printer EcoTank M15180

EcoTank M15180 merupakan printer multifungsi yang dapat mencetak monokrom, memindai, serta berperan sebagai mesin fotokopi dan faksimili. Hasil cetak printer ini tajam, bersih dan tahan air berkat tinta pigmen berkualitas tinggi, sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
Teknologi Bebas Panas pada printer EcoTank M15180 membuat pencetakan tak menggunakan panas selama prposes pencetakan, sehingga lebih hemat listrik. Kecepatan pencetakan juga bisa sampai 25 gambar per menit (ipm) sehingga dapat meningkatkan produktivitas pencetakan.

Baca juga: Definisikan Tujuan Perusahaan, Epson Berupaya untuk Berkontribusi pada Pelestarian Lingkungan

Epson Indonesia juga memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk ikut serta langsung pada perkembangan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia. Langkah ini dan upaya pemenuhan syarat TKDN sesuai dengan kampanye regional Epson ’Engineered for Good’ di Asia Tenggara. Epson terus berupaya memberdayakan teknologi yang ringkas, efisien dan tepat guna demi memberdayakan masyarakat dan menciptakan dunia yang lebih baik. Ajakan untuk mendukung produk-produk bersertifikasi TKDN juga dilancarkan Epson untuk memastikan produk-produk ini berdampak positif bagi semua. Epson mengajak untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih kuat dan berkelanjutan demi Indonesia.

Share:

Artikel Terkini