ASUS ROG Umumkan Jajaran Laptop Gaming Terkini 2024 ASUS ROG Umumkan Jajaran Laptop Gaming Terkini 2024 ~ Teknogav.com

ASUS ROG Umumkan Jajaran Laptop Gaming Terkini 2024

Teknogav.com – ASUS ROG memperkenalkan serangkaian laptop gaming yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra Series dan AMD Ryzen 8000 Series. Kemampuan grafis laptop tersebut pun sudah didukung GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Kestabilan kinerja laptop juga didukung sistem pendingin yang baik, eksperimen AI juga lebih baik berkat serangkaian teknologi dan fitur terkini. Jajaran laptop gaming tersebut mencakup ROG Strix SCAR, Strix G, ROG Zephyrus G dan ASUS TUF Gaming. Serangkaian laptop gaming ini akan hadir mulai Februari 2024 dengan desain premium, lebih tangguh dan modern.

Prosesor dan kartu grafis terkini membekali serangkaian laptop gaming yang diusung ASUS ROG. Kinerja laptop gaming tersebut ditenagai oleh Intel Core Ultra Series dan AMD Ryzen 8000 Series. Sementara, kemampuan grafis jajaran laptop gaming ini didukung juga oleh NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Pengolahan AI yang efisien dapat dilakukan oleh perangkat-perangkat keras tersebut sehingga mendukung kinerja tinggi untuk eksperimen AI. Pengaturan kinerja dapat dilakukan oleh Armoury Crate yang mencakup kecepatan clock, fan curve dan pilihan untuk mematikan core tertentu. Kemampuan ini mendukung penyesuaian kinerja untuk kebutuhan eksperimen AI.

Memori dan media penyimpanan yang digunakan pada jajaran laptop gaming ASUS ROG memiliki kecepatan tinggi sehingga mendukung kinerja yang andal. Kecepatan transfer data dipercepat dengan memori DDR5 dan media penyimpanan SSD PCIe Gen4 x4. Kestabilan kinerja sistem juga dijaga oleh sistem pendingin eksklusif ROG Intelligent Cooling sehingga memaksimalkan pengalaman gaming. Sistem ROG Intelligent Cooling ini mencakup liquid metal, kipas Arc Flow generasi ke-2 dan heatsink tipis.

Serangkaian fitur dan teknologi canggih juga disematkan pada laptop gaming ROG 2024 untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Jadi laptop gaming ini tak hanya bisa diandalkan untuk main game saja, tetapi juga untuk membuat konten dan eksperimen AI. Pemrosesan grafis yang optimal di kartu grafis diskret pun dipastikan oleh teknologi MUX Switch.

Perangkat keras yang digunakan pada jajaran laptop gaming ini mendukung efisiensi daya lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor terkini yang digunakan juga dirancang khusus untuk pemrosesan AI dengan kehadiran Neural Processing Unit (NPU). NPU ini merupakan bagian dari paket CPU.
 

TUF Gaming

Gamer pemula bisa menjadikan TUF Gaming sebagai laptop andalannya. TUF Gaming F16 hadir dengan layar berukuran 16 inci dan ditenagai prosesor sampai Intel Core i7-13650HX. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD, refresh rate 165 Hz dan 100% sRGB yang siap memenuhi kebutuhan gaming. Rasio layar-ke-bodi pada layar tersebut mencapai 90%, sedangkan rasio aspek 16:10. Tampilan grafis dan visual pada laptop gaming ini ditopang kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 4060. Keandalan grafis pun didukung teknologi NVIDIA Advanced Optimus dan NVIDIA G-Sync.

TUF Gaming

Kinerja prosesor didukung juga oleh memori DDR5-5600 MHz yang kecepatannya 50% lebih tinggi dibandingkan DDR4. Sementara itu, media penyimpanan menyediakan dukungan dua slot SSD dengan teknologi PCIe 4.0 dengan kapasitas sampai 2 TB. Konektivitas pada laptop gaming ini dilengkapi port USB tipe-C yang didukung teknologi Thunderbolt4 dan power delivery 100 W. Audio pada laptop gaming ini sudah didukung Hi-Res Audio dan Dolby ATMOS. TUF  Gaming F16 tersedia dalam pilihan desain Mecha Gray dan Jaeger Gray. 

Baca juga: ASUS TUF Gaming A15 (FA507), Gahar dengan AMD Ryzen 7 6800H

Jika ingin layar yang lebih kecil, maka tersedia juga TUF Gaming A15 dengan layar 15 inci. Laptop gaming ini ditenagai AMD Ryzen 8000 Series. Jumlah inti prosesor sampai delapan inti dan 16 threads. Prosesor tersebut sudah didukung NPU untuk mempercepat pemrosesan AI. Kinerja gaming pun dipercepat dengan kehadiran kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Konektivitas dilengkapi dengan port USB 4.0 Gen3 dengan kecepatan transfer sampai 40 GBps. Port USB tipe-C pada laptop ini juga sudah didukung pengisian daya sampai 100W. Dimensi laptop ringkas dengan bobot hanya 2,2 kg saja.

Kedua laptop gaming TUF Gaming ini memiliki kapasitas 90 Whr dan sudah didukung teknologi pengisian daya cepat. Ketangguhan kedua laptop gaming tersebut juga dijamin dengan sertifikasi berstandar militer Amerika Serikat MIL-STD-810H.

ROG Strix SCAR dan Strix G

Bagi gamer yang membutuhkan laptop gaming tangguh, maka ROG Strix SCAR dan Strix G merupakan pilihan tepat. ROG Strix SCAR 16/18 menjadi laptop gaming paling tangguh dengan prosesor Intel Core i9-14900HX dengan TDP sampai 65 W. Kinerja laptop tersebut didukung RAM DDR5-5600 MHz yang kecepatannya 17% lebih tinggi dibandingkan DDR5-4800 MHz. RAM tersebut berkapasitas 64 GB, media penyimpanan menggunakan SSD PCIe 4.0 dengan Raid 9 dengan kapasitas 2 TB + 2 TB. Konektivitas laptop didukung oleh port USB tipe-C yang dengan teknologi Thunderbolt4. 

ROG Strix

Kartu grafis yang digunakan pun NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP sampai 175 W. Serangkaian teknologi canggih tersebut menjamin dapat menaklukkan semua game di platform PC. Layar laptop gaming ini sudah menggunakan ROG Nebula HDR dengan panel Mini LED. Kinerja grafis pada laptop pun sudah didukung teknologi MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus.

Keandalan kinerja yang tinggi pada laptop gaming ini menjadikannya ideal untuk eksperimen AI. Pendinginan yang efektif pada ROG Strix SCAR 16/18 Series didukung sistem tiga kipas, sedangkan pada ROG Strix SCAR 17 menggunakan vapor chamber.

Baca juga: Review ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) Laptop Gaming Tercanggih

ROG Strix G16

ROG Strix G16/G17 mengadopsi ROG Nebula Display dan pilihan kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 4080. Kinerja laptop tetap tinggi dengan dukungan prosesor Intel Core i9-14900JX dengan TDP sampai 65 W. Kestabilan kinerja laptop juga dijaga oleh sistem pendingin tiga kipas yang mengoptimalkan suhu operasional. Konektivitas laptop gaming ini didukung port USB tipe-C dengan teknologi Thunderbolt4 dan koneksi nirkabel Wi-Fi 6E.

ROG Zephyrus G

Laptop gaming tetap bisa tampil bergaya, hal ini dibuktikan oleh ROG Zephyrus G. Kini ROG Zephyrus mengusung teknologi futuristik slash lighting yang menggunakan 28 mini LED untuk menciptakan pengalaman terkustomisasi. Kehadiran pencahayaan LED 7-section akan menyajikan berbagai efek pencahayaan. Pengguna dapat mengatur sendiri pengalaman pencahayaan mereka sesuai kebutuhan yang berbeda.

ROG Zephyrus G

Desain baru yang terlihat modern dan elegan dengan bodi tipis dan ringan diusung oleh ROG Zephyrus G14 dan G15. Kedua laptop gaming ini tentu saja tetap mengutamakan kinerja dan portabilitas. Keandalannya mencakup konektivitas lengkap, kinerja perangkat keras yang efisien dan sistem pendingin yang baik. Kualitas visual yang ditampilkan layar pun lebih baik jika dibandingkan laptop gaming yang ada saat ini. 

Baca juga: Review ASUS ROG Zephyrus G15 (GA503R), Kinerja Andal untuk Kreator

ROG Zephyrus G14 dan G16 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Layar laptop berpanel OLED ini merupakan yang pertama dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR). Kemampuan VRR dalam menyingkirkan efek screen tearing dan stuttering saat main game sangat penting bagi gamer.

Posesor AMD Ryzen 8545HS hadir mentenagai ROG Zephyrus G14, sedangkan ROG Zephyrus G16 ditenagai Intel Core Ultra 9 185H. Kedua prosesor tersebut merupakan prosesor generasi terkini yang sudah dibekali NPU untuk mempercepat pemrosesan AI. Sementara itu kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series menunjang kinerja kedua laptop untuk membuat konten sampai AI. Selain itu,  pada ROG Zephyrus Duo 16 memiliki fitur unik Active Aerodynamic System.

Demikianlah beberapa jajaran laptop gaming yang akan dipasarkan ASUS mulai Februari 2024 di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini