Review AUKEY Omnia II Mini 30W dan Circlet Blink 100W Review AUKEY Omnia II Mini 30W dan Circlet Blink 100W ~ Teknogav.com

Review AUKEY Omnia II Mini 30W dan Circlet Blink 100W


Teknogav.com – Kali ini, Teknogav.com akan mereview dua produk sekaligus, karena memang penggunaannya saling melengkapi. Dua produk tersebut adalah AUKEY Omnia II Mini 30W dan AUKEY Circlet Blink 100W.  Sesuai namanya, AUKEY Ombia II Mini 30 W adalah charger berukuran mini atau mungil. Istinewanya AUKEY  Omnia II Mini 30W ini sudah menggunakan teknologi GaN Power Technology. Sementara itu, AUKEY Circlet Blink 100W merupakan kabel dengan selubung nilon yang masa pakainya bisa sampai 20 ribu tekukan.

 Charger AUKEY Omnia II Mini 30W

AUKEY Omnia II Mini 30W merupakan charger dengan kode model PA-B1L yang telah mengusung teknologi Power Delivery 30W PPS. PPS adalah programmable power supply yang merupakan teknoolgi pengisian daya tingkat lanjut untuk perangkat dengan port USB tipe-C. Teknologi ini dapat memodifikasi tegangan dan arus secara real-time dengan mengumpanbalikan daya maksimum berdasarkan status pengisian daya perangkat. Charger ini memiliki PPS 3,3-11V/3A dengan keluaran daya maksimal 30 W. Input charger ini 100-240 V ~ 0,8A 50/60 Hz. Port output pada charger menggunakan USB tipe-C dengan keluaran 5V/3A. 9V/3A, 12V/2,5A, 15V/2A, 20V/1,5A. 

Baca juga: PT Datascrip Resmi Jadi Distributor Tunggal AUKEY di Indonesia

Charger ini bisa untuk melakukan pengisian daya cepat untuk iPad, iPhone 8 dan model yang lebih baru, serta Samsung Galaxy. Kemampuan pengisian daya dari charger ini bahkan sampai tiga kali lipat. Hal ini didukung oleh teknologi GaN yang diusungnya. 

Teknologi GaN atau Gallium Nitride yang dapat melakukan pengisian daya cepat dibandingkan charger yang memakai silikon. Dimensi charger juga bisa lebih ringkas dan efisien energi. Charger dengan GaN memiliki bandgap lebih lebar yang memungkinkan untuk mengisi daya perangkat lebih cepat. Bandgap Silikon adalah 1,12 eV, sedangkan GaN memiliki bandgap 3,4 eV. Angka ini menunjukkan bahwa energi yang terbuang seiring transisi elektron antar band kehilangan lebih seidikit energi. Bandgap yang lebih lebar dari silikon juga memungkinkan GaN lebih tahan terhadap tegangan dan suhu tinggi.

AUKEY Omnia II Mini 30W

Baca juga:  Review Power Bank AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin 20W PD

Pengujian pengisian daya menggunakan Omnia II Mini 30W dilakukan dengan memakai kabel Circlet Blink 100W. Ketika melakukan pengisian daya pada Huawei P30 Pro, dapat terlihat dua ikon petir pada layar yang menandakan pengisian daya cepat. Sedangkan jika dihubungkan dengan charger biasa hanya terlihat satu ikon petir. Selain itu, saat menggunakan charger ini, saat berada di home screen pada smartphone akan terlihat keterangan Quick Charging. Saat dilakukan pengisian daya, pada baterai yang sudah terisi 88%, butuh waktu 5 menit saja untuk menaikkannya jadi terisi 90%.

Isi paket AUKEY Omnia II Mini 30 W tidak termasuk kabel, hanya kepala charger dan kartu panduan pengguna saja. Sesuai nama yang diusung, maka AUKEY Omnia II Mini 30W memiliki desain yang mungil. Dimensinya  hanya 31 x 32 x 34,8 mm, kecil banget kan? Bobotnya juga sangat ringan, hanya 40 gram saja. Harga yang dibanderol pada AUKEY Omnia II Mini 30 W adalah Rp499 ribu. 


Kabel AUKEY Circlet Blink 100W

Pada uji coba ini digunakan juga kabel AUKEY Circlet Blink 100W yang merupakan kabel USB tipe-C ke USB tipe-C. Panjang kabel ini 1 meter dan intinya terbuat dari Aramid Fiber yang memiliki kelebihan dalam hal kekuatan dan durabilitas. Bobot kabel ini pun cukup ringan, hanya 25 gram saja.

Kabel ini mendukung pengisian daya cepat dengan daya sampai 100 W. Jika digunakan untuk melakukan transfer data, maka kabel ini mendukung kecepatan transfer data sampai 480 Mbps.Selubung kabel ini menggunakan nilon kepang yang terasa lebih elegan dibandingkan dengan silikon biasa. Ketangguhan kabel ini juga ditingkatkan dibandingkan kabel yang memakai silikon biasa, yaitu tahan 20 ribu kali tekukan. Sementara itu, pada kabel yang masih menggunakan selubung silikon hanya tahan 10 ribu kali tekukan. 

AUKEY Circlet Blink 100W

Baca juga: Datascrip Jadi Distributor Resmi Western Digital dan Sandisk

Kabel ini dapat digunakan untuk mengisi daya MacBook Pro dengan aman dan melakukan transfer data antara MackBook Pro dan smartphone dengan kecepatan sampai 480 Mbps. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengisi daya Google Pixel 3/3XL, smartphone Huawei,  Nintendo Switch atau perangkat kompatibel lain. Model kabel yang digunakan pada review ini tidak disertai dengan display. AUKEY sebenarnya memiliki varian lain kabel ini yang dilengkapi display di kepala kabel untuk memudahkan melihat status pengisian.

Layanan purna jual produk-produk AUKEY dijamin dengan garansi selama dua tahun multiklaim. Pemasaran produk ini dilakukan oleh PT Datascrip sebagai distributor tunggal yang juga menangani layanan purna jual. Jika produk yang rusak sudah tidak dijual, maka produk dapat diganti dengan produk yang memiliki harga sama.

Share:

Artikel Terkini