Supermicro Accelerate Everything Pamerkan Serangkaian Solusi Green Computing Supermicro Accelerate Everything Pamerkan Serangkaian Solusi Green Computing ~ Teknogav.com

Supermicro Accelerate Everything Pamerkan Serangkaian Solusi Green Computing


Teknogav.com – Supermicro Accelerate Everything merupakan acara yang belum lama ini digelar Super Micro Computer, Inc. Perusahaan tersebut merupakan penyedia solusi teknologi informasi untuk cloud, AI/ML, Storage, dan 5G/Edge. Pada acara tersebut, Supermicro berbagi pengalaman, saat kecerdasan buatan (AI) bertransformasi menjadi begitu cerdas dan sangat membantu kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut memberikan banyak kemudahan, peningkatan produktivitas, transformasi, bantuan dan kebahagiaan.

Penggunaan AI menjadi lebih solutif dari hari ke hari. Algoritma AI berkembang pesat, demikian juga dengan chip AI, software AI, bentuk awal AI dan aplikasi AI. Semua hal tersebut berpotensi besar mengubah bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Pertumbuhan AI dan komputasi cloud saat ini menjadi sorotan Supermicro. Tren ini dipandang sebagai peluang menghadirkan solusi teknologi terkini yang mendorong strategi penerapan total Solusi Teknologi Informasi yang fokus pada komputasi ramah lingkungan. Strategi tersebut selaras dengan komitmen Supermicro yang terus berkembang. Inovasi teknologi terkini Supermicro mendorong pertumbuhan teknologi informasi dan merevolusi infrastruktur data center, akselerasi komputasi dan bidang-bidang penting lain.

Baca juga: Solusi Manajemen Cloud Sardina Systems Lebih Tangguh Ditenagai AMD

Portofolio Supermicro

Komputasi ramah lingkungan atau Green Computing melekat di setiap desain solusi Supermicro. Supermicro memperkirakan penghematan biaya listrik USD10 miliar per tahun, jika sebagian besar organisasi menggunakan solusi Green Computing pada data center. Penurunan biaya listrik dari solusi Green Computing seperti Supermicro setara dengan mengurangi 30 pembangkit listrik berbahan bakar fosil di bumi. Ini juga setara dengan pelestarian sekitar delapan miliar pohon untuk mengimbangi emisi karbon dioksida sebesar USD10 miliar.

Portofolio Supermicro lengkap untuk mendukung beban kerja AI dan vertikal lain. Sistem ini mencakup sistem pemasangan rak soket tunggal dan ganda bertenaga Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dan AMD EPYC™ Generasi ke-4. Semua dikemas dalam form factor 1U, 2U, 4U, 5U dan 8U yang mendukung 1-10 GPU.  Sistem tersebut juga memiliki pengoptinalan density dengan Sistem SuperBlade® yang mendukung 20 GPU NVIDIA H100 dalam wadah 8U. Selain itu, juga terdapat sistem SuperEdge yang dirancang untuk lingkungan IoT dan edge. Kinerja, kapasitas, throughput dan daya tahan yang signifikan saat melatih data set AI yang sangat besar juga disediakan sistem penyimpanan E3.S Petascale. Sistem tersebut juga menjaga efisiensi daya yang baik.

Baca juga: Supercomputing AMD EPYC Dukung Keberhasilan Komputasi Cloud Berkinerja Tinggi

 

Supermicro juga memiliki rangkaian server baru yang dibangun pada Superchip CPU NVIDIA Grace. Setiap server mempunyai 114 core dengan CPU ganda yang digabungkan dengan koneksi 900 GB per detik. Aplikasi AI yang sangat responsif dan aplikasi yang perlu respons latensi sangat rendah dapat dimungkinkan server ini. Sistem ini akan mengurangi penggunaan energi untuk beban kerja cloud-native dan aplikasi AI generasi mendatang. Hal tersebut dapat dilakukan berkat CPU yang berjalan pada TDP 500 W. Arsitektur referensi NVIDIAI MGX baru didukung Supermicro untuk nengurangi TCO bagi pelanggan. Hasilnya, terdapat lebih dari seratus konfigurasi server untuk berbagai aplikasi AI, HPC dan Omniverse. Arsitektur referensi modular tersebut terdiri dari BPU, GPU dan DPU, serta dirancang untuk beberapa generasi prosesor.

Penggunaan Infrastruktur Supermicro

Infrastruktur perangkat Supermicro telah diterapkan perusahaan kecantikan Indonesia, PT Paragon Technology and Innovation selama bertahun-tahun.

“Solusi yang diberikan oleh Supermicro membantu keberlanjutan bisnis kami karena perangkat servernya yang hemat daya dan memiliki kinerja maksimal. Kemitraan ini merupakan langkah strategis karena memberikan solusi teknologi informasi yang tanggap. Upaya ini untuk mewujudkan visi misi perusahaan yaitu memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat melalui inovasi,” ucap Jo Astra, VP Information Technology, PT Paragon Technology And Innovation.

Jo Astra, VP Information Technology, PT    Paragon Technology And Innovation.

Solusi Supermicro juga diterapkan penyedia perangkat dengan fokus SEO, yaitu Ahrefs. Perangkat yang disediakan Ahrefs dapat mengoptimalkan visibilitas pencarian perusahaan Fortune 100 dan usaha kecil di seluruh dunia di Google. Serangkaian SEO lengkap ditawarkan Ahrefs dengan mengembangkan beberapa alat berikut ini:

  • Keyword Explorer untuk meneliti kata kunci
  • Content Explorer untuk menganalisis konten
  • Rank Tracker untuk memantau peringkat kata  kunci
  • Site Audit untuk mengaudit dan mengoptimalkan web

"Ahrefs terus berkembang dan membutuhkan server-server canggih. Server berbasis AMD Supermicro sangat cocok untuk bisnis kami. Kami dapat memperoleh server Supermicro Hyper bertenaga prosesor AMD EPYC™ terbaru dengan performa tinggi tanpa penundaan. Server bekerja dengan sempurna, dan sungguh menyenangkan bekerja  dengan Supermicro," ucap Efim Mirochnik, Global DC Lead, Ahrefs.

Server baru berbasis Supermicro AMD dimanfaatkan Ahrefs untuk mendapatkan keuntungan. Seiring pertumbuhan bisnis, waktu respons terhadap pelanggan yang mencari istilah SEO menurun. Hal ini berkat kehadiran server Supermicro generasi baru bertenaga prosesor AMD EPYC™ 9004 Series.  Layanan bagi pelanggan dapat lebih banyak ditawarkan Ahrefs, sehingga pendapatan meningkat.

Tanpa memakai cloud, Ahrefs berhemat sampai USD400 juta dengan mengalihkan investasi infrastruktur pada server/hardware yang tepat selama 2,5 tahun bekalangan. Hal ini menunjukkan keuntungan besar terhadap alokasi dana yang tepat pada pengembangan produk dan perbaikannya dalam jangka panjang. Hasilnya, beban dan alur pekerjaan di perusahaan juga lebih cepat dan hasil laporan menjadi komprehensif. Ini bisa terjadi karena waktu yang dibutuhkan per laporan lebih cepat.

fim Mirochnik, Global DC Lead, Ahrefs

Sistem Supermicro Menawarkan Berbagai Kemudahan

Platform dan solusi hardware Supermicro dioptimalkan untuk berbagai teknologi. Beberapa di antaranya untuk mempercepat chip AI, software AI, aplikasi dan layanan AI seperti mengemudi secara otonom, Chat GPT, aplikasi medis, penelitian ilmiah, prakiraan cuaca, pabrik pintar level 4 dan semua jenis alat komunikasi dan bahkan sampai game.

Semua kemudahan ditawarkan Supermicro karena sudah diptimalkan selama hampir 30 tahun. Hal ini diawali saat Supermicro membangun solusi blok 30 tahun dengan desain subsitem yang terpinggirkan. Fleksibilitas dan banyak keuntungan disajikan solusi blok penyusun bagi pemimpin teknologi informasi di pasar yang dinamis. Solusi arsitektur atau subsistem Supermicro didefinisikan dan dirancang dengan cermat untuk memastikan  pengoptimalan semuanya. Ini memungkinkan untuk bekerja menjadi sistem berbeda di lini produk berbeda,pada generasi Potter berbeda dengan CPU GPU dari mitra berbeda. Kolaborasi memungkinkan Supermicro merancang produk baru dengan waktu pemasaran yang lebih cepat.

Baca juga: Hadirkan Teknologi Terkini, Server HPE ProLiant Gen11 Dukung Lingkungan Hybrid

Proses yang dimiliki Supermicro dapat menghemat waktu tunggu pelanggan dengan membuat operasional data center beberapa minggu setelah menerima pesanan lama. Waktu tunggu tersebut tidak perlu dalam beberapa bulan.

Baru-baru ini, Supermicro memperluas fasilitas sampai ke Amerika Serikat, Belanda dan Taiwan. Kapasitas produksi Supermicro memiliki skala server dan rak yang cukup besar untuk memasok dan melayani data center secara global.

“Kampus Supermicro mendatang yang dimiliki di Malaysia diharapkan dapat mendukung lebih banyak peluang bisnis baru. Kami percaya kampus ini memiliki kapasitas untuk merancang dan mengirimkan hingga 4.000 rak per bulan dari fasilitas manufaktur Global. Jadi, demi menunjang permintaan server dan penyimpanan di Indonesia, kami bekerja sama dengan distributor resmi PT EMEDIA Devices, PT. Netweb Teknologi Indonesia dan PT. Synnex Metrodata Indonesia untuk membantu distribusi server ke seluruh Indonesia,” ucap Selviany Usman, Sales Director, Supermicro Indonesia.

Selama 10 tahun belakangan ini, Supermicro mempelopori solusi pendingin cair skala rak. Komponen terbaik dikembangkan dan dipilih Supermicro untuk menawarkan keandalan tinggi, pemasangan cepat dan rak berpendingin cairan dengan kemudahan perawatan. Penawaran Supermicro mencakup coldplate, manifold sampai Coolant Distribution Unit (CDU) dan bahkan kini solusi turnkey Modular multi-megawatt untuk menara pendingin. Solusi total terpadu untuk data center pendingin cair ini siap dikirim dengan waktu tunggu minimum selama dua minggu. 

Supermicro mengadopsi standar kualitas tertinggi untuk semua komponen untuk menjamin tidak adanya kebocoran ketika dipasang pelanggan. Perancangan, pengujian dan validasi akan dilakukan semua secara in-house, sehingga pelanggan tak perlu khawatir dalam memasang rak pendingin cair. Solusi ini memungkinkan penghematan sampai 92% biaya pengeoperasiian AC dengan memanfaatkan pendinginan air hangat.  Supermicro juga menawarkan penerapan rak dengan kepadatan daya sampai lima kali lebih tinggi sehingga signifikan mengurangi jejak data center dengan solusi pendingin cair. Penerapan solusi ini telah dilakukan di Amerika Utara dan Eropa. Supermicro antusias membantu pelanggan di Asia Tenggara dan Indonesia untuk memulai perjalanan Green Computing mereka.

Share:

Artikel Terkini