Vermouth Audio Luncurkan Reference Micro Studio Monitor di Penghujung Tahun Vermouth Audio Luncurkan Reference Micro Studio Monitor di Penghujung Tahun ~ Teknogav.com

Vermouth Audio Luncurkan Reference Micro Studio Monitor di Penghujung Tahun

Teknogav.com – Tepat setahun setelah peluncuran Vermouth Audio 12th Year Anniversary Loudspeaker, Vermouth Audio meluncurkan speaker teranyarnya, Reference Micro Studio Monitor.  Peluncuran tersebut digelar secara eksklusif di markas besar Vermouth Audio di Denpasar, Bali yang dihadiri oleh Teknogav.com sebagai media partner. Vermouth Audio Reference Micro Studio Monitor dihadirkan Hendry Ramli sang pendiri Vermouth Audio demi memenuhi tuntutan pelanggan setianya. Ini adalah speaker premium yang cocok digunakan bagi para profesional yang berkecimpung di bidang audio dan juga studio rekaman.

Vermouth Audio Reference Micro Studio Monitor

Konfigurasi yang digunakan pada Vermouth Audio Reference Micro Studio Monitor ini adalah two-way bass reflex. Proses perancangan speaker premium ini sampai selesai produksi tidak berlangsung dalam sekejap. Hendry Ramli merancang Reference Micro Studio Monitor sejak tahun 2022 sampai akhirnya siap dipasarkan pada Desember 2023 ini. Perancangan dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, tentunya juga menggunakan komponen-komponen dari brand yang tak diragukan lagi kualitasnya. Beberapa brand yang digunakan mencakup Accuton, Jantzen & Mundrof, dan RAAL.

posisi front firing port pada Reference Micro Studio Monitor

Baca juga: Vermouth Audio Studio Monitor, Jagoannya Segmen Speaker Premium Indonesia

Reference Micro Studio Monitor ini memiliki port firing atau buangan udara di bagian depan. Letak port firing ini layaknya yang diadopsi pada Reference 01 Studio Monitor dan Reference 02 Studio Monitor. Desain port firing ini memungkinkan untuk menempatkan speaker dengan jarak yang dekat dengan dinding belakang. Speaker ini terlihat elegan dengan tampilan warna hitam mengkilap. Dimensi speaker ini 447mm x 236mm  x 453mm yang terlihat apik saat diletakkan dalam ruangan.

posisi midwoofer pada Vermouth Audio Reference Micro Studio Monitor

Reference Micro Studio Monitor ini dipersenjatai dengan Accuton Midwoofer dengan diameter 7 inci berbahan keramik murni yang diproduksi di Jerman. Tipe yang digunakan tepatnya adalah Accuton C168 114 mm Voice Coil. Pada frekuensi tinggi, digunakan tweeter RAAL True Ribbon 70-20XR AM Nanocrystalline C-Core Transformer yang diproduksi di Serbia. Kedua produsen transduser tersebut tentu saja memiliki pengalaman puluhan tahun di bidang ini.

Baca juga: Vermouth Audio Siapkan Jajaran Studio Monitor Premium Seri Reference

posisi Twitter pada Reference Micro Studio Monitor

Sensitivitas speaker ini 85 dB di 1 watt pada 1 meter pengukuran dalam frekuensi 1 kHz. Rentang frekuensi 33 Hz – 50.000 Hz pada +/- 3 dB dan bisa mereproduksi bass sampai 27 Hz pada -10 dB. Crossover yang digunakan adalah Jantzen & Mundorf Premium component yang memiliki frekuensi 1,75 kHz. Perakitan crossover menggunakan rangkaian poin ke poin dengan papan kayu CNC. Jantzen dan Mundorf merupakan brand dengan spesialisasi pembuatan bagian-bagian corssover yang telah diakui produsen speaker kelas dunia.

bagian atas Reference Micro Studio Monitor

Vermouth Audio membanderol Reference Micro Studio Monitor ini di kisaran harga USD13,952 atau sekitar Rp200 jutaan. Jika dibandingkan dengan Reference 01 Studio Monitor, tentu saja harga tersebut lebih terjangkau. Reference 01 Studio Monitor dibanderol dengan harga USD24,875 atau hampir Rp300 juta. Sedangkan Reference 02 Studio Monitor dibanderol dengan harga USD32,807 atau sekitar Rp500 jutaan. Kendati lebih murah, Reference Micro Studio Monitor memiliki kelebihan dalam hal desain yang lebih ringkas sehingga bisa ditempatkan di ruang terbatas. Namun, tentu saja kemampuannya disesuaikan sesuai desain dan harga tersebut.

Selain itu, Hendry Ramli juga memberi bocoran mengenai produk speaker premium berikutnya, yaitu Reference Mini Studio Monitor. Rencananya, Reference Mini Studio Monitor akan diluncurkan pada Desember tahun depan.

Baca juga: Vermouth V3C dan Vermouth Micro, Studio Monitor dengan Harga Terjangkau

bagian belakang Reference Micro Studio Monitor

Spesifikasi Vermouth Audio Reference Micro Studio Monitor

Desain Two-way bass reflex, front firing port
Midwoofer: Accuton C168 114mm Voice Coil 7″ Ceramic
Tweeter: RAAL True Ribbon 70-20XR AM Nanocrystalline C-Core Transformer
Tanggapan frekuensi: 33Hz-50KHz +/-3dB
Bass extension: 27Hz (-10dB)
Sensitivitas: 85dB @ 1W @ 1m @ 1 KHz
Crossover Frequency: 1.75KHz
Crossover: Jantzen & Mundorf Premium component
Perakitan Crossover:  Point to Point Wiring with CNC wooden board.
Pengkabelan internal: Vermouth MSSCC
Konektor: 1 pasang Vermouth Tellurium Copper Rhodium Plated Binding Post
Daya: 20 sampai 150 watt
Dimensi (H x W x D): 447mm x 236mm  x 453mm
Finished: Black High Gloss
Kemasan: Peti kayu

Share:

Artikel Terkini