Juara Program SisBerdaya DANA Indonesia Berbagi Kisah Sukses di Voyage Conference Juara Program SisBerdaya DANA Indonesia Berbagi Kisah Sukses di Voyage Conference ~ Teknogav.com

Juara Program SisBerdaya DANA Indonesia Berbagi Kisah Sukses di Voyage Conference

Teknogav.com – Program SisBerdaya merupakan inisiatif lokal yang digelar DANA Indonesia dan Ant Group. Inisiatif ini didedikasikan untuk memberdayakan perempuan wirausaha, terutama yang berkecimpung di bisnis ultra mikro dan mikro. Sebagai mitra ekosistem global Ant International, DANA Indonesia berkesempatan berbagi kisah program SisBerdaya yang berdampak di acara Voyage Conference. Ini adalah acara andalan Ant International di Singapura, dan Siti Aswinda berkesempatan kisah keberhasilannya sebagai perempuan wirausaha.

Siti Aswinda merupakan juara pertama program SisBerdaya kategori Usaha Mikro Area 1. Kisah keberhasilan Siti sebagai wirausaha perempuan yang mengembangkan bisnisnya melalui SisBerdaya dibagikannya di hadapan 700 penonton internasional Voyage Conference. Acara Voyage Conference menawarkan platform global bagi para pemimpin bisnis untuk membahas visi dan inovasi yang membentuk masa depan industri.

Baca juga: Pedagang Tempe Bantul Ajak Konsumennya Bertransaksi Cardless dan Cashless

Program SisBerdaya berlangsung selama tiga bulan, yaitu Maret-Mei 2023 dengan lebih dari 2.400 dari seluruh daerah di Indonesia. Setelah dilakukan seleksi, 180 pendaftar lolos untuk mendapat pendampingan selama sebulan dan pelatihan keterampilan. Pelatihan tersebut diberikan oleh para ahli dari DANA, Ant Group, Pemerintah dan mitra dari berbagai industri. Enam pemenang utaam program SisBerdaya dari tiga kategori area berbeda telah diumumkan pada malam final SisBerdaya yang diselenggarakan 31 Mei 2023.

Karir Siti Aswinda di dunia perbankan dilepasnya demi meluangkan waktu lebih banyak dengan buah hatinya. Usaha kuliner menjadi pilihannya agar dapat mempertahankan kestabilan keuangan keluarga. Makanan favorit keluarga, yaitu bakso pun diproduksinya dengan mendirikan usaha berlabel ‘Bakso Makjil’ di Kota Medan. Berbagai varian bakso yang menggugah selera dihasilkannya setelah terus bereksplorasi. Demi meningkatkan pengetahuan bisnis mendalam, berbagai kesempatan pun diambil Siti termasuk mengikuti program SisBerdaya dari DANA.

Baca juga: DANA Dukung Pemanfaatan Fasilitas dan Layanan Dompet Digital di Samarinda

“Salah satu keputusan terbaik yang saya lakukan selama berbisnis adalah berpartisipasi dalam program SisBerdaya. Perempuan yang berwirausaha sering kali masih diremehkan, sehingga saya tergerak untuk membekali diri dengan lebih banyak keterampilan dan pengetahuan. Dengan demikian, saya bisa membuktikan bahwa perempuan mampu berkarya dan berwirausaha. Program SisBerdaya mempertemukan saya dengan berbagai hal yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya, seperti networking, keterampilan, pengetahuan, hingga akses permodalan,” ucap Siti Aswinda, pemilik Bakso Makiji.

Siti Aswinda, pemilik Bakso Makiji

Komitmen tersebut berhasil membuat Siti menorehkan prestasi sebagai Pemenang Utama Kompetisi presentasi final di Area 1, wilayah Kalimantan dan Sumatera. Penerapan ilmu yang diperolehnya dari program SisBerdaya meningkatkan kinerja pennjualan Bakso Makjil. Awalnya Bakso Makjil dibuat dengan modal hanya Rp300 ribu, kini pendapatannya bisa lebih dari 100 kali lipat. Digitalisasi bisnisnya setelah mengikuti program SisBerdaya berhasil meningkatkan pendapatan Bakso Makjil sampai 83%. Siti pun dapat memproduksi lebih dari 1.300 pak Bakso Makiji. 

Baca juga: DANA Berkolaborasi dengan Dekranasda Pontianak Dukung Digitalisasi UMKM

Siti mengungkapkan bahwa sampai sekarang, kebersamaan dan dukungan peserta program SisBerdaya, DANA dan Ant Group masih terus dilakukan. Dukungan tersebut diperoleh melalui pertemuan rutin secara bulanan. Para peserta program SisBerdaya juga sering bertukar pikiran dan mendapat ilmu pengetahuan dari para ahli yang dihadirkan DANA. Siti meyakini bahwa setiap perempuan dapat membangun usaha sendiri walau tidak mudah. Menurutnya, jika ia dapat melakukannya, maka perempuan lain juga bisa melakukannya.

“Merupakan momen yang membanggakan bagi Ant International untuk dapat menampilkan kisah sukses program wirausaha perempuan SisBerdaya dari mitra ekosistem kami DANA Indonesia, di kancah internasional. Ant International meyakini bahwa teknologi keuangan mampu membentuk masa depan yang baik untuk lingkungan maupun sosial. Bersama-sama, mari kita ciptakan dunia yang tidak hanya inovatif, tetapi juga bertanggung jawab dan inklusif bagi semua orang,” ucap Carrie Suen, Senior Advisor Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant International.

Share:

Artikel Terkini