ADVANCE.AI Menangkan ASEAN Fintech Award di Global FinTech Awards ADVANCE.AI Menangkan ASEAN Fintech Award di Global FinTech Awards ~ Teknogav.com

ADVANCE.AI Menangkan ASEAN Fintech Award di Global FinTech Awards

ADVANCE.AI; dan Alvin Tan, Menteri Negara Bidang Perdagangan dan Industri Singapura

Teknogav.com – ADVANCE.AI merupakan penyedia solusi verfikasi identitas digital, kepatuhan dan manajemen risiko di Asia Tenggara. Pada Global Fintech Awards yang digelar pada ajang Singapore Fintech Festival minggu lalu, ADVANCE.AI meraih ASEAN Fintech Award. Penyelenggaraan Global Fintech Awards dilakukan oleh Monetary Authority of Singapore (MAS) dan Singapore Fintech Association (SFA). Tujuan Global Fintech Awards adalah untuk mengapresiasi solusi fintech inovatif yang berperan penting dalam mengembangkan praktik industri fintech.

Proses evaluasi Global Fintech Awards diikuti 96 pendaftar selama empat bulan, yang meloloskan 13 pemenang dalam enam kategori penghargaan,  ADVANCE.AI berhasil meraih juara pertama dari para pemenang tersebut. Seleksi dilakukan oleh panel internasional yang terdiri dari para pakar industri berbagai bidang. Pemenang merupakan pemimpin penggunaan teknologi baru yang menciptakan peluang pertumbuhan baru, meningkatkan inklusi keuangan dan meningkatkan penyediaan layanan keuangan. 

Baca juga: GBG Intelligence Center Dukung Compliance Institusi Perbankan dan Cegah Fraud

"Global FinTech Hackcelerator dan Global FinTech Awards senantiasa berfungsi sebagai platform utama untuk memanfaatkan potensi dan solusi inovatif yang menjawab kebutuhan nyata di industri keuangan. Kami senang melihat pemenang-pemenang yang menunjukkan kompetensi luar biasa dalam menciptakan peluang pertumbuhan baru dan meningkatkan penyediaan layanan keuangan,” ucap Sopnendu Mohanty, Chief FinTech Officer MAS.

Ucapan selamat kepada para pemenang Global FinTech Hackcelerator dan Global FinTech Awards juga disampaikan Shadab Taiyabi, Presiden SFA. 

“Seiring dengan berkembangnya sektor FinTech, kami bangga melihat Singapura tetap menjadi pusat kunci di wilayah ini. Hal ini tidak mungkin terjadi tanpa upaya besar dari para pelaku FinTech. Kami berharap dapat melihat lebih banyak karya yang luar biasa dari para pemenang saat mereka terus membentuk masa depan FinTech,” ucap Shadab Taiyabi, Presiden SFA.

Baca juga: Bank Jago Gandeng ADVANCE.AI untuk Lakukan eKYC Berbasis AI

ADVANCE.AI didirikan pada tahun 2016 dan telah melayani lebih dari 500 klien perusahaan di Asia Tenggara. Klien-klien ADVANCE.AI tersebut bergerak di bidang jasa keuangan, pembayaran dan e-commerce. Indonesia merupakan pasar terbesar ADVANCE.AI, klien-klien utamanya mencakup GoTo, Bukalapak, Bank BTPN, Bank Jago, AlloBank, Bank Mega dan Standard Chartered. Di Thailand, ADVANCE.AI bermitra dengan FINNIX, aplikasi pembiayaan mikro. Sedangkan di Filipina, ADVANCE.AI bermitra dengan DigiCOOP yang merupakan koperasi untuk petani dan pekerja serikat buruh. 

Baca juga: Jasa Pembuatan Deepfake Marak di Darknet, Ini Cara Kerjanya

Keterbatasan akses perbankan masih terjadi di Asia Tenggara, 6 dari 10 orang masih belum memiliki rekening bank. Kendala tersebut berusaha diatasi ADVANCE.AI dengan mendukung lembaga keuangan di Asia Tenggara untuk mempercepat inklusi sosial, digital dan keuangan. Upaya ini dilakukan dengan proses elektronik Know Your Customer (KYC). Proses ini memudahkan membuat rekening atau akun layanan keuangan hanya dengan menggunakan smartphone, KTP dan metode credit scoring alternatfi. Evaluasi risiko profil pelanggan pun dapat dilakukan lebih baik. Solusi ADVANCE.AI juga bisa melindungi lembaga keuangan dan industri keuangan dari penipuan identitas, penggunaan deepfake atau penipuan lain.

Share:

Artikel Terkini