Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Epson Indonesia Kembali Gelar Kegiatan CSR Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Epson Indonesia Kembali Gelar Kegiatan CSR ~ Teknogav.com

Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Epson Indonesia Kembali Gelar Kegiatan CSR


Teknogav.com – Tujuan Pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) 2030 merupakan tujuan global Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Banyak negara yang turut berpartisipasi dalam menerapkan 17 tujuan penting yang ada dalam SDGs tersebut, demikian juga dengan Epson Indonesia. Tujuan-tujuan penting tersebut sesuai dengan visi dan misi Epson Indonesia, serta terdapat dalam program-program perusahaan.

Dalam mewujudkan pencapaian SDGs 2030 tersebut, Epson Indonesia kembali menyelenggarakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Epson Indonesia fokus pada lima tujuan SDGs, yaitu sebagai berikut:

  • Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (No.8)
  • Industri, Inovasi dan Infrastruktur (No.9)
  • Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (No.12)
  • Penanganan Perubahan Iklim (No.13)
  • Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (No.17)

Baca juga: Definisikan Tujuan Perusahaan, Epson Berupaya untuk Berkontribusi pada Pelestarian Lingkungan

Nolly Dhanurendra, Head of Brand & Communication Epson Indonesia, mengatakan bahwa tujuan keberlanjutan memiliki tujuan akhir pencapaian SDGs. Epson Indonesia melakukan CSR sebagai proses atau kegiatan untuk mewujudkannya. Kegiatan CSR yang digelar Epson adalah program ‘Ramadan bersama Epson’ yang digelar selama 13-15 April 2023. Pada CSR tersebut, Epson Indonesia memberikan bingkisan paket sembako dan keperluan panti asuhan. Kegiatan tersebut pun dilanjutkan dengan buka puasa bersama anak yatim. Total bikisan paket sembako kali ini berjumlah 550 paket dan juga santunan bagi para penghuni panti.

serah terima paket donasi dari Epson Indonesia ke panti asuhan

Epson Indonesia menyelenggarakan CSR secara rutin setiap tahun sebagai wujud pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. CSR ini juga merupakan bentuk kepedulian Epson Indonesia bagi masyarakat sekitar. Penyelenggaraan kegiatan CSR dilakukan di 18 panti asuhan yang tersebar di lima kota di Indonesia.

“Di Epson ini merupakan wujud Perusahaan terhadap indicator SDGs yang sesuai dengan visi dan misi kami yakni mendorong pertumbuhan ekonomi. Kegiatan sosial kali ini juga merupakan agenda rutin Perusahaan selama memasuki bulan Ramadan. Tidak ada alasan bagi Epson Indonesia untuk tidak melakukan CSR. Pada bulan yang baik ini, pihak Epson berusaha melakukan donasi sebagai wadah dalam membangun anak-anak yang berkualitas. Kegiatan CSR kami juga merupakan stimulasi dari sektor swasta untuk mendorong kegiatan ekonomi yang berkelanjutan,” ucap Nolly. 

Nolly Dhanurendra, Head of Brand & Communication Epson Indonesia

Kegiatan CSR tersebut mendapat apresiasi dari para pengurus panti asuhan. Salah satunya disampaikan oleh H. Muslik Akbar pengurus panti asuhan Al Mubarokah Jakarta. Beliau menyampaikan rasa syukurnya atas perhatian dari Epson Indonesia. 

“Saya ucapkan terima kasih bagi Epson Indonesia, semoga ke depannya program ini selalu ada dan berkelanjutan. Harapan saya, tak hanya panti yang ada di kota-kota besar yang dapat merasakan manfaat ini. Namun, panti asuhan lain juga dapat merasakan perhatian yang sangat luar biasa dari Epson Indonesia,” ucap H. Muslik Akbar.
Kegiatan donasi juga akan terus dilakukan Epson Indonesia pada perayaan Idul Adha 1444 H. Epson Indonesia sudah mempunyai beberapa agenda untuk menyalurkan sumbangan tersebut  ke beberapa titik lokasi di Indonesia. Tujuan penyaluran donasi tersebut adalah agar dapat bermanfat dan dirasakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

CSR di Bidang Lingkungan

Espon Indonesia juga mendukung kegiatan SDGs di bidang penghijauan dan perawatan atau restorasi laut. Kegiatan tersebut telah dilakukan Epson Indonesia selama dua tahun belakangan. Epson Indonesia melakukan penanaman bibit pohon dan mangrove secara masif dengan target penanaman 6.000 pohon di seluruh Indonesia. Beberapa lokasi penanaman tersebut antara lain adalah Taman Wisata Alam Mangrove dan Pantai Indah Kapuk. Selain itu, Epson Indonesia juga melakukan kegiatan CSR penghijauan di wilayah perkantoran Cibis Nine, Jakarta. 

Ekosistem laut dijaga Epson Indonesia dengan mendukung kegiatan konservasi penyu di sejumlah wilayah. Menurut Nolly, sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi lautan luas dan banyak ekosistem yang harus dijaga, serta diperhatikan.

Baca juga: Epson Indonesia dan Yayasan WWF Indonesia Berkolaborasi Tingkatkan Konservasi Laut 

“Di Epson, kami sangat memperhatikan perubahan ekstrem yang telah terjadi di dunia khususnya untuk perubahan iklim. Jangan sampai anak cucu kita nanti hanya bisa melihat gambar seluruh ekosistem ini melalui visual saja. Kami sangat peduli terhadap perubahan iklim agar kita dapat menuju Indonesia bebas emisi karbon di tahun-tahun yang akan datang,” ucap Nolly.

CSR di Bidang Pendidikan

Epson Indonesia juga mempersiapkan agenda CSR di bidang pendidikan di awal tahun fiskal baru ini, yaitu Epson Goes to School. Pada program Pendidikan ini, Epson Indonesia akan menyasar sekolah–sekolah yang membutuhkan fasilitas sarana teknologi. Sekolah-sekolah tersebut khususnya yang berdada di wilayah yang sulit dijangkau dan membutuhkan kemajuan teknologi. Harapannya, para pengajar dan peserta didik bisa melek secara teknologi demi meningkatkan kemampuan belajar mengajar.

Baca juga: Dukung Pendidikan, Epson Indonesia Gelar Seminar bagi Pengajar di Tolitoli

Program CSR Epson Indonesia dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk komitmen tanggung jawab sosial bagi masyarakat luas. Kontribusi Epson diberikan tak hanya di bidang lingkungan dan sosial, tetapi juga program pendidikan dan bidang-bidang lainnya.


Share:

Artikel Terkini