Review Power Bank AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin 20W PD Review Power Bank AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin 20W PD ~ Teknogav.com

Review Power Bank AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin 20W PD


Teknogav.com - Seiring pesatnya perkembangan teknologi digital dan perangkat mobile yang makin canggih, seringkali lebih cepat menguras daya baterai. Salah satu solusi praktis untuk mengatasi baterai yang tiris adalah dengan Power Bank. Tidak perlu repot mencari outlet daya, pengisian daya dengan Power Bank bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satu Power Bank yang mumpuni adalah AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin 20W PD. Yuk, simak reviewnya berikut ini.

Kotak kemasan Power Bank AUKEY Basix Slim 10000mAH Ultra-Thin 20W PD terlihat elegan. Unit Power Bank dapat terlihat tanpa harus membuka kemasan terlebih dahulu, layaknya membuka halaman sampul buku. Di sisi dalam halaman sampul kemasan, terdapat denah port yang tersedia pada Power Bank, lengkap dengan spesifikasi tiap port. Sementara itu, untuk membuka kemasan, bisa dari bagian atas atau bawah.

AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin Power Bank with 20W PD

Baca juga: PT Datascrip Resmi Jadi Distributor Tunggal AUKEY di Indonesia

Di dalam kemasan Power Bank AUKEY ini terdapat unit Power Bank, kabel USB tipe-A ke USB tipe-C dan panduan pengguna. Desain Power Bank AUKEY ini terlihat polos layaknya Power Bank biasa dengan dimensi 142 x 68 x 16,3 mm dan bobot 223 gram.

Bodi unit Power Bank ini berwarna hitam polos, pada bagian depan terdapat logo AUKEY dan empat lampu indikator kapasitas daya. Pada salah satu sisi terdapat port micro USB untuk mengisi daya Power Bank sampai 18 W. Di seberang sisi tersebut, terdapat tombol untuk menyalakan Power Bank. Bergeser ke sisi lain, terdapat tiga port yang terdiri dari dua port USB tipe-A yang mengapit port USB tipe-C. Istimewanya, ketiga port tersebut dapat digunakan untuk mengisi tiga perangkat sekaligus!

port micro USB tipe-A untuk pengisian daya pada AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin Power Bank with 20W PD
tombol daya pada salah satu sisi AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin Power Bank with 20W PD

Saat awal Power Bank AUKEY ini dikeluarkan dari kemasan, ternyata sudah ada daya yang langsung dapat digunakan untuk mengisi daya. Pada review ini, kami mencoba mengisi daya pada smartphone yang sudah terisi 68% dengan kabel bawaan. Ternyata hanya membutuhkan waktu dua menit untuk menaikkannya menjadi 70%. Cukup cepat kan? Pada layar smartphone memang terlihat bahwa fitur Quick Charging aktif saat pengisian daya tersebut. Uji coba juga dilakukan menggunakan kabel USB tipe-C ke USB tipe-C, hasilnya sama, pengisian daya dilakukan menggunakan fitur Quick Charging. Ketika digunakan untuk mengisi daya iPhone 13 Series, Power Bank ini dapat mengisi sampai 50% dari kondisi kosong hanya dalam 30 menit.

tiga port pada salah satu sisi AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin Power Bank with 20W PD

Ketika kapasitas Power Bank sudah kosong, maka bisa menggunakan port micro USB untuk melakukan pengisian daya. Ternyata Power Bank AUKEY tak hanya mengisi daya dengan cepat, tetapi juga bisa diisi dayanya dengan 1,5 kali lebih cepat. Pengisian daya ke Power Bank dengan charger 18 W hanya membutuhkan waktu 3 jam. Sedangkan jika pengisian daya memakai charger 10 W maka dibutuhkan waktu 6,5 jam. Pengisian daya ke Power Bank tak hanya bisa dilakukan dari port micro USB lho, tetapi juga melalui port USB tipe-C. Jadi port USB tipe-C yang tersedia mendukung daya masuk 18 W dan daya keluar 20 W. Sementara itu dua port USB tipe-A yang mengapit port tersebut, masing-masing mendukung keluaran daya 18 W.

Baca juga: Review AUKEY Omnia II Mini 30W dan Circlet Blink 100W

Berikut ini adalah spesifikasi dari masing-masing port yang tersedia:

  • Micro USB in: 5V 2A / 9V 2A
  • USB tipe-C in: 5V 3A / 9V 2A
  • USB tipe-C out: 5V 2,4A / 9V 2,2A / 12 V 1,5A (PD)
  • USB tipe-A out: 5V 3A / 9V 2A / 12V 1,5A (18W QC 3.0)

Jenis bateri yang digunakan pada Power Bank ini adalah Lithium Polymer dan kapasitasnya 37 Wh. Kapasitas baterai yang kurang dari 100 Wh ini membuatnya aman untuk dibawa naik pesawat. Jadi di liburan akhir tahun ini aman dong membawa Power Bank AUKEY jalan-jalan sampai keliling dunia.

lampu indikator baterai AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin  Power Bank with 20W PD

Sayangnya, indikator kapasitas daya yang tersisa di Power Bank ini tidak menggunakan tampilan angka, tetapi empat lampu indikator. Namun, keempat lampu indikator tersebut dapat digunakan untuk memperkirakan kapasitas daya yang tersedia, yaitu sebagai berikut:

  • Jika keempat lampu indikator menyala, maka kapasitas baterai berada di kisaran 100%
  • Jika tiga lampu indikator menyala, maka kapasitas baterai berada di kisaran 75%
  • Jika dua lampu indikator menyala, maka kapasitas baterai berada di kisaran 50%
  • Jika satu lampu indikator menbyala, maka kapasitas baterai berada di kisaran 25%

Baca juga: Datascrip Jadi Distributor Resmi Western Digital dan Sandisk

Harga yang dibanderol pada AUKEY Basix Slim 10000mAh Ultra-Thin Power Bank with 20W PD ini sekitar Rp200 ribuan. Pemasaran produk-produk AUKEY didukung jaringan PT Datascrip sebagai distributor tunggal AUKEY. Layanan purna jual AUKEY didukung garansi dua tahun multiklaim untuk produk-produknya. Jika terjadi kerusakan produk, maka AUKEY tidak melakukan perbaikan, tetapi menukarnya dengan produk baru. Hal ini dilakukan AUKEY karena yakin dengan kualitas produk-produknya. Penukaran produk yang masih dalam masa garansi bisa dilakukan di tempat pembelian atau di jaringan PT Datascrip.

Share:

Artikel Terkini