Umumkan Pemenang Jagoan Pariwisata 2023, tiket.com Terus Dukung Desa Wisata Umumkan Pemenang Jagoan Pariwisata 2023, tiket.com Terus Dukung Desa Wisata ~ Teknogav.com

Umumkan Pemenang Jagoan Pariwisata 2023, tiket.com Terus Dukung Desa Wisata


Teknogav.com – Selama bulan September 2023, tiket.com melakukan pembinaan dan kompetisi program Jagoan Pariwisata 2023. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksaan program tersebut, dan puncaknya digelar pada Rabu, 15 November 2023. Puncak acara tersebut digelar dengan mengumumkan para pemenang Jagoan Pariwisata 2023.

Program Jagoan Pariwisata adalah hasil kolaborasi antara tiket.com dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Acara ini diselenggarakan dalam bentuk lokakarya edukatif bagi para pelaku desa wisata di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA). Sejumlah 46 unit bisnis dari pelaku desa wisata terlibat dalam kegiatan tersebut, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah)
  • Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat)
  • Desa Wisata Semen di Blitar (Jawa Timur)
  • Desa Wisata Sudaji di Buleleng (Bali)
  • Desa Wisata Undisan di Bangli (Bali)

Baca juga: Dukung Pelaku Usaha Desa Wisata, tiket.com Hadirkan Program Jagoan Pariwisata 

Pelaku usaha desa wisata diajak tiket.com untuk meningkatkan kapabilitas usaha agar bisa menerapkan prinsip berkelanjutan. Ajakan tersebut sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu ‘Empowering Local Champion for Sustainable Growth’. Kegiatan pendampingan dan mentoring bagi para pelaku usaha wisata yang tergabung dalam JADESTA merupakan langkah untuk mewujudkan hal tersebut.

Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com

“Program Jagoan Pariwisata adalah sesuatu yang luar biasa dan dapat menjadi program yang berkelanjutan. Kami percaya kegiatan ini akan berkontribusi tidak hanya bagi para peserta tetapi juga pada industri pariwisata di Indonesia. Tahun ini, kami juga mengapresiasi peran aktif 43 t-fams (karyawan tiket.com) yang bersemangat turun langsung memberikan pelatihan kepada para peserta. Keinginan teman-teman tiket.com untuk membangun pariwisata dan Desa Wisata sangat tinggi. Saya ingin mengapresiasi mentor dan teman-teman tiket.com untuk terus berusaha mengembangkan pariwisata di Indonesia,” ucap Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com.

Baca juga: OYO dan Kemenparekraf Berkolaborasi Luncurkan Program Maju Bersama Desa Wisata

Serangkaian tahap yang disusun tiket.com juga dijalani oleh para peserta, yaitu business pitch competition, penjurian dan final consideration. Setelah seluruh tahap tersebut dilakukan, terpilih empat pemenang dari berbagai kategori. Berikut ini adalah para pemenang tersebut:

  • Mandhasativa di Desa Sudaji, Buleleng, Bali berhasil meraih gelar Best Homestay
  • Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, berhasil meraih Best Digital Creative
  • Kampung Semai di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur berhasil memenangkan Best Tourist Attraction
  • TPST Saling Peduli di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat berhasil meraih predikat Best BeTiDeWi

"Kita akan terus berinovasi untuk menciptakan gagasan-gagasan baru. tiket.com sebagai platform OTA telah menjadi jawaban bagi perilaku gaya hidup digital para konsumen yang meningkat lebih pesat pascapandemi. Program Jagoan Pariwisata merupakan program yang sangat dekat, kolaboratif dan inspiratif untuk mendorong pertumbuhan Indonesia. Jagoan Pariwisata juga merupakan salah satu kolaborasi yang kami apresiasi dengan baik karena dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang siap digital atau Go Digital. Semoga penghargaan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan beragam inovasi untuk pariwisata Indonesia,” ucap Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Baca juga: BCA dan Blibli Dukung Digitalisasi UMKM dalam Program Desa Binaan

Berbagai inisiatif kerap diluncurkan tiket.com untuk menjaga keberlangsungan ekosistem pariwisata di Indonesia. Ekosistem pariwisata yang baik diyakini tiket.com akan memberikan pengalaman wisata yang mengesankan bagi para wisatawan asing dan domestik. Harapannya, program Jagoan Pariwisata dapat membangkitkan kembali pariwisata Indonesia dan menjaga keberlangsungan sektor ekonomi kreatif dan UMKM.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemenparekraf RI, atas keberlanjutan support yang sangat luar biasa. Program ini kami buat untuk mengembangkan kapabilitas dan potensi dari teman-teman yang ada di lokasi area Desa Wisata terutama para peserta ADWI dan Program Sadar Wisata. Area-area di desa wisata bisa terus kita kembangkan, hal tersebut juga menjadi fokus area yang akan dikembangkan oleh tiket.com. Kami yakin kesuksesan ini bisa menjadi inspirasi dan dapat membuka pintu bagi pelaku usaha desa wisata lainnya,” pungkkas Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com.

Share:

Artikel Terkini