Review Vermöuth Audio Statement XLR Interlink oleh Christiaan Punter Review Vermöuth Audio Statement XLR Interlink oleh Christiaan Punter ~ Teknogav.com

Review Vermöuth Audio Statement XLR Interlink oleh Christiaan Punter


Teknogav.com
- Vermöuth Audio Statement adalah kabel interkoneksi analog premium yang merupakan segmen kabel teratas Vermouth Audio. Seri ini di atas seri Reference yang sudah banyak mendapat pengakuan secara internasional. Sebelumnya Vermouth Audio Statement telah direview oleh tim Sound Rebels, situs yang berbasis di Polandia. Kini, kabel asal Indonesia tersebut dijajal Christiaan Punter, reviewer asal Belanda yang berpengalaman di industri penyiaran televisi selama 25 tahun. Saat ini review Christiaan dapat dilihat di Hifi-Advice.com, HVT dan Music Emotion.

Sebelum seri Statement ini diperkenalkan, seri Reference merupakan kabel Vermouth yang terbaik. Pada tahun 2019, Chirstiaan telah mengulas kabel Reference RCA dan XLR dan menilai bahwa kabel tersebut dapat menampilkan pertunjukan yang penuh dengan irama menggoda. Hasil reproduksi dengan kabel tersebut terdengar netral, penuh dan sangat terasa teksturnya.

Setelah mereview banyak kabel Vermouth, Christiaan merasa bahwa deskripsi tersebut paling pas untuk kabel-kabel Vermouth. Kualitas yang umum dari kabel-kabel Vermouth adalah kemulusannya. Perbedaan antar model terdapat pada tingkat transparansi, resolusi, kemurnian dan presisi keseluruhan.

Baca juga: Review Vermöuth Audio Statement RCA & XLR oleh Marcin Olszewski 

kabel Vermöuth Audio Statement

Hal yang membedakan tipe Statement dan Reference terletak pada bahan konduktor. Reference menggunakan perpaduan kawat tembaga OCC berbagai ukuran dan tembaga OCC persegi empat. Sedangkan Statement menggunakan perpaduan kawat campuran campuran perak/emas OCC dan tembaga OCC persegi empat. Parameter-parameter lain terlihat tidak berubah. Kabel ini masih menggunakan perlindungan Double PTFE Tape yang dipadukan dengan selubung tembaga OCC kepang yang dibungkus Mylar, serta suspensi dan pemisah jarak tabung udara. Ujung kabel sama-sama menggunakan konektor tembaga penuh Tellurium yang dilapisi Rhodium secara langsung. Mekanisme penguncian, baik pada jenis RCA maupun XLR sama-sama terlihat cantik, mudah digunakan dan terbukti sangat andal.

Harga yang dibanderol pada Statemen lebih dari dua kali lipat kabel Reference. Hal ini disebabkan harga konduktor emas dan perak yang lebih tinggi dibandingkan konduktor tembaga. Selain itu,  harga seluruh logam memang naik selama beberapa tahun belakangan ini.

Baca juga: Kabel Vermouth Audio Reference Phono Raih Penghargaan dari SoundStage! Australia

kabel Vermöuth Audio Statement

Jika dibandingkan Reference, maka Statement membutuhkan waktu break-in lebih lama. Perlu sekitar 120-160 jam untuk mencapai kinerja maksimum. Banyak yang bilang bahwa kabel ini makin baik ketika mencapai 400 jam. Christiaan menggunakan kabel untuk menghubungkan Aqua Formula DAC dan preamp CH L1 sambil memastikan server Grimm MU1 terus memainkan musik, bahkan di malam hari. Kabel ini terus memainkan musik hampir selama dua bulan terus menerus, sekitar 1.440 jam, artinya kabel ini seharusnya bisa memainkan musik sangat baik.

Sistem utama yang digunakan untuk mendengarkan musik terdiri dari DAC CH Precision C1.2, preamplifier CH Precision L1 dan amplifier daya CH Precision A1.5 dengan speaker Magico S1 MkII. Sumber digital mencakup transport CD Aqua La Diva M2, Grimm MU1 dan server music Antipode K50 yang keduanya menjalankan Roon. Ketika mendengarkan musik dengan kabel Vermouth Statement XLR yang terhubung antara DAC CH C1.2 dan preamplifier L1, suara yang terdengar begitu murni dan cair, dengan resolusi yang luar biasa. Tidak ada detail yang tertinggal. Fokus hanya pada hal ini atau mundur ke lagu yang sangat menoreh, rapi atau kinerja yang rapi. Semua ini disajikan dalam akustik yang luas, dalam dan bernapas bebas.

kabel Vermöuth Audio Statement

Christiaan mengatakan ada rasa manis yang memuaskan walau tak bisa dikata hangat seperti seri Reference. Pada kabel Vermouth Statement memiliki kekayaan tetapi pada dasarnya sangat netral. Tidak ada penyamaran, dan tidak terdengar pelan atau terburu-buru, tetapi terdengar dipoles dengan lembut layaknya pria sejati atau penjual di toko mewah, bukan tukang jualan di pasar.

Treble mengalir dengan luar biasa dan terbuka, tidak terdengar membosankan atau suram. Suara terdengar terbuka lebar dan meluas. Kabel ini juga berfungsi baik dengan rekaman lama yang seadanya, sehingga dapat lebih dinikmati. Christian bisa terkesan oleh begitu baiknya kabel Vermouth Statement dapat memadukan kejernihan dan kelembutan hanya dengan beberapa pengujian pemutaran lagu. Membuatnya mencari koleksi lagu-lagu yang disukai tapi tidak diputar karena tedengar ramping, kasar atau biasa-biasa saja. Kabel Vermouth Statement dapat meremajakan suara lagu-lagu tersebut dan membuat Christiaan tergoda untuk meningkatkan volume suara.

sumber:  Hifi-Advice.com

Sejauh ini, kabel Vermouth Statement telah berhasil memadukan beberapa kualitas Black Pearl yang memikat dengan mempertahankan semua hal yang membuat seri Reference hebat. Perpaduan ini dilakukan sambil meningkatkan resolusi dan tingkat kemurnian. Kabel Vermouth Statement memang tidak murah, tetapi berkinerja seperti kabel yang ada dalam rentang harga ini.

Jika dibandingkan Jorma Unity dengan rentang harga sama, suara yang dihasilkan lebih cocok, lebih langsung dan lebih cepat secara dinamis. Namun kabel ini tidak terlalu halus, lapang dan murni, tidak ada detail tambahan. Baik kabel Vermouth Statement, maupun Jorma Unity sangat natural.

Baca juga: Review Vermöuth Audio Statement RCA & XLR oleh Jacek Pazio

kabel Vermöuth Audio Statement

Pada dasarnya deskripsi 'natural' tidak selalu sama bagi setiap orang. Namun Christiaan mengatakan bahwa Vermouth Statement sangat natural. Apa yang dilakukan Statement sangat luar biasa untuk menghindari segala kekhasan sintetis atau buatan, terdengar begitu lancar dan terus menerus. Kabel ini tidak menambah segala hal yang keras atau keandalan yang tak sepantasnya. Meminjamkan tubuh dan susbstansi ke pemain dan instrumen sepantasnya. Tidak memperdengarkan kerangka dan menyediakan resolusi tingkat rendah dengan cara yang lebih mirip pita analog ketimbang pemutaran CD, tanpa torehan dan pembukaan yang indah. Vermouth Statement sangat natural dalam berbagai cara.

Ketika memutar rekaman musik yang kurang sempurna, Jorma Unity dapat terdengar kering, stacatto atau apa adanya. Sedangkan dengan kabel Vermouth, suara terdengar mengalir, ringan dan manis pelan, menjaga tetap benyawa dan selau menyenangkan, jika tidak selalu semeriah dan ekspresif seperti Jorma.

sumber:  Hifi-Advice.com

Kabel Vermouth Statement juga berkerja dengan baik, tak hanya antara DAC dan preamp. Ketika dihubungkan dengan preamp dan power amp A1.5, suara juga mengalir cantik dan murni dengan saturasi yang kaya dan warna yang penuh. Vermouth telah menemukan keseimbangan yang dapat memikat banyak pendengar dengan seri Statement. Kabel ini akan memberi kepuasan bagi mereka yang ingin menikmati seluruh katalog musik dan ingin mendengar dalam tanpa merasa sebagai instrumen pengujian.

Christiaan menyimpulkan bahwa kabel Vermouth Statement XLR menawarkan kinerja yang seimbang dibandingkan yang pernah dicapai dengan kabel-kabel lain mereka. Alih-alih harus memutuskan antara kelembutan dan kelancaran Black Pearl MkII atau netralitas, kekokohan dan dampak langsung seri Reference, kabel Statement XLR memberi keseimbangan keandalan yang lebih lembut sambil teteap mempertahankan kualitas inti merek dan menawarkan tingkat resolusi, kehalusan dan kecanggihan yang lebih tinggi.

Sumber:  Hifi-Advice.com

Share:

Artikel Terkini