ASUS Perkenalkan Laptop Bertenaga AI dan Ramah Lingkungan di CES 2024 ASUS Perkenalkan Laptop Bertenaga AI dan Ramah Lingkungan di CES 2024 ~ Teknogav.com

ASUS Perkenalkan Laptop Bertenaga AI dan Ramah Lingkungan di CES 2024

Teknogav.com – Consumer Electronic Show 2024 digelar selama tiga hari, mulai 10 Januari 2024 sampai 12 Januari 2024 di Las Vegas. Pada kesempatan tersebut, ASUS memperkenalkan laptop dua layar inovatif dan jajaran laptop lain yang siap menjadi solusi lengkap bagi penggunanya. Jajaran laptop ASUS siap mendukung produktivitas, mobilitas dan membuat konten kreatif. ASUS meluncurkan jaaran produknya di CES 2024 dengan mengusung tajuk ‘In Search of Incredible: Transcendence’. Peran penting perusahaan dalam mendorong inovasi ditekankan oleh S.Y. Hsu, Co-CEO ASUS.

"Tahun ini, kami tidak hanya melanjutkan perjalanan kami menuju keberlanjutan. Namun, kami juga memanfaatkan keahlian teknologi kami di bidang AI, serta aliansi dan kemitraan strategis. Upaya ini dilakukan untuk menciptakan solusi inovatif di bidang konsumen, komersial, dan gaming. Seiring munculnya era baru teknologi yang dibantu AI, ASUS terus berupaya menggunakan keahlian ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna setiap orang,” ucap S.Y. Hsu.


Baca juga: ASUS ROG Umumkan Jajaran Laptop Gaming Terkini 2024

ASUS fokus memperkenalkan jajaran laptop bertenaga AI yang dibekali prosesor Intel Core Ultra pada CES 2024. Prosesor ini dibekali Neural Processing Unit (NPU), yaitu unit khusus yang didedikasikan untuk pemrosesan AI. Kehadiran prosesor ini menyajian kinerja yang lebih baik dan memproses aplikasi berbasis AI dengan lebih baik dan efisien. 

Dedikasi ASUS dalam menyajikan pengalaman yang melampaui batasan komputasi konvensional ditegaskan ASUS dengan menekankan dampak transformatif portofolio produknya. Masa depan divisualisasikan ASUS melalui teknologi dan ekosistem cerdas yang bisa diakses semua orang. Hal ini disajikan dengan fokus yang kuat pada keberlanjutan, inovasi dan desain yang berorientasi kepada pengguna.

Teknologi canggih yang dihadirkan ASUS sanggup menyajikan konten AI yang lebih baik, analisis data lebih cepat, dan multitasking lancar. Pengguna juga bisa bekerja dan berkegiatan lebih aman, serta meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru melalui kinerja komputasi yang baik.

Baca juga: Serangkaian Teknologi Gaming ROG Terkini Siap Dipamerkan di CES 2023

Laptop yang siap meluncur di Indonesia adalah Zenbook DUO (UX8406) dan Zenbook 14 OLED (UX3405). Kedua laptop tersebut ultraportable dengan desain yang tipis dan ringan dan ditenagai prosesor Intel Core Ultra yang dibekali NPU. Kehadiran NPU tersebut mampu mempercepat kinerja dan mendukung pemrosesan aplikasi berbasis AI dengan tangguh.

Zenbook DUO (UX8406), Laptop Dua Layar yang Inovatif dan Tipis

Sesuai namanya, Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan dua layar sentuh yang dihubungkan dengan engsel yang bisa dibuka sampai 180°. Kedua layar tersebut menggunakan teknologi OLED 3K 120 Hz berukuran 14 inci dengan rasio 16:10. Ketika kedua layar digabungkan, maka akan menghasilkan layar yang lebih luas berukuran 19,8 inci. Layar yang lebih luas memudahkan untuk menjalankan semua aplikasi produktivitas favorit dan memantau semuanya secara bersamaan.

Zenbook DUO (UX8406)

Keyboard dan touchpad Bluetooth ASUS ErgoSense pada laptop ini dapat dilepas sehingga mendukung fleksibilitas dan mobilitas. Penyangga (kickstand) yang terintegrasi memungkinkan laptop ini digunakan dalam berbagai orientasi, baik vertikal maupun horisontal. Berbagai mode pengguna, baik itu mode laptop, dual screen, desktop atau sharing mode mudah dikendalikan menggunakan aplikasi ASUS ScreenXpert.

Prosesor Intel Core Ultra 9 yang dilengkapi NPU untuk menyajikan kinerja komputasi AI yang baik dan efisien pada laptop ini. Kehadiran NPU dapat mempercepat multitasking dan AI sehingga efisien untuk bekerja, berkarya dan menikmati hiburan. Hal ini memungkinkan Zenbook DUO (UX8406) mengubah standar pengalaman komputasi modern. 

Kinerja laptop ini diukung oleh RAM LPDDR5x berkapasitas 32 GB. Media penyimpanannya pun sudah menggunakan teknologi SSD PCIe 4.0 dengan kapasitas sampai 2 TB. Sumber daya pada laptop mengandalkan baterai 75 Wh dan audionya didukung teknologi Dolby Atmos bersertifikat Harman Kardon. Berbagai teknologi tersebut siap mendukung produktivitas dan menyajika hiburan sepanjang hari.

Baca juga: ASUS ZenBook Duo 14, Lebih Ringkas dengan Intel Core Gen-11

Perpaduan kemampuan multitasting dan mobilitas yang efisien pada laptop ini telah memenuhi persyaratan sebagai laptop Intel Evo. Desain laptop begitu tipis dan ringan dengan bobot hanya 1,35 kg saja. Laptop ini dirancang dengan mengutamakan durabilitas dan mengusung konsep ramah lingkungan dengan menggunakan berbagai bahan daur ulang. Ketangguhan laptop juga sudah diuji dan lolos standar militer Amerika Serikat (MIL-STD-810H).

Zenbook 14 OLED (UX3405), Laptop Klasik yang Tipis dan Ringan

Prosesor Intel pada Zenbook 14 OLED (UX3405) sampai Intel Core Ultra 9 dan didukung grafis Intel Arc. Kinerja AI pun dipercepat dengan kehadiran NPU pada prosesor tersebut. Desain laptop ini ultraportabel premium dengan bobot 1,2 kg dan ketebalan 14,9 mm. Sumber daya laptop ini mengandalkan baterai berkapasitas 75 Wh yang lebih awet. Konektivitas pada laptop juga didukung port yang lengkap. Jajaran port tersebut termasuk dua USB tipe-C Thunderbolt4,  USB tipe-A Gen 1, HDMI 2.1 (TMDS) dan jack audio 3,5 mm.

Zenbook 14 OLED (UX3405)

Zenbook 14 OLED (UX3405) dibekali layar 3K ASUS Lumina OLED dengan refresh rate 120 Hz. Audionya pun didukung speaker super-linear baru yang lebih tangguh. Perpaduan layar dan speaker tersebut siap menyajikan pengalaman audio visual yang mengesankan. Laptop ini juga sudah dibekali kamera IR FHD dengan penutup fisik yang menjaga privasi. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah untuk memudahkan login. Keyboard ASUS ErgoSense pada laptop juga lebih hening saat digunakan untuk mengetik. Ukuran touchpad ErdoSence juga lebih luas sehingga menyajikan pengendalian yang lebih baik.

Baca juga: ASUS Zenbook 14 OLED (UX3402) Tangguh dengan Sertifikasi Intel EVO

Konsep ramah lingkungan juga diusung laptop ini dengan menggunakan bahan daur ulang, baik pada laptop maupun kemasannya. Ketangguhan laptop juga sudah didukung oleh pengujian berstandar militer Amerika Serikat sehingga memaksimalkan masa pakai perangkat.

Dukungan pada Keberlanjutan

Komitmen ASUS terhadap kepedulian lingkungan juga ditekankan ASUS pada CES 2024 dengan memperlilhatkan inisiatif Environmental Social Governance (ESG) yang kuat. ASUS mengintegrasikan konsep keberlanjutan di seluruh produk, operasi dan layanan kompensasi karbon. Upaya yang dilakukan tersebut ini selaras dengan ambisi ASUS untuk menjadi perusahaan net-zer. Penunjukan ASUS sebagai EPEAT Climate+ Champion baru-baru ini menunjukkan pengakuan atas inisiatif ASUS. Hal ini juga menekankan sikap proaktif ASUS dalam menjaga lingkungan.

Tekad ASUS dalam mengurangi dampak iklim ditunjukkan dengan menetapkan target pengurangan emisis berbasis sains jangka pendek sesuai validasi SBTi. Baru-baru ini, diluncurkan juga layanan ASUS Carbon Partner di Taiwan dengan ExpertBook B9403 dan ExpertCenter D9. Hal ini mendefinisikan ulang kontribusi bisnis terhadap netralitas karbon, menawarkan solusi berdampak melalui kredit karbon yang diverifikasi dan berkualitas tinggi, serta memberdayakan pelanggan untuk berkontribusi aktif terhadap netralitas karbon.

Komitmen ASUS terhadap keberlanjutan sudah diakui secara global, salah satunya dari Financial Times sebagai Climate Leader di Asia-Pasifik. ASUS juga masuk dalam Indeks Corporate Knighs Clean 200 dan merupakan pelopor dalam teknologi keberlanjutan. Kiprah ASUS dalam mempelopori teknologi keberlanjutan tersebut dilakukan dengan meluncurkan laptop netral karbon, laptop seri Bamboo dan laptop bisnis terverifikasi karbon pertama di tahun 2022.

Penggabungan bahan daur ulang dalam manufaktur dan pengemasan juga dilakukan ASUS secara aktif. Lebih dari 1.600 ton plastik PCR digunakan ASUS sejak tahun 2017. Di tahun 2022 pun digunakan lebih dari 20.000 ton kertas daur ulang. Sejak tahun 2019, ASUS telah mendaur ulang lebih dari 40.000 ton limbah elektronik. Pendapatan dari produk ramah lingkungan ASUS bahkan melampaui 87,2% pendapatan yang memenuhi syarat di tahun 2022. Pencapaian ini menandai kemajuan berkelanjutan menuju ekonomi sirkular untuk mengurangi dampak perusakan pada lingkungan.

Share:

Artikel Terkini