Usung Kearifan Lokal, Hyundai Luncurkan Mobil Listrik IONIQ 5 Batik Usung Kearifan Lokal, Hyundai Luncurkan Mobil Listrik IONIQ 5 Batik ~ Teknogav.com

Usung Kearifan Lokal, Hyundai Luncurkan Mobil Listrik IONIQ 5 Batik

Teknogav.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan mobil listrik teranyar, yaitu IONIQ 5 Batik yang dibanderol dengan harga Rp990 juta. Peluncuran ini digelar pada hari pertama  ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Ajang ini digelar selama 15-25 Februari 2024. Selain meluncurkan IONIQ 5 Batik, Hyundai juga memperkenalkan kendaraan listrik lainnya, yaitu All New KONA Electric dan SEVEN Concept.

Sejak tahun 2020, Hyundai telah memperkenalkan kendaraan listrik di Indonesia sebagai solusi mobilitas masyarakat. Pada tahun 2024 ini, Hyundai mengusung semangat baru bertajuk ‘Hyundai EV. Expect more’ untuk mendorong elektrifikasi di Indonesia. Semangat ini menegaskan komitmen Hyundai untuk menghadirkan produk inovatif tiap tahun di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masa depan.

Peluncuran IONIQ 5 Batik dan perkenalan beberapa mobil listrik lain yang dipamerkan di IIMS merupakan wujud dari semangat tersebut. ‘Hyundai EV. Expect more’ adalah manifestasi terkini dari komitmen Hyundai memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik dan ekosistem pendukungnya. Hyundai akan terus mempercepat era mobilitas yang haparannya bisa meningkatan kualitas hidup masyarakat luas dalam jangka panjang.

Baca juga:  Cherry Tambah Kuota Pembelian OMODA E5 dengan Harga Spesial

‘Hyundai EV. Expect more’ mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik dan merasakan mobilitas masa depan sejati. Semangat tersebut berusaha menyajikan pengalaman berkendara yang bebas rasa khawatir, layanan purnajual andal dan ekosistem teknologi terintegrasi. Komitmen Hyundai dalam mendukung pemerintah melengkapi ekosistem kendaraan listrik Indonesia juga diperkuat semangat tersebut. 

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia

“Peluncuran IONIQ 5 Batik merupakan kehadiran mobil listrik gelombang ketiga. Sekarang kontribusi mobil listrik sudah 2%.  Hyundai memperkenalkan IONIQ Electric pertama kali tahun 2022 dan sudah diproduksi di Indonesia. Penjualan IONIQ 5 sudah mencapai 7 ribu unit dan akan mencapai 10 ribu unit. Pencapaian ini tak lepas dari kerja sama dengan beberapa pihak,” ucap Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia.

Hyundai berkomitmen membangun ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dari hulu ke hilir. Komitmen tersebut diwujudkan dengan pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV dalam negeri dan menyediakan charging station. Saat ini sudah ada lebih dari 200 charging station di Indonesia. Hyundai bekerja sama dengan dealer, mal dan coffe shop untuk menghadirkan fasilitas charging station.  Upaya ini penting demi mendukung transformasi menuju transportasi kendaraan listrik. Selain itu, industri otomotif Indonesia bisa memanfaatkan peluang baru untuk mengadopsi teknologi canggih dan berkelanjutan.

Baca juga: Wuling Cloud EV Utamakan Kenyamanan dengan Desain Kabin Lapang

Progress for Humanity merupakan visi Hyundai untuk terus berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik. Pengembangan ekosistem kendaraan listrik berkelanjutan dii Indonesia sangat berpotensi menjadikan Indonesia sebagai pemain penting di ASEAN. Hal ini selaras dengan misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia

“Selarans dengan mimpi besar ini, Hyundai akan terus terdepan dan mempercepat elektrifikasi industri otomotif di Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan mendorong penguatas ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepetingan secara luas, baik pemerintah, maupun pelaku industri,” ucap Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia.

Kehadiran berbagai model kendaraan listrik Hyundai di IIMS 2024 menegaskan peran Hundai dalam mempercepat era elektrifikasi di Indonesia. Upaya ini selaras dengan peta jalan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diprakarsai pemerintah Indonesia. Upaya Hyundai membangun ekosistem kendaraan listrik yang lengkap di Indonesia merupakna bagian dari investasi keseluruhan senilai USD3 miliar.

Investasi strategis Hyundai mencakup pembangunan kompleks infrastruktur terintegrasi  untuk mengamankan rantai pasok EV dalam negeri. Kompleks infrastruktur ini mencakup pabrik sel baterai dan sistem baterai di Karawang dan Cikarang. Pabrik sel baterai dioperasikan PT HLI Green Power dapat memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun. Kapasitas ini dapat memenuhi kebutuhan lebih dari 150 ribu unit BEV. Sementara, target produksi pabrik sistem baterai dioperasikan Hyundai Energi Indonesia sampai 50 ribu unit Battery System Assembly (BSA) per tahun. 

Kedua fasilitas tersebut mulai beroperasi April 2024 untuk melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). Rencananya, fasilitas tersebut akan menambah kapasitas produksi mobil listrik sampai 70 ribu unit di tahun 2024. Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia secara serentak akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai buatan lokal. Model-model BEV Hyundai juga diproyeksikan untuk memenuhi pasar Indonesia dan luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.

Baca juga: Hyundai CRETA Alpha Hadir dengan Tiga Pilihan Warna Matte

Sejak tahun 2020, Hyundai telah menghadirkan lini IONIQ dan KONA Electric, serta solusi  purnajual yang menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik. Seiring sambutan positif konsumen terhadap EV, Hyundai berkomitmen terus meningkatkan penyediaan produk dan layanan kendaraan listrik. Demi menyajikan pengalaman bebas khawatir konsumennya, Hyundai memiliki program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin. Program ini juga berlaku untuk pembelian IONIQ 5 dan IONIQ 6 di tahun 2024: Sebelumnya, program ini hanya diberikan pada pemilik Hyundai CRETA dan STARGAZER.

Baca juga: Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin’ Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan

All New KONA Electric dan SEVEN Concept

Eksterior All New KONA Electric dirancang sleek dan aerodinamik, kendaraan EV SUV ini diluncurkan secara global pada tahun 2023. Sedangkan SEVEN Concept hadir dengan desain revolusioner. Konsep lounge di interior SEVEN Concept dibangun dengan memaksimalkan platform E-GMP yang serbaguna. Layout kabin dapat diubah dengan leluasa sesuai kebutuhan. Interior yang futuristik disajikan oleh Vision Roof Display dan layar OLED panoramik sehingga menyajikan kepuasan selama perjalanan.

All New KONA Electric

SEVEN Concept

IONIQ 5 Batik

Hyundai resmi meluncurkan IONIQ 5 Batik di Indonesia dalam jumlah terbatas. Sebelumnya, IONIQ 5 Batik diperkenalkan di GIIAS 2023. IONIQ 4 Batik ini merupakan edisi spesial yang memadukan teknologi inovatid dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan tradisi Indonesia. Edisi spesial ini juga merupakan bentuk kontribusi Hyundai dalam memperingati 50 tahun hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan.

IONIQ 5 Batik

Pola Batik Kawing dengan geometris bundar mirip buah kawung dipadukan dengan piksel parametrik khas Hyundai pada mobil ini. Pola yang mencerminkan persatuan dan keselarasan ini sesuai dengan visi global Hyundai, yaitu Progress for Humanity. Visi ini diusung Hyundai dalam menghadirkan solusi mobil dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif. 

Selain unsur desain, perpaduan pola Batik Kawung dan piksel IONIQ juga merupakan simbol warisan budaya yang memaduksn unsur analog dan digital. Piksel menjembatani masa lalu dan masa depan, sesuai visi Hyundai dalam merancang desain kendaraan masa depan yang terinspirasi pusaka sejarah. 

Pola Batik Kawung berwarna abu-abu terdapat pada bagian hood, roof, sisi mobil dan pintu belakang. Interior mobil juga didominasi pola Batik Kawung berwarna abu-abu muda. Pada jok, klakson dan sandaran lengan juga terdapat ornamen metalik berpola Batik Kawung. Desain pola Batik Kawung warna coklat muda atau soga juga disematkan pada sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola. Warna soga menggambarkan alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan sesuai penggunaan material daur ulang dan ramah lingkungan pada komponen-komponen IONIQ 5.

Semua keandalan IONIQ 5 juga diusung pada IONIQ 5 Batik. IONIQ 5 merupakan BEV pertama yang diproduksi massal di Indonesia. Jarak tempuh IONIQ 5 mencapai 451 km, kecepatan dari 0 ke 100 km/jam dapat dicapai dalam 7,4 detik. Fitur keamanan lengkap dari Hyundai SmartSense juga dihadirkan pada IONIQ 5. Selain itu, juga terdapat E-GMP yang memungkinkan fitur inovatif seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk mengisi daya perangkat elektronik. Pemesanan IONIQ 5 Batik sudah bisa dilakukan secara nasional. Harga OTR Jakarta adalah Rp990 juta. Booth HMID berada di Hall D, IIMS 2024, JIExpo Kemayoran.

Share:

Artikel Terkini