ASUS ZenBook Duo 14, Lebih Ringkas dengan Intel Core Gen-11 ASUS ZenBook Duo 14, Lebih Ringkas dengan Intel Core Gen-11 ~ Teknogav.com

ASUS ZenBook Duo 14, Lebih Ringkas dengan Intel Core Gen-11

Teknogav.com – Pada ajang CES 2021, ASUS meluncurkan jajaran laptop terkini secara virtual dengan tema Be Ahead. Lini ZenBook ASUS menghadirkan dua laptop terkininya, yaitu ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dan ZenBook Duo 14 (UX482). Kedua laptop tersebut mendapat peningkatan signifikan. Sebelumnya keandalan ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) telah diulas, kini saatnya mengulik lebih dalam fitur ZenBook Duo 14 (UX482). Selain itu ASUS juga mengumumkan VivoBook S14 (S435), ExpertBook B9 (B9400 vPro) dan laptop gaming TUF Dash F15.

Berbagai inovasi teknologi terkini hadir pada seluruh laptop terkini yang diperkenalkan ASUS tersebut. Jajaran laptop terkini ASUS merupakan kelanjutan dari inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan memperkaya kualitas hiburan. Nah, kini mari simak fitur-fitur andalan dari ZenBook Duo 14 (UX482).

Baca juga: Review ASUS ZenBook Duo (UX482EG), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

Sesuai istilah Duo yang disandang pada ASUS ZenBook Duo (UX482), maka laptop ini dilengkapi dengan dua layar. Kedua layar tersebut mengadopsi layar sentuh untuk memperkaya pengalaman multitasking dan resolusi FHD. Layar utama laptop ini berukuran 14 inci, sedangkan layar kedua yang merupakan ScreenPad Plus berukuran 12,6 inci. Layar utama ZenBook Duo (UX482) memiliki bezel yang sangat tipis, rasio layar-ke-bodi sampai 93%.  

Baca juga: ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED Tingkatkan Kecanggihan Layar Ganda

Kemampuan layar untuk melakukan reproduksi warna pada color gamut sRTB sampai 100%. Selain itu juga sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated sehingga bisa diandalkan pembuat konten seperti ilustrator dan fotografer profesional.  Kenyamanan mata pun dijamin oleh sertifikasi TUV Rheindland untuk low blue light atau sinar biru rendah. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa gelombang sinar biru yang dipancarkan layar laptop ini lebih rendah dibandingkan laptop umumnya.

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

Jika dibandingkan pendahulunya, maka bodi ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) ini lebih ringkas dengan kinerja multitasking yang tinggi. Keringkasan dan desain yang portabel ini membuatnya bisa diandalkan para profesional yang memiliki mobilitas tinggi. Ketebalan laptop ini hanya 16,9 mm dan bobot hanya 1,6 kg saja. Motherboard pada laptop ini 18% lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Laptop ini memiliki mekanisme untuk mengangkat ScreenPad Plus sehingga membentuk sudut 7° yang membuat posisi mengetik lebih nyaman. Mekanisme tersebut juga memberikan rongga udara ekstra yang mengoptimalkan kerja sistem pendinginan dan mengurangi efek glare (silau). Pada sistem pendinginan, jumlah bilah kipas pun ditingkatkan dari versi sebelumnya menjadi 59 bilah kipas.

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) ini menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan pilihan Intel Core i5 atau Intel Core i7. Kinerja prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 ini pun mengalami peningkatan sampaii 40%.Prosesor tersebut didampingi oleh prosesor grafis NVIDIA GeForce MX450 atau Intel Xᵉ Graphics terbaru.

Baca juga: Sensasi Futuristik Dua Layar Asus ZenBook Duo dan Pro Duo

Konektivitas perangkat ini menggunakan koneksi terbaik seperti Thunderbolt 4 dan Wi-Fi 6 dengan teknologi ASUS Wi-Fi Master Premium. Kecepatan yang didukung oleh teknologi Thunderbolt 4 itu sampai 40 Gbps. Port yang tersedia mencakup dua USB tipe dengan dukungan Thunderbolt 4, HDMI 1.4, USB 3.2 Gen 1, jack audio dan slot MicroSD. Ketahanan baterai pun diperbarui, dengan kemampuan pemakaian sampai 17 jam. Pengisian baterai pun bisa dilakukan dengan adapter charger USB tipe-C yang sudah disertakan dalam paket penjualan. Canggihnya lagi, baterai laptop pun bisa diisi menggunakan power bank, sehingga tak perlu khawatir saat tak menemukan outlet listrik.

ScreenXpert 2

SxreenPad+ dengan ScreenXpert 2ScreenPad Plus pada ZenBook Duo 14 (UX482) tak hanya berperan sebagai layar kedua, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas. Hal ini dapat dilakukan berkat perangkat lunak khusus ScreenXpert 2. Salah satu fitur pada ScreenXpert 2 adalah Control Panel yang berupa panel khusus untuk mengendalikan tools di software Adobe. Beberapa perangkat lunak yang bisa menggunakan fitur tersebut mencakup After Effect, Lightroom, Photoshop dan Premier. Control Panel ini bisa muncul otomatis dan bekerja layaknya pengendali hardware yang biasanya dijual terpisah. Tombol-tombol pada Control Panel ini mencakup slider, switch dan dial yang bisa dikustomisasi.

Selain adapter charger USB tipe-C, pada paket penjualan ZenBook Duo 14 (UX482) juga sudah disertakan stylus terkini. Keakurasian stylus tersebut sudah ditingkatkan dan dapat mengenali tekanan sampai 4096 level. Kehadiran stylus ini menambah ketangguhan laptop bagi para pembuat konten.

Share:

Artikel Terkini