Kaspersky Beri Tips Rapikan Sampah Digital di Tahun Baru Kaspersky Beri Tips Rapikan Sampah Digital di Tahun Baru ~ Teknogav.com

Kaspersky Beri Tips Rapikan Sampah Digital di Tahun Baru

Teknogav.com – Sampah digital adalah keberadaan dokumen dan file digital yang dihasilkan sangat cepat. Contohnya adalah penginstalan aplikasi lebih banyak dari yang digunakan, jarang diperbarui dan pengaturan kemanan atau privasi sekenanya. Biasanya pengguna tak mengkhawatirkan batas penyimpanan, sehingga enggan memperbarui atau meninjau file-file tersebut. Nah, di tahun yang baru ini, tak ada salahnya memulai kebiasaan baru, yaitu membersihkan sampah digital demi melindungi data berharga.

Penumpukan sampah digital bisa diakibatkan dengan pemasangan 12 aplikasi Android setiap bulan, tetapi hanya menghapus 10 aplikasi. Ini berarti ada dua aplikasi yang bertambah setiap bulan, dan aplikasi tersebut biasanya tidak dipakai atau dibiarkan saja. Sampah digital bisa tersimpan di perangkat atau di cloud selamanya, hal ini disebut Kaspersky sebagai kekacauan digital. Buruknya pemeliharaan konten perangkat juga bisa menyebabkan penumpukan sampah digital.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Email Tak Dibuka? Ini Pemaparan Kaspersky

Data Kaspersky menunjukkan beberapa temuan berikut ini:

  • dalam 55% kasus, pengguna rutin merevisi konten perangkat mereka dan menghapus dokumen dan aplikasi yang tak digunakan
  • dalam 32% kasus, pengguna sesekali memilah sampah digital mereka
  • dalam 13% kasus, pengguna tidak mencoba menghapus dokumen dan aplikasi sama sekali


Berikut ini adalah lima data teratas yang biasanya disimpan di perangkat berdasarkan laporan Kaspersky:

  1. 90% foto dan video umum
  2. 89% foto dan video perjalanan
  3. 89% email pribadi
  4. 84% informasi alamat atau informasi kontak
  5. 79% pesan pribadi melalui SMS atau instant messenger


Hasil penelitian Kaspersky bersama OnePoll pada tahun 2019 menunjukkan bahwa lemari es seseorang bisa menunjukkan risiko keamanan dari kebiasaan masyarakat. Sejumlah 66% responden yang tak sengaja membeli barang yang sama untuk disimpan di lemari es akan dua kali mengalami kesulitan menemukan dokumen atau file saat bekerja.

“Dalam hal keamanan siber, edukasi adalah bentuk pertahanan paling ampuh. Makin kita teredukasi dan mempersiapkan diri, maka makin makin besar peluang meminimalkan risiko pelanggaran terhadap data pribadi dan uang kita. Hanya sekitar 8% orang yang bisa mencapai resolusi tahun baru kerena kurangnya kendali pribadi, stres berlebihan dan emosi negatif. Mulailah dari hal kecil untuk menjadi kebiasaan. Beberapa perubahan sederhana di awal akan sangat membantu melindungi diri dan data Anda,” ucap Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky.

Menurut Yeo Siang Tiong, penting untuk tetap berkomitmen, serta memperoleh dukungan dan bantuan. Ada begitu banyak sumber daya, alat dan orang-orang yang biasa diandalkan untuk mendukung dan membantu mewujudkan resolusi.

Baca juga: Waspada, Berbagai Kejahatan Siber Ini akan Marak di Tahun 2024!

Tips Aman secara Digital di Tahun 2024

Kaspersky memberikan beberapa tren yang berlaku di tahun 2024 dan tips agar senantiasa aman secara digital:

  • Pada tahun 2022, Apple, Google dan Microsoft memperkenalkan proses sign-in tanpa kata sandi. Perangkat yang digunakan menyimpan kunci kriptografi unik untuk setiap situs tanpa perlu mengetik dan sulit untuk dicuri. Kaspersky menyarankan untuk beralih mengikuti penawaran yang ada untuk mengurangi risiko pembajakan akun. Ha ini juga memberikan kenyamanan karena tidak perlu mengingat kata sandi dan memasukkannya kemudian Teknologi ini didukung oleh Chrome, Edge dan Safari, baik pada PC maupun smartphone
  • Kebocoran informasi merupakan risiko digital terbesar, contohnya adalah pencurian data ISP, perusahaan asuransi, layanan pengiriman, jejaring sosial dan database sekolah. Data yang dicuri bisa dimanfaatkan untuk berbagai penipuan. Sayangnya, tak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah kebocoran. Namun informasi yang bocor dapat dikurangi dengan mempersulitnya untuk dicocokka. Membandingkan nama dan nomor telepon di dua basis data yang dicuri tidak akan memberikan penyerang informasi lebih lanjut tentang kita. 
Kaspersky menyarankan untuk seminimal mungkin memberikan informasi pada layanan yang tak penting, terutama toko online dan layanan digital komersial. Tidak perlu mencantumkan nama belakang atau akun media sosial yang biasanya tersedia di kolom opsional. Gunakan alamat email dan nomor telepon sekali pakai sebagai informasi kontak. Banyak layanan yang menyediakan nomor telepon sementara untuk menerima teks konfirmasi, serta alamat email sekali pakai. Cari layanan ini dengan mengetik ‘nomor telepon/alamat email sekali pakai’ pada mesin pencarian. Beberapa layanan bahkan menawarkan nomor kartu kredit sekali pakai sehingga belanja online lebih aman
  • Jauhi media sosial yang toksik seiring meningkatnya gelombang kebencian di media sosial. Jika perlu matikan media sosial sama sekali jika media sosial telah membuat gelisah sepanjang tahun 2023. Kaspersky memberikan tips untuk meninggalkan media sosial tanpa kehilangan data berharga. Beberapa orang biasanya memilih tidak berhenti, tetapi bermigrasi, misalnya ke Telegram atau Mastodon.
  • Hentikan menghabiskan waktu di media sosial dan situs berita selama berjam-jam. Tetapkan batas waktu di smartphone dalam menggunakan media sosial dan aplikasi berita. Mulai dengan satu jam sehari dan mematuhinya. Fitur ini tersedia di berbagai vendor, contohnya Screen Time di Apple, Digital Wellbeing di Google, dan Digital Balance di Huawei. Jika anak menghabiskan banyak waktu di media sosial, maka bisa menggunakan Kaspersky Safe Kids. YouTube juga menyediakan fitur serupa, yaitu Take a Break
  • Pisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan demi membantu kesehatan fisik dan mental. Jangan biarkan pekerjaan mengganngu waktu bersama keluarga dan teman, demikian juga sebaliknya, jangan biarkan urusan rumah tangga mengganggu jam kerja. Perusahaan juga mendapat keamanan siber lebih baik jika informasi pribadi dan pekerjaan, aplikasi dan sebagainya tidak dicampur. Pemisahan ini sebaiknya bersifat fisik, misalnya penggunaan smartphone dan komputer yang berbeda untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi. Penting untuk tidak menggunakan situs pribadi, email dan jejaring sosial di perangkat kerja dan sebaliknya.
  • Jaga kebersihan siber dengan menggunakan perangkat lunak keamanan di semua komputer dan smartphone. Buat kata sandi yang kompleks dan unik pada setiap situs yang masih membutuhkan kata sandi. Perbarui semua aplikasi dan sistem operasi secara teratur. Tips ini memang hampir selalu sama, tetapi masih diabaikan jutaan orang karena ketidaktahuan atau kemalasan. Semua kerumitan juga bisa dihindari dengan mempercayakan rutinitas pada solusi menyeluruh. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah Kaspersky Premium karena sudah memiliki fitur pembersih Harddisk dan pemantauan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa fitur yang tersedia pada Kaspersky Premium:
    • Menghapus file duplikat dan besar dari PC, serta mendeklarasikan aplikasi yang tidak terpakai dari smartphone Android
    • memperingatkan jika harddisk akan rusak sehingga dapat membuat cadangan foto, file, dan data.
Solusi tersebut juga memiliki Pengoptimalan Kinerja yang membantu komputer berjalan lebih cepat dengan:
  • Menghapus entri Windows Registry yang tidak valid
  • Membersihkan folder dan mengosongkan recycle bin
  • Mematikan aplikasi yang boros data dan menghentikan pembukaan beberapa aplikasi saat menyalakan PC
  • Meminta menginstal pembaruan aplikasi dan perangkat lunak agar perangkat mendapatkan keamanan terkini.

Demikianlah beberapa tren keamanan siber di tahun 2024 dan tips yang diberikan Kaspersky agar senantiasa aman dari ancaman digital.

Share:

Artikel Terkini