Hyundai SmartSense dan Hyundai BlueLink Dukung Keselamatan Berkendara dengan Hyundai Hyundai SmartSense dan Hyundai BlueLink Dukung Keselamatan Berkendara dengan Hyundai ~ Teknogav.com

Hyundai SmartSense dan Hyundai BlueLink Dukung Keselamatan Berkendara dengan Hyundai

Teknogav.com – Selain kenyamanan berkendara, keamanan juga penting agar terhindar dari kecelakaan, baik kecelakaan tunggal atau sendiri, maupun yang melibatkan pihak lain. Hyundai berusaha menjaga keamanan pengendara dan para penumpang kendaraannya dengan menghadirkan fitur Hyundai SmartSense. Jajaran kendaraan Hyundai yang sudah mengadopsi Hyundai SmartSense mencakup IONIQ 5 dan Creta. Hyundai juga menyediakan aplikasi Hyundai BlueLink untuk memudahkan untuk mengakses fitur-fitur di kendaraan melalui smartphone.

Berikut ini adalah fitur-fitur pada Hyundai SmartSense:

  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang memberikan peringatan ketika ada potensi tabrakan dari depan
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang memantau dan memberi peringatan jika ada bahaya benturan di blind spot area. Fitur tersebut sangat berguna ketika akan parkir paralel.
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang mendeteksi objek atau kendaraan lain saat mobil melaju mundur
  • Lane Following Assist (LFA) yang menjaga untuk berkendara di jalur aman
  • Lane Keeping Assist (LKA) yang memberi peringatan ketika kendaraan melenceng dari jalur yang seharusnya

Hyundai juga menghadirkan fitur Driver Attention Warning (DAW) untuk menilai kemampuan mengemudi pengendara. Selain itu, area blind spot bisa dipantau Safe Exit Warning (SEW) yang menjaga penumpang untuk turun dengan lebih aman. 

Baca juga: Usung Kearifan Lokal, Hyundai Luncurkan Mobil Listrik IONIQ 5 Batik

Uria Simanjuntak, Head of Public Relations Hyundai Motors Indonesia

“Teknologi pada Hyundai juga memungkinkan untuk membaca kecepatan mobil di depan dan menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan mobil di depannya tersebut,” ucap Uria Simanjuntak, Head of Public Relations Hyundai Motors Indonesia.

Bagi yang ingin menjajal langsung fitur-fitur pada Hyundai SmartSense ini, maka bisa berkunjung ke Indonesia International Motor Show (IIMS). Hyundai memberikan kesempatan eksklusif untuk melakukan sesi test drive dengan mendaftar di Service Point. Pengunjung yang mendaftar juga bisa memperoleh benefit tambahan berupa uang elektronik. Beberapa kendaraan yang bisa dijajal antara lain adalah CRETA, STARGAZER, STARGAZER X, IONIQ 5, IONIQ 6, PALISADE, SANTA FE, STARIA. 

Baca juga: Hyundai CRETA Alpha Hadir dengan Tiga Pilihan Warna Matte

tampilan pada dashboard Hyundai CRETA menunjukkan mode Eco

Saat tim Teknogav.com menjajal Hyundai CRETA, ada empat mode berkendara yang bisa diuji, yaitu Comfort, Eco, Smart dan Sport. Berikut ini adalah masing-masing mode tersebut:

  • Comfort merupakan mode normal atau berada di tengah semua mode. Pengaturan mobil ditentukan pada pengaturan paling standar untuk mengutamakan kenyamanan penumpang. Mesin, pedal, dan roda kemudi semuanya berfungsi normal, sehingga memberi kenyamanan berkendara.
  • Eco merupakan mode berkendara yang lebih santai dan menghemat bahan bakar. Mode ini akan memperlambat respons gas, memperhalus mesin, dan mengganti gigi pada putaran rendah agar hemat bahan bakar. Pada mode Eco, akselerasi, titik perpindahan gigi, dan AC dimodifikasi untuk meningkatkan penghematan bahan bakar.
  • Sport merupakan mode yang cocok bagi yang ingin ngebut. Mode ini memaksimalkan respons gas dan transmisi agar lebih sporty. Setir bisa dikendalikan lebih akurat, tenaga mesin juga dapat dimaksimalkan sehingga bisa mengakselerasi lebih baik. Ditambah dengan paddle shift, mode Sport menawarkan pengendaraan yang lebih menyenangkan dan interaktif.
  • Smart memungkinkan mobil untuk beradaptasi dengan gaya mengemudi secara otomatis. Mode ini merupakan perpaduan cerdas dari semua mode berkendara. Cara mengemudi akan dipantau dalam mode smart kemudian mobil akan menentukan cara merespons yang sesuai. Contohnya ketika mempercepat masuk ke jalan raya, mode berkendara terasa lebih sporty untuk memaksimalkan daya, akselerasi dan penanganan. Ketika masuk area perumahan, kemungkinan akan beralih ke mode Comfort untuk beralih ke gaya mengemudi yang santai. Mode penggerak adaptif ini cocok untuk semua jenis gaya mengemudi dan memberi pengalaman berkendara terbaik.

Baca juga: Wuling Cloud EV Utamakan Kenyamanan dengan Desain Kabin Lapang

Hyundai BlueLink

Inovasi dari Hyundai juga dihadirkan dalam fitur Hyundai BlueLink yang dihadirkan pertama kali di Hyundai Creta kemudian diterapkan dalam kendaraan-kendaraan Hyundai lain. Aplikasi Hyundai BlueLink memungkinkan untuk mengakses beberapa fitur mobil melalui smartphone.
Berikut ini adalah beberapa fitur pada Hyundai BlueLink:

  • Geo-Fence Notification berfungsi untuk memberi tahu jika mobil melebihi batas area yang diberikan. Caranya, tempatkan pin sebagai titik tengah, dan atur radiusnya
  • Speed Notification yang akan memberi notifikasi jika mobil terdeteksi melebihi batas kecepatan yang ditentukan
  • Time-Fencing Notification akan memberi notifikasi jika mobil digunakan di luar jadwal yang ditentukan. Contohnya menentukan penggunaan mobil di pukul 07:00 sampai 22:00 maka jika ada penggunaan di luar jam tersebut akan muncul notifikasi.
  • Valet Mode berfungsi untuk melacak parameter penting yang ada di dashboard seperti jarak tempuh, kecepatan maksimal, waktu mengemudi dan lainnya. Fitur ini menyala ketika mobil diserahkan ke valet dan memastikan agar valet tidak menyalahgunakan mobil
  • Sharing Account berfungsi untuk berbagi mobil dengan keluarga dan bisa sampai 5 akun untuk satu mobil. Caranya masuk ke menu “Pengaturan Mobil & Layanan”, lalu “Bagikan Mobil Saya” dan tambahkan nomor telepon akun yang mau ditambahkan.
  • Tambah Mobil Dalam Satu Device berfungsi untuk mengakses beberapa mobil dalam satu perangkat. Caranya dengan memindai QR ketika mendaftarkan mobil pertama dan bisa sampai lima mobil.

Tentunya masih banyak fitur-fitur lain yang tersedia dalam Hyundai BlueLink ini.

Share:

Artikel Terkini